Cara Menghapus Cache dan Sampah Pada Windows 10

Windows merupakan system operasi yang paling popular sampai sekarang ini, hal ini di karenakan user interfacenya yang user friendly. Penggunaan windows pada umumnya di terapkan pada perangkat komputer dan laptop/notebook. Untuk studi lapangannya beragam dan bermacam fungsi penggunaan windows tersebut, mulai dari untuk pengolahan data, editing video/gambar, designer, gaming, dan berbagai macam lainnya.

Sampah Pada Windows


Hasil dari pengolahan atau file atau data yang sudah tidak di gunakan biasanya di buang ke system sampah atau biasa di sebut Recycle Bin, dengan demikian akan mengurangi drive d atau e yang terpakai dilaptop dan komputer kamu.

Sampah yang bersumber dari hasil perintah delete atau hapus tersebut sebenarnya belum terhapus secara permanen, semua masih tersimpan di recycle bin dan bisa anda restore atau kembalikan ke tempat semua.

Perlu kamu ketahui, jika file recycle tersebut semakin diisi dengan sampah windows secara terus menerus akan menyebabkan drive c mendapat imbas, karena sampah pada windows sebenarnya masih tersimpan pada drive C.

Cache Pada Windows


Cache adalah sisa file system atau file system yang sudah usang dan tidak terpakai lagi, pada umumnya ini di hasilkan dari hasil update aplikasi, uninstall aplikasi, atau juga settingan-settingan aplikasi atau system yang sudah tidak terpakai.

Apabila pada windows terdapat cache yang berlebih dari beberapa sumber aplikasi, tentu akan memperberat Drive C dan ini akan berdampak pada penggunaan RAM untuk load, dan pada akhirnya kamu sudah tahu pasti apa hasilnya “Lemot”.

Menghapus Cache dan Sampah Pada Windows


Menghapus Cache dan Sampah Pada Windows ini juga termasuk dalam hal merawat laptop atau komputer kamu dari segi software/system, sehingga kamu bisa selalu menggunakan laptop dan komputer kamu secara maksimal setiap kamu memakainya.

Untuk kamu yang sudah mengalami laptop lemot atau sering lag, coba lakukan tips satu ini dengan membersihkan cache pada windows juga sekalian menghapus semua sampah pada windows, dan coba bandingkan dengan Tindakan tersebut kamu lakukan.

Cara Menghapus Sampah Pada Windows


Untuk cara menghapus sampah pada windows sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan Langkah berikut ini.

cara menghapus dan membersihkan sampah pada windows secara permanen
Membersihkan Sampah Windows
 
Pergi ke Dekstop, kemudian cari dan temukan Recycle Bin dan klik kanan, kemudian pilih “Empty Recycle Bin” seperti yang di tandai dengan kotak merah pada gambar diatas. Sehingga Recycle Bin kamu akan Kembali Kosong, artinya sampah windows hasil pengolahan Sudah terhapus.

Cara Menghapus Cache Pada Windows


Untuk menghapus Cache di windows agak sedikit berbeda dari pada membersihkan sampah pada windows, untuk membersihkan cache idealnya dan biasanya membutuhkan aplikasi Cleaner, saya merekomendasikan pada aplikasi CCleaner, untuk versinya terserah. Jika belum punya silahkan download dengan kata kunci “Download CCleaner”. Lanjutkan…

Setelah kamu menginstal CCleaner tersebut, buka aplikasinya dan kurang lebih akan seperti gambar berikut ini.

 
cara membersihkan cache pada windows di komputer dan laptop
Membersihkan Cache Pada Windows


Untuk membersihkan cache, pilih “Costume Clean” seperti yagn di tunjuk pada tanda panah merah di gambar tersebut, kemudian klik “Analyze” seperti yang di tandai dengan kotak merah tersebut, maka perhatikan cache-cache pada windows kamu, untuk membersihkannya, mulai dengan klik “Run Cleaner” seperti yang di tandai dengan tanda kotak hijau pada gambar diatas. Tunggu sampai selesai..

Sekarang, cache dan sampah sudah di hapus semua dari laptop atau komputer kamu, demikianlah pembahasan kali ini tentang Cara Membersihkan Cache dan Sampah pada Windows, semoga bermanfaat.



No comments for "Cara Menghapus Cache dan Sampah Pada Windows 10"