Cara Mengganti Drive Letter dan Nama Drive di Windows 10, 8, 7

Artikel kali ini akan membahas tentang merubah drive letter dan nama drive atau label drive di windows 10, tujuan mengganti drive tidak lain tidak bukan untuk memberikan kenyamanan tersendiri kepada pengguna, apakah itu pengaruh bosan, tidak rapi atau ingin menandai drive dengan nama atau label yang diinginkan atau juga karena drive letter tidak berurutan.

Drive di Windows


Drive adalah media penyimpanan yang dapat dibaca, dan diisi data baik berupa gambar, text, video, suara dan sebagainya. drive pada windows terbagi menjadi 2 bagian yaitu drive internal dan juga drive external, drive internal bisa bagian dari hardsik atau ssd yang terpasang di dalam komputer atau laptop. sedangkan drive external adalah media penyimpanan bersifat portable, bisa flasdisk, SD Card, CD, dll.


Drive Letter


Drive Letter merupakan huruf unik untuk membedakan antara drive satu dengan drive lainnya. dimana antara drive satu dengan drive lain tidak akan bisa memiliki letter yang sama, contohnya Drive (C), atau drive (D), dan seterusnya. jika di dalam database bisa di sebut primary key untuk setiap drive.


Drive Label Atau Nama


Drive Label atau Nama ini adalah penamaan drive berdasarkan default atau keinginan kita sendiri. ini berguna untuk mendeskripsikan drive tersebut. semisal saya buat drive (d) dengan label seperti berikut ini. "ANAKIT (D)", nah ini bisa mendeskripsikan atau memberikan informasi bahwa drive d berisi file pendukung web anakit. atau "Kuliah (E)", ini bisa menjelaskan bahwa drive E tersebut berisi data-data Kuliah. kira-kira seperti itu untuk penjelasan tentang Nama Drive atau drive label.

Perbedaan lainnya antara Drive Letter dengan Label Drive ialah pada drive letter antara drive tidak akan bisa sama (primary key), nah berbeda dengan Nama drive, antara drive C dan D di berikan nama atau label yang sama tidak akan masalah. contohnya seperti berikut ini.

cara mengganti drive letter di windows
Merubah Nama Drive di Windows



Mengganti Drive Letter dan Nama Drive


Merubah drive letter di windows tidak ada batasan, begitu pula dengan nama drive. selagi kamu masih memberikan Letter Drive yang sesuai keinginan kamu, tidak ada masalah. yang jelas antara drive tidak akan bisa memiliki drive letter yang sama dan nama drive bisa sama.

sebagai contoh merubah drive letter yaitu mengganti drive C ke D atau merubah  drive D ke C dan lain sebagainya. untuk itu berikut ini adalah cara mengganti drive letter di windows sekaligus mengganti label drive atau nama drive di windows.

Merubah Drive Letter

Untuk merubah drive letter di windows, langkah-langkahnya sebagai berikut ini.
  1. Klik menu start dan ketikkan "Create and format hard disk partitions" kemudian tekan Enter.
  2. Klik kanan drive yang ingin kamu rubah drive letternya, kemudian pilih "Change Drive Letter and Path".
  3. kemudian klik "Change" pada Change Drive Letter and Path
  4. pilih Drive Letter yang kamu mau, kemudian klik Ok

Dalam Penjelasan gambarnya untuk merubah drive letter sebagai berikut ini.

setelah kamu klik start dab mengetikkan "Create and format hard disk partitions", kemudian tekan enter, maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

cara mengganti drive letter dan drive lable di windows
Disk Management


perhatikan pada gambar diatas, sebagai contoh saya ingin merubah drive letter (D), maka saya klik kanan kotak drive "ANAKIT (D)" kemudian pilih "Change Drive Letter and Path". maka akan tampil seperti berikut ini.

cara merubah drive letter dan nama drive di windows
Change Drive Letter and Path


setelah muncul tampilan yang di tandai dengan kotak angka "1", kemudian klik "Change" tersebut, dan akan tampil lagi tampilan untuk "enter a new drive letter otr path for D (ANAKIT) - sebagai contoh. kemudian klik Ok, dan selamat kamu berhasil mengganti drive letter di windows.


Merubah Drive Label atau Nama Drive


Untuk merubah drive label di windows, langkah-langkahnya sebagai berikut ini.
  1. Buka My Computer atau This PC
  2. klik kanan Drive yang ingin kamu rubah nama drivenya dan pilih "Rename" atau cara cepatnya klik drive yang mau dirubah dan tekan F2 pada keyboard.
  3. ketikkan Nama Drive sesuai keinginan kamu, disini bebas mau di masukkan angka, huruf, tanda baca dan sebagainya.
  4. selesai.
Bagaimana? gampang bukan? ya. sekarang kamu sudah bisa merubah drive letter sesuai keinginan kamu. dan sekaligus kamu juga sudah bisa mengganti nama drive. semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

No comments for "Cara Mengganti Drive Letter dan Nama Drive di Windows 10, 8, 7"