Cara Cek Mode Bios Uefi atau Legacy Tanpa Masuk Bios di Komputer

Cara Cek Bios UEFI atau Legacy - Artikel kali ini akan membahas cara melihat mode bios UEFI atau Legacy atau cek bios MBR atau GPT di komputer tanpa masuk ke bios, cara mengecek mode bios ini sangatlah banyak manfaatnya, dan di samping itu juga masih banyak yang belum tau cara melihat Bios Uefi atau Legacy tanpa perlu masuk ke dalam BIOS itu sendiri

BIOS UEFI dan LEGACY


Seperti yang kita ketahui, komputer dan laptop sendiri memiliki 2 mode bios yaitu UEFI dan Legacy,  yang sampai saat ini masih sering menjadi momok untuk para tekniksi komputer yang masih newbie. terkadang masih ada saja yang belum paham atau mengetahui perbedaan pada mode bios Legacy dan UEFI.

Untuk komputer saat ini sudah hampir keseluruhan beralih dari Legacy ke UEFI, bukan karena tanpa sebab, UEFI di akui lebih setabil dan peformanya juga lebih baik dari pada legacy untuk urusan boot di windows.


Cek Mode Bios Uefi atau Legacy


Alasan yang paling sering mengapa melakukan cek bios legacy atau uefi adalah untuk persiapan installer windows, bila kita mengetahui mode bios kita UEFI atau Legacy, kita sudah bisa langsung menentukan boot yang akan digunakan MBR atau GPT, GPT biasanya digunakan untuk mode bios Legacy dan sebaliknya MBR untuk UEFI.

Sebagian orang untuk melihat mode bios legacy atau UEFI adalah dengan masuk ke bios komputer atau laptop, sementara ada cara yang lebih simpel dan cepat mengetahui Mode bios laptop atau kompter Legacy atau UEFI.


Cara Melihat Bios UEFI atau Legacy


Jika selama ini kamu melakukan cek bios legacy atau uefi melalui BIOS langsung, sekarang waktunya beralih, berikut ini adalah cara cek bios UEFI atau Legacy tanpa masuk bios di komputer ataupun laptop kamu.

Hidupkan Komputer ataupun Laptop kamu, kemudian klik menu "Start" atau tekan Lambang Windows di keyboard laptop dan ketikkan "System Information", tekan Enter pada keyboard atau cara cepatnya kamu bisa menggunakan alternatif tekan tombol Windows+R pada keyboard dan ketikkan pada form RUN "msinfo32" tanpa kutip dan klik "OK". sehingga akan tampil seperti gambar berikut ini.

cara cek bios uefi atau legacy di windows 10 pada komputer dan laptop
Bios Mode UEFI

Dari gambar diatas yang di tandai dengan kotak merah tersebut dapat kita lihat Bios Mode UEFI, jika pada komputer kamu tertulis Legacy, maka bios kamu sedang memakai mode bios Legacy.

Demikianlah cara mengetahui Bios Laptop Legacy atau UEFI, Semoga artikel yang membahas Cara Cek Bios UEFI atau Legacy ini bisa berguna untuk menambah wawasan kamu.

No comments for "Cara Cek Mode Bios Uefi atau Legacy Tanpa Masuk Bios di Komputer"