Jangan Salah, Ternyata Rapid Test Tidak Bisa Mendeteksi Virus Corona di Dalam Tubuh!!!

Rapid test menjadi alat yang menjadi tenar selama 2 bulan belakangan ini. hal ini dikarenakan dampak akibat pandemi virus corona atau di kenal dengan Covid-19. rapid test menjadi hal berikutnya yang paling di butuhkan saat pandemi ini setelah yang utama adalah masker yang sempat menjadi berita besar karena langkanya masker bedah yang di percaya lebih optimal menangkal virus masuk melalui mulut dan hidung. setelah keluar masker varian kain yang sudah sangat banyak beredar di mana-mana, maka beralih pada topik alat yang mungkin sebagian orang menyebutnya alat test covid yaitu Rapid Test.

Rapid Test


cara kerja rapid test covid-19

Rapid test merupakan alat yang di ciptakan semenjak ada pandemi virus corona, ini adalah salah satu yang bisa di andalkan untuk bisa membantu untuk mengecek virus dalam tubuh manusia. Rapid test sendiri tidak sembarangan untuk mendapatkannya, karena biasanya di prioritaskan di perusahaan-perusahaan, badan usaha dan tempat-tempat lainnya dan salahs atunya juga di rumah sakit.


Cara Kerja Rapid Test


cara kerja rapid test ini adalah mendeteksi keberadaan patogen atau antibodi di dalam tubuh manusia, untuk cara pengguaanya rapid test yang umum yaitu dengan mengambil sampel darah manusia yang ingin di lakukan rapid test, biasanya dengan menusukkan jarum sekali pakai ke salah satu ujung jari dan meneteskan darah yang keluar ke alat rapid test tersebut. dengan demikian, pada monitor rapid test akan di perlihatkan hasilnya. biasanya akan ada 3 indikatornya yaitu, C, IgG, dan IgM. jika pada layar menunjukkan pada "C", maka tubuh manusia tersebut bebas dari virus, termasuk virus coroan. namun jika jika berada pada IgG, berarti ada indikasi kekebalan tubuh sedang dalam beraksi untuk menajaga serangan virus. dan jika sudah menunjukkan IgM, ini menunjukkan bahwa sistem Imun kita telah aktif. dan ini menandakan bahwa kita positif sedang terserang virus. namun ada juga versi Rapid Test dengan dua indikator yaitu "C" dan "T", ini sama saja, bahwa "C" menunjukkan negatif terserang virus, sedangkan "T" adalah positif terserang virus.


Fakta Rapid Test


Fakta tentang rapid test yang pelu kamu ketahui bahwa, jika sudah mengindikasikan positif terserang virus karena indikator sudah menujukkan pada "IgM" itu bukan berarti kita sudah psotif terpapar virus corona. ini hanya mengindikasikan bahwa kita positif telah terserang virus, untuk mengenai virusnya Rapid Test tidak mampu memastikan bahwa virusnya adalah Covid-19. itulah sebabnya jangan salah kamprah, Rapid Test bukan untuk mendeteksi Virus Corona atau Chek Covid-19 di dalam tubuh. Rapid Test di gunakan untuk melihat atau mengecek apakah sistem imun seseorang sedang aktif atau tidak. jika tidak maka di bebas dari virus, termasuk salah satunya virus corona. namun jika sistem imun terdeteksi aktif, maka ada banyak kemungkinan. bisa saja imun aktif karena virus lain yang mampu mengancam antibodi kita. jadi bukan berarti sudah positif corona.

Lalu Mengapa Harud Rapid Test?

Nah, jika rapid test ternyata tidak mampu mendeteksi seseorang apakah terpapar virus corona atau tidak, mengapa harus di gunakan atau di pakai? inilah yang harus kamu tahu, dari hasil tadi bahwa sesorang memiliki sistem imun yang aktif, maka kemungkinan terpapar virus corona juga ada, tapi ingat!!! bukan berarti sudah positif virusnya adalah covid-19 ya. kemudian dari sinilah bisa di lanjutkan. yang hasil rapid testnya positif di "IgM" di lanjutkan pada tahap tes  PCR (polumerase chain reaction). hasil inilah yang bisa memastikan apakah virus yang terpapar virus corona atau bukan, karena menggunakan Spesimen Swap Tenggorokan, sehingga hasilnya lebih pasti.

sekarang kamu sudah tau bukan, bahwa sebenarnya Rapid Test bukan alat untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar virus corona atau bukan, namun setidaknya dengan Rapid Test ini bisa memberikan titik terang apakah seseorang bersih dari segala virus atau tidak.

No comments for "Jangan Salah, Ternyata Rapid Test Tidak Bisa Mendeteksi Virus Corona di Dalam Tubuh!!!"