10 Tips Mudah Meningkatkan Peforma Windows 10 Yang Lebih Ngebut

10 tips mudah meningkatkan peforma windows 10 yang lebih ngebut

Meningkatkan Peforma Windows 10 - Pada era sekarang ini, perkembangan teknologi sangat pesan komputer dan laptop dari berbagai brand berlomba-lomba untuk menghadirkan  produk-produk mereka dengan spesifikasi ala sultan, berbagai keunggulan dan kecanggihan dari teknologi yang di terapkan sudah seharusnya di pemakaian setiap harinya konsumen merasa nyaman dengan kecepatan, Tapi bahkan di era yang luar biasa ini otomatisasi, PC Anda masih memerlukan beberapa bantuan manual ketika melambat. dalm artianya. akan ada masanya peforma laptop atau komputer menurun, khusunya pada windows 10. berikut ini adalah 10 tips meningkatkan peforma windows 10 apabila tengah mengalami penurunan peforma.

Periksa program startup Anda

perbaiki startup windows 10 untuk meningkatkan peforma windows 10
Windows 10 Task Manager

Ketika komputer lambat untuk boot, penyakit umum adalah memiliki terlalu banyak program startup. Untuk memperbaikinya di Windows 10, tekan tombol Windows, dan kemudian ketik (dan pilih) Task Manager.

Ketika Task Manager terbuka, klik tab "startup". Di sini, Anda akan melihat semua program yang diatur untuk mengaktifkan ketika Windows boot up. Lihatlah kolom di paling kanan berlabel startup Impact. Periksa apa pun yang dinilai memiliki dampak "high" atau "medium" dan putuskan apakah hal tersebut sangat penting.

Apakah Anda sangat membutuhkan aplikasi untuk dijalankan ketika Anda masuk ke PC Anda, misalnya? Jika semua yang Anda lakukan pada PC ini adalah permainan, maka jawabannya mungkin ya. Jika itu adalah PC multi-tujuan, jawabannya hampir pasti "tidak." Anda tidak ingin mematikan sesuatu yang misi-kritis, bahkan memiliki dampak "high", tetapi perhatikan semuanya dengan baik.

Tentukan pilihan anda, terutama dengan startup Impect yang "High", ini perlu di pertimbangkan kembali ketika memulai laptop apakah aplikasi atau tools tersebut perlu di mulai atau di jalankan

Setelan Restart Windows 10

cata meningkatkan peforma windows 10
Gambar Sign-in Options Windows 10

Ketika komputer restart secara otomatis karena sistem atau program update, secara default Windows 10 mencoba untuk membuka kembali segala sesuatu yang terbuka pada desktop sebelum shutdown. Ini adalah fitur yang bagus, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja, dan mematikannya mudah.

Sebuah jendela 10 on/off tombol slider dengan panah merah menunjuk ke arah itu

Buka settings(klik "Start" dan ketik setting, dan klik "Setting") di kiri bawah menu Start. Di dalam settings, pilih accounts > Sign-in Options. Kemudian di bawah "privacy" Matikan slider berlabel "use My sign-in info to automatically setting up my device and reopen my apps after an update and restart".

Hapus aplikasi bloatware dan Superfluous


Aplikasi startup hanya setengah masalah. Beberapa program memiliki sedikit utilitas pembantu yang berjalan di latar belakang bahkan ketika aplikasi tidak berjalan. Anda tidak ingin mematikan ini secara manual kecuali jika Anda terbiasa dengan apa yang mereka lakukan. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan hanya membongkar aplikasi yang tidak pernah atau jarang Anda gunakan, termasuk aplikasi bloatware yang telah terinstal di PC Anda, sehingga aplikasi yang tidak penting bahkan tidak pernah digunakan di bersihkan.

Klik kanan pada setiap Windows 10 Store apps berlebihan di menu start dan pilih "uninstall." Ini bekerja untuk aplikasi desktop biasa juga, tapi kami masih merekomendasikan metode Control Panel untuk menghapusnya.

Periksa ruang penyimpanan Anda


penyebab peforma windows 10 berkurang
 Gambar Ruang Penyimpanan

Windows 10 memberikan informasi lebih built-in untuk melihat dan mengelola penyimpanan PC Anda. Untuk menemukannya, buka settings lagi dan pilih System > Storage. Bagian ini menunjukkan ringkasan penggunaan penyimpanan utama sistem, termasuk berapa banyak aplikasi dan fitur ruang yang digunakan, serta file dan folder besar, file sementara, dan sebagainya. Biasanya, penggunaan penyimpanan harus memiliki bar biru yang menunjukkan seberapa dekat dengan batas maks. Ketika Bar berubah merah, Anda memiliki masalah dan perlu untuk mulai membongkar file ke drive lain (atau menghapusnya).

Menggunakan fitur ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus dihapus (atau membongkar), tetapi ada beberapa hal yang tidak ingin Anda sentuh. Pertama,  tidak menghapus salah satu dari Microsoft Visual C++ Redistributables. Kelihatannya berlebihan, tetapi program yang berbeda tergantung pada versi yang berbeda.

Juga, jika Anda melihat apa-apa di bagian "lain" setiap folder berlabel AMD, NVIDIA, atau Intel harus dibiarkan. juga jangan menghapus bagian Reserved & System.

Secara umum, jika anda tidak begitu tau apa fungsinya jangan sentuh atau menghapusnya.

Pada bagian ini, Anda juga dapat mengaktifkan fitur yang disebut Storage Sense, yang secara otomatis menghapus file sementara dan junk lainnya saat tidak diperlukan.

Power Plan

cara meningkatkan peforma windows 10
Gambar Power Plan

Secara default, Windows 10 menggunakan plan penggunaan daya "balanced" yang terkadang dapat menghambat kinerja. plan balanced menjaga kecepatan CPU Anda lebih rendah ketika itu tidak digunakan, dan menempatkan komponen kunci dalam mode power-save selama waktu permintaan rendah.

Anda dapat merubahnya dengan membuka Control Panel (klik "Start" dan ketik "Control Panel"), "Hardware and Sound, dan pilih "Power Options." Pada panel berikutnya, klik "Create a Power Plan" dan kemudian pilih opsi "High Peformance".

Non Aktifkan One Drive

cara mengatasi laptop lemot windows 10
Gambar Control Panel

Jika Anda tidak menggunakan OneDrive, ini adalah cara mudah untuk mengurangi penggunaan sumber daya sistem yang berlebihan. Hal termudah yang harus dilakukan adalah mematikan OneDrive di bawah tab startup di Task Manager-jika ada di sana. atau anda juga bisa dengan membuka control panel klik Onedrive dan pilih "uninstall."  Ini akan menghapus OneDrive dari PC Anda, tetapi semua file Anda akan tetap berada di OneDrive.com.

Tapi, akan lebih baik anda salin terlebih dahulu yang berada pada Onedrive anda ke penyimpanan internal laptop dan pc anda sebelum menghapus onedrive tersebut.

Baca Juga : Cara Membuka Kontrol Panel di Windows

Hentikan Update di Latar Belakang


Ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghalangi Windows Update dan fitur download latar belakang lainnya di Windows. Waktu tidak dicentang, proses ini dapat membebani koneksi anda dan CPU laptop atau komputer anda, Setel Wi-Fi rumah atau koneksi Ethernet berkabel sebagai terukur dari Settings > Network & internet > Wi-Fi, atau Settings > Network & Internet > Ethernet.

Ini memberitahu Windows 10 untuk tidak mengunduh pembaruan besar saat pada koneksi Wi-Fi-setidaknya untuk sementara waktu. Akhirnya, itu akan memaksa upgrade, tapi pengaturan ini membantu sebagian besar waktu. Hal ini juga menghentikan beberapa aplikasi dari server ping, yang dapat membantu mengurangi kinerja proses latar belakang.

Menu dan Animasi


Seperti versi lain dari sistem operasi, Windows 10 menggunakan efek visual yang dapat mengurangi kinerja. Ini adalah item seperti antimation, window translucency, shadow effects, dan sebagainya.

Untuk membuka pencarian ini untuk "performance" di taksbar, dan kemudian pilih "Adjust The Appearance And Performance Of Windows"

Secara default, Windows 10 mencoba memilih pengaturan yang paling sesuai untuk PC Anda, namun Anda juga dapat memilih opsi yang bertuliskan "Adjust For Best Performance”, lalu klik “Apply".

Perubahan ini mungkin tidak akan berbuat banyak pada mid-range dan high-end mesin, tetapi perangkat anggaran dengan RAM terbatas dan CPU lemah dapat manfaat.

Permulihan Untuk Mendadak Lemot


Tanda panah merah menunjuk ke opsi Riwayat pembaruan di aplikasi setelan

Jika PC Anda mendadak melambat, ada dua penyebab untuk segera anda lihat. Pertama, buka Settings> update & security> Lihat Riwayat Update. Apakah ada update diinstal sekitar waktu PC Anda mulai melambat? Jika demikian, pencarian online dengan nomor KB update (itu dalam kurung di akhir setiap judul update), dan melihat apakah ada orang lain mengeluh tentang hal itu pada situs berita PC, forum, atau Reddit posting.

Jika jumlah orang yang baik mengalami masalah sejak pembaruan tersebut, Anda mungkin perlu mencopot pemasangannya atau menunggu Microsoft mengirim perbaikan — yang dapat memakan waktu beberapa saat.

Selanjutnya, jalankan scan standar untuk malware, dan kemudian melakukan scan secara offline dengan Windows Defender untuk membuat ekstra yakin bahwa semuanya baik.

Tips Hard Drive


Tips terakhir ini tidak mempengaruhi PC dengan solid-state drive (by the way, jika Anda belum memiliki SSD, kami sangat menyarankan untuk mencobanya), tapi itu saran yang baik bagi mereka dengan hard drive.

Drive yang berputar dapat dilakukan dengan sedikit perawatan ekstra dari waktu ke waktu. yaitu dengan


Pertama, menggunakan utilitas defragment dan Optimalkan Drives. Cari di taskbar dan akan muncul. Pilih hard disk yang ingin Anda tangani, lalu pilih tombol "Optimalkan". Anda juga dapat mengaktifkan pengoptimalan otomatis. Windows mendefragmentasi dan mengoptimalkan drive Anda secara otomatis, tapi itu ide yang baik untuk memeriksa dan menjalankannya secara manual jika PC Anda lambat.

Berikutnya, adalah utilitas pembersihan disk-lagi, mencari "disk cleanup" dari taskbar atau menu Start kotak pencarian. Pilih hard disk yang ingin Anda Bersihkan dan jalankan.

Ada juga fitur ReadyBoost, yang menggunakan USB stick sebagai cache. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bagaimanapun, kami tidak yakin ini akan berbuat banyak untuk meningkatkan kinerja.

Tips ini hanya sebagian kecil dari apa yang dapat Anda lakukan. Ide bagus lainnya termasuk melihat file Page, mematikan pengindeksan pencarian, dan memperbarui driver komponen.
Pertimbangkan upgrade hardware PC Anda

Jika langkah ini tidak menunjukkan cukup dorongan dalam kinerja, maka mungkin sudah saatnya untuk melihat upgrade perangkat keras PC Anda. Beralih ke SSD atau M.2 drive menawarkan perbaikan yang paling nyata, saat menginstal lebih banyak RAM jika PC Anda memiliki 8GB atau kurang juga merupakan ide yang baik.




No comments for "10 Tips Mudah Meningkatkan Peforma Windows 10 Yang Lebih Ngebut"