2 Cara Membersihkan Registry Pada Komputer/Laptop

membersihkan registry di komputer
Cara Membersihkan Registry Pada Komputer/Laptop  - Registry adalah sampah system aplikasi yang sudah tidak perkai lagi, biasanya registry juga sisa pembongkaran aplikasi atau uninstall aplikasi, sehingga bekas system dari aplikasi tersebut dinamakan registri, tak hanya itu, hasil update juga bisa menghasilkan registry, system yang lama sudah di gantingan dengan system yang sudah di perbaharui, dan jadilah registri, selain dari pada itu ternyata windows sendiri bisa menghasilkan registri dari kegiatan update.



Registry Pada Windows


Semua komputer dan laptop yang masih menggunakan system operasi windows pada umumnya tidak akan lepas dari Namanya Registri, registri di semua komputer ada, sumber registri, jumlah registri bergantung dari user yang memakai komputer tersebut. Semakin banyak program aplikasi yang diinstal maka semakin besar pula kemungkinan jumlah registri yang akan di timbulkan.

Dampak Registry di Windows


Registry sangat berdampak terhadap peforma komputer dan laptop kamu, semakin besar jumlah registri, maka semakin berat pula kinerja komputer atau laptop di akibatkan sampah system yang perlu di load namun sudah tidak terpakai lagi memberikan cukup waktu, selain itu akan mempersempit ruang kerja system karena di penuhi sampah system yang sudah tidak terpakai lagi.

Komputer yang tidak pernah di lakukan pembersihan registri dalam waktu yang cukup lama dan bergantung pada jumlah registri, pasti akan terasa lambat dalam merespon, sering ngelag dan sebagainya.

Pembersihan registri yang rutin juga sangat di anjurkan untuk memaksimalkan kinerja komputer kamu setiap saat. Cara membersihkan registri pada laptop tidaklah sulit dan tidaklah lama, kamu hanya perlu kurang lebih 5 menit saja setiap kali melakukan pembersihan regsitri pada laptop atau komputer.

Cara Membersihkan Registry di Laptop/Komputer


Cara membersihkan resgitry di laptop ada 2 cara, cara membersihkan registri yang pertama adalah cara manual dan pembersihan registri yang kedua dengan menggunakan tool.

Kedua cara ini adalah berkesinambungan untuk professional, dan untuk cara yang manual kurang di rekomendasikan untuk yang baru atau belum paham tentang registri. Karena cara yang manual dalam membersihkan registri ini akan memiliki resiko apabila tidak paham apa yang di lakukan, dan akan berdampak pada program aplikasi yang tidak seharusnya di execute kenak imbas dari ketidak tahuan.

Membersihkan Registry Menggunakan Tools


Tools yang di gunakan disini adalah software atau program aplikasi yang Namanya CCleaner yang sudah sangat di akui kualitasnya dan sangat banyak di gunakan. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload “CCleaner”.

Jika sudah mendapatkan, segera instal dan jalankan sehingga tampilannya kurang lebih seperti gamber berikut ini.
 
cara membersihkan registry di komputer
Tools Membersihkan Registri

Pilih/klik Registri seperti yang di tunjukkan dengan tanda panah merah, maka akan tampil disebelah kanan “Registry Cleaner”, kemudian lanjutkan dengan menekan “Scan For Issues” seperti yang di tandai dengan kotak merah, silahkan tunggu beberapa saat sampai selesai melakukan scanning.

Setelah selesai melakukan scanning maka akan terlihat daftar list registri pada komputer kamu, untuk melakukan pembersihan, silahkan tengan “Fix Selected Issues”, dan tampil seperti gambar berikut ini.

 
cara menghapus registry di windows 10
Peringatan Backup Registri

Kamu tinggal pilih “No” untuk tidak melakukan backup terhadap registri yang akan di bersihkan. Kemudian akan tampil seperti gambar berikut ini.
 
cara membersihkan registry di laptop
Fix All Selected Issues

Untuk Langkah pada gambar diatas, kamu pilih “Fix All Selected Issues” dan segera akan melakuakn perbaikan terhadap registri yang sudah menumpuk pada komputer atau laptop kamu. Dan selesai…

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache dan Sampah di Komputer

Membersihkan Registry Cara Manual


Cara manual dalam membersihkan registri adalah sebagai berikut ini, tekan tombol “Window+R” pada keyboard dan akan tampil form “Run”, kemudian ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) kemudian pilih “Ok”, maka akan tampil seperti berikut ini.

 
cara membersihkan registry sampai bersih di komputer dan laptop
Gambar Registri pada Windows

Kita fokus di dua folder yang di tandai pada kotak merah yaitu “HKEY_CURRENT_USER” dan “HKEY_LOCAL_MACHINE”. Nah didalam setiap folder ini terdapat beberapa folder lagi, namun kita fokus Kembali pada folder yang di tandai dengan panah merah dari keduanya.

Didalam folder inilah terdapat folder-folder software atau program aplikasi yang pernah di instal pada komputer kamu.

cara membersihkan registry secara manual lebih recomended
Contoh Registri pada Komputer
 

Sebagai contoh, sebelumnya saya pernah memakai corel draw, kemudian sudah tidak saya pakai lagi dan saya Sudah uninstall, namun folder atau bekas system lama masih tersimpan seperti yang di tandai dengan kotak merah pada gambar diatas, untuk itu kita lakukan penghapusan dengan cara klik kanan folder yang kita ingin hapus, kemudian klik/pilih delete.

Begitu seterusnya, cari nama aplikasi yang Sudah tidak ada lagi terinstal di komputer atau laptop kamu.
Lakukan hal yang sama pada Folder HKEY yang satunya lagi agar semuanya benar-benar bersih.

Demikianlah pembahasan tentang cara membersihkan registri di komputer, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.





No comments for "2 Cara Membersihkan Registry Pada Komputer/Laptop"