Cara Melihat dan Mengetahui Komputer 32 bit atau 64 bit dan Bit Processor

Artikel kali akan membahas tentang cara melihat komputer 32 bit atau 64 bit, cara mengetahui processor 32-bit atau 64-bit, cara melihat komputer kita berapa bit, cara melihat bit processor, dan cara mengetahui type processor 32 bit atau 64 bit. hal ini penting untuk menentukan sistem operasi yang kita gunakan nantinya  32 bit atau 64 bit. sehingga bisa memaksimalkan laptop atau komputer kita sesuai dengan specifikasi yang ada.

Pengertian 32 bit dan 64 bit


Perngertian 32 bit dan 64 bit juga seharusnya kita tau apa perbedaanya, sehingga tidak salah kaprah di kemudian hari tentang perbedaan komputer 32 bit dan 64 bit. untuk lebih jelasnya tentang pengertian 32 bit dan 64 bit serta pebedaan serta kelebihan dan kelemahan 32 bit dan 64 bit baca di artikel berikut ini



Komputer 32 Bit dan 64 Bit


Komputer pada dasarnya memiliki processor dua type ada yang bit processor 32 bit dan ada yang bit processor 64 bit. ini tentu berbeda dengan bit pada windows atau sistem operasi. sekali lagi jangan salah kaprah, Bit Processor tidak sama dengan Bit Sistem Operasi.

Komputer model lama rata-rata masih menggunakan processor 32 bit walau sebagian besar juga sudah menggunakan processor 64 bit, komputer dengan processor 32 bit tentu kalah peformanya dengan komputer 64 bit, dan komputer 64 bit masih support diinstal sistem operasi 32 bit namun tidka berlaku sebaliknya, processor 32 bit tidak bisa diinstal sistem operasi 64 bit.

Cara Melihat Bit Processor di Komputer


Cara mengtahui komputer 32 bit atau 64 bit sangatlah mudah, banyak yang belum tau cara mengetahui komputer berapa bit, cara melihat  processor 32-bit atau 64-bit, cara melihat bit laptop yang menggunakan windows xp,7,8,10. berikut ini adalah cara melihat bit processor.

Pertama, Klik Start atau tekan tombol Windows pada keyboard dan ketikkan "system information" atau
"sistem informasi" untuk versi indonesia. dan akan tampil seperti gambar berikut ini.

cara melihat komputer 32 bit atau 64 bit dan cara mengetahui processor 32-bit atau 64-bit
Gambar System Information


Perhatikan pada gambar diatas, dapat kita lihat pada system type adalah x64-based PC atau ada juga x64-based processor,  yang artinya komputer tersebut memiliki processor 64 bit, jika pada komputer kamu bertuliskan x32-based PC atau x32-based processor, artinya komputer kamu adalah 32 bit.

Dari informasi tersebut dapat kita ambil keputusan dalam menentukan sistem operasi apa yang harus kita gunakan untuk memaksimalkan spesifikasi yang ada pada komputer atau laptop kita.

Demikian pembahasan mengenai cara melihat komputer 32 bit atau 64 bit, cara melihat komputer kita berapa bit, cara melihat komputer windows berapa bit, cara mengetahui processor 32-bit atau 64-bit, cara melihat bit processor, cara mengetahui type processor 32 bit atau 64 bit, cara mengetahui bit laptop dan komputer, dan cara mengetahui bit laptop windows xp,7,8,10, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.