Pengertian dan Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Artikel kali akan membahas tentang pengertian 32 bit dan 64 bit serta juga mengetahui perbedaan windows 32 bit dan 64 bit di laptop dan komputer kemudian perbandingan 32 bit dan 64 bit bagus mana di gunakan pada laptop dan komputer. didalam basis sistem pada operating sistem (os) terdapat dua basis sampai saat ini yaitu 32 bit dan 64 bit. Bit merupakan satuan data terkecil didalam mesin, dimana 8 bit = 1 bytes.



Pengertian 32 bit adalah  adalah sistem komputer yang mampu melakukan proses sebanyak 232 data dalam satuan waktu (clock) atau perdetik. pengertian 32 Bit lainnya yaitu sebuah sistem yang mampu mengakses 232 alamat didalam memori.

Pengertian 64 bit adalah sistem komputer yang mampu melakukan proses sebanyak 264 data dalam satuan waktu (clock) atau perdetik. pengertian 64 Bit lainnya yaitu sebuah sistem yang mampu mengakses 264 alamat didalam memori.

jika di perhatikan bahwa perbedaanya tidak jauh signifikan antara 232 dan 264 hanya berbeda 32 data saja yang di proses pada satuan waktu. namun perbedaan yang kecil tersebut bisa sangat jauh hasilnya jika di sandingkan dengan memori RAM yang tepat.

Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit


Kebanyakan komputer dibuat pada tahun 1990-an dan awal 200-an adalah mesin 32-bit. Register CPU menyimpan alamat memori, yang bagaimana prosesor akses data dari RAM. Satu bit dalam register dapat referensi sebuah byte individu dalam memori, sehingga sebuah sistem 32-bit Dapat alamat maksimum dari 4 GB (4,294,967,296 bytes) dari RAM. Batas sebenarnya seringkali kurang sekitar 3,5 GB, karena bagian dari register digunakan untuk menyimpan nilai-nilai sementara lainnya selain alamat memori. Kebanyakan komputer dirilis selama dua dekade terakhir dibangun pada sebuah arsitektur 32-bit, Oleh karena itu sistem operasi yang paling dirancang untuk menjalankan sebuah prosesor 32-bit.

Sebuah register 64 bit dapat secara teoritis referensi mengenai 18,46,744.073,709,551,616 bytes, atau 17,179,869,1b (16 exabyte) dari memori. Ini adalah beberapa juta kali lebih dari rata-rata workstation akan perlu untuk mengakses. Yang penting adalah bahwa komputer 64 bit (yang berarti memiliki prosesor 64 bit) dapat mengakses lebih dari 4 GB RAM. Jika komputer memiliki 8 GB RAM, lebih baik memiliki prosesor 64 bit. Jika tidak, setidaknya 4 GB memori akan tidak dapat diakses oleh CPU.

perbedaan yang lebih signifikan antara 32 bit dan 64 bit berada pada jumlah proses  per detik dalam mengolah. yang mempengaruhi kecepatan di mana mereka dapat menyelesaikan tugas. 64-bit prosesor dapat datang dalam dual core, quad core, enam core, dan delapan versi core untuk komputer komputer komputer rumah. Beberapa inti memungkinkan untuk peningkatan jumlah perhitungan per detik yang dapat dilakukan, yang dapat meningkatkan daya pemrosesan dan membantu membuat komputer berjalan lebih cepat. Program perangkat lunak yang membutuhkan banyak perhitungan untuk berfungsi dengan lancar dapat beroperasi lebih cepat dan lebih efisien pada prosesor multi-core 64-bit, untuk sebagian besar.

32 Bit dan 64 Bit, Bagus Mana?


Menggunakan 64-bit, seseorang dapat melakukan banyak hal dalam multi-tasking, pengguna dapat dengan mudah berpindah antara berbagai aplikasi tanpa masalah gantung windows.

Gamer dapat dengan mudah memainkan permainan grafis tinggi seperti Perang Modern, GTA V, atau menggunakan softwares high-end seperti Photoshop atau CAD yang mengambil banyak memori, karena membuat multi-tasking dengan lembut Besar mudah dan efisien untuk pengguna. Namun meningkatkan kartu video daripada memperoleh prosesor 64 bit akan lebih menguntungkan.

Komputer dengan prosesor 64 bit dapat memiliki versi 64 bit atau 32 bit versi sistem operasi yang terpasang. Namun, dengan sistem operasi 32 bit, prosesor 64 bit tidak akan berfungsi pada Kapabilitas penuh.

Di komputer dengan prosesor 64 bit, kita tidak bisa menjalankan program warisan 16-bit. Banyak program 32-bit akan bekerja dengan sebuah prosesor 64 bit dan sistem operasi, tetapi beberapa program yang lebih tua 32-bit tidak dapat berfungsi secara benar, atau sama sekali, karena terbatas atau tidak ada kecocokan.

Cara Mengecek Windows Komputer 32 Bit atau 64 Bit


Jika seseorang ingin menginstal sebuah program aplikasi, tentu harus mempertimbangkan pada Bit tersebut, karena biasanya program aplikasi juga tersedia 3 pilihan, yaitu program aplikasi untuk windows 32 Bit dan Program aplikasi untuk 64 bit. oleh karena itu penting untuk mengetahui windows 32 bit atau 64 bit yang terpasang di komputer dan laptop kita. berikut ini cara mengecek windows 32 bit atau 64.

cara melihat komputer windows berapa bit, Tekan Windows+R pada keyboard laptop atau komputer kamu, kemudian ketikkan "dxdiag" tanpa tanda kutip, seperti gambar berikut ini.

pengertian dan pebedaan 32 bit dan 64 bit
Gambar Perintah dxdiag

setelah itu tekan "Ok", jika da muncul pesan di tengah, tekan saja "OK" lagi, maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

cara mengetahui 32 bit atau 64 bit pada windows 10
cara mengetahui 32 bit atau 64 bit pada windows 10

perhatikan yang ditandai dengan panah merah di gambar atas, terlihat "64-bit" yang menandakan bahwa sistem operasinya atau windows yang dunakan adalah windows 64 bit. dengan demikian program aplikasi yang di rekomendasikan juga adalah progam aplikasi yang 64 Bit. jika yang di tunjuk panah merah tercetak 32-bit maka sistem operasi windows kamu adalah 32 bit.

Itulah adalah cara mengecek apakah windows 32 bit atau 64 bit, perlu kamu ketahui. meski windows kamu yang terinstal adalah 32 bit, kamu bisa cek laptop kamu apakah mendukung 64 bit atau tidak, sehingga jika kamu ingin melakukan upgrade ke 64 bit bisa segera kamu ketahui.

jadi, kalau laptop mendukung 64bit, kamu bisa instal window 64 bit untuk Ram minimal 4 GB agar lebih optimal dan tentunya lebih menambah daya kebut laptop kamu.

No comments for "Pengertian dan Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit"