Mailing : Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Cara Membuat Mail Merge Excel Ke Word - Mail Merge adalah tools untuk memungkinkan memformat surat secara massal dengan mengkolaborasikan Excel dan Word yang biasa disebut Mailing. cara membuat mail merge di word 2007, cara membuat mail merge di word 2010, cara membuat mail merge di word 2013 dan seterusnya bisa dikatakan sama. kamu hanya perlu membuat mailing Excel ke Word untuk database.

Mail Merge di Word


Mail Merge sendiri sudah banyak digunakan karena manfaatnya yang sangat membantu dalam membuat surat secara massal dengan kriteria tertentu di perlukan database seperti excel.

Mailing merupakan Tab Menu yang ada di microsoft word yang berguna untuk melakukan mail merge sesuai dengan format apa yang ingin kita buat ataupun cetak seperti Undangan, Surat, dan sebagainya.

Mail Merge bisa di lakukan apabila sudah ada database seperti excel, dan untuk membuat mail merge, database atau file database tidak bisa dalam keadaan terbuka/dibuka. itu berarti selama pembuatan atau file word untuk mail merge tadi dibuka, database tidak akan bisa dibuka. namun apabila ingin merubah sesuatu pada database, harus menutup word mail merge tadi. artinya tidak bisa di buka berbarengan.

Membuat Mail Merge di Word


Perlu di garisbawahi, cara membuat mail merge di word untuk semua versi word bisa katakan sama saja, tidak ada perbedaan cara ataupun perbedaan hasil. baik itu membuat mail merge di word 2007, membuat mail merge di word 2010, membuat mail merge di word 2013, membuat mail merge di word 2016, dan 2019 semua sama.

Cara Membuat Mail Merge


Berikut ini akan dijelaskan step-by-step cara membuat mail merge dari excel ke word lengkap dengan gambar dan penjelasan dari setiap gambarnya di terangkan dalam sebuah contoh seperti berikut ini.

Mailing :  Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019


disebelah kiri adalah database excel yang akan di masukkan kedalam mail merge pada word yang di tandai dengan panah biru. selanjutnya ikuti langakah berikut ini.

Buka Microsoft Word yang akan di lakukan mailing, kemudian klik Tab "Mailing", dan klik segitiga hitam pada "Start Mail Merge" dan pilih "Step-by-Step Mail Merge Wizard..." seperti gambar berikut ini.

Mailing :  Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

kemudian akan tampil seperti gambar berikut ini di bagian samping lembar kerja microsoft word

Mailing :  Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Perhatikan dengan baik, sesuaikan dengan gambar tersebut, dan pilih "Next Starting Document", maka akan tampil seperti gambar berikut ini.

Mailing :  Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Pada Gambar diatas, pilih "Use the Current Document" dan kemudian klik "Next" seperti yang di tandai dengan kotak merah diatas. maka akan tampil seperti gambar berikut ini.

cara membuat mailing di word

Selanjutnya, kamu tinggal klik "Browse" seperti yang di tandai dengan kotak merah. dan kemudian pilih documen atau database kamu seperti gambar berikut ini.

cara membuat mailing di word 2007 2010 2013

pilih database kamu berupa file excel, kemudian klik "Open", dan selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut ini.

Cara membuat mail merge di word 2010
ketika gambar diatas tampil, kamu tinggal klik ok saja. dan akan tampil seperti gambar berikut ini.


Cara membuat mail merge di word 2007

pada gambar diatas, secara otomatis akan tercentang semua, kamu bisa menghilangkan centang untuk data yang tidak perlu di panggil dengan mengklik sekali tanda centangnya. dan kemudian klik OK.

Cara membuat mail merge dari excel ke word

Selanjutnya, pada gambar diatas, klik atau letakkan kursor ke posisinya, contohnya pada gambar pada nama, nah kemudian klik "Insert Merge Field" da pilih "Nama". bergitu selanjutnya dengan Nik dan Jabatan, Posisikan Pointer atau kursor dan klik lagi  Insert Merge Field. setelah selesai coba klik "Preview Result" yang akan menampilkan contoh hasilnya. jika sudah pas, maka kamu tinggal Klik saja "Finish & Merge" dan akan terbuat document baru dengan semua hasil mail merge.

Jika ada yang kurang pas, kamu bila melakukannya secara berulang-ulang. Demikian penjelasan tentang cara membuat mail Merge, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

No comments for "Mailing : Cara Membuat Mail Merge di Excel ke Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019"