Windows 10 : Cara Mengatasi Membuka Kembali Aplikasi Terakhir Setelah Restart dan Shutdown di Windows 10

Membuka Kembali Aplikasi Terakhir Setelah Restart dan Shutdown di Windows 10 -  bagi kamu pengguna windows 10, pastinya merasa kurang nyaman terhadap aplikasi terbuka otomatis setelah restart, update, dan shutdown. pada windows 10 versi awal apabila komputer di matikan, maka semua aplikasi akan tertutup juga, sehingga ketika komputer kembali dinyalakan, aplikasi yang terakhir kita buka sebelum shutdown juga tidak akan terbuka. namun agak sedikit berbeda pada windows 10 sekarang ini, aplikasi yang terbuka sebelum restart atau shutdown secara otomatis aplikasi terbuka sendiri ketika laptop sudah hidup, seakan-akan laptop tidak benar-benar restart atau shutdown dan mirip seperti hanya pada mode sleep saja.

penyebab dan cara mengatasi aplikasi membuka otomatis ketika laptop di hidupkan pada windows 10

Aplikasi Terakhir Terbuka di Windows 10 Saat Di Restart


Windows 10 memiliki fitur yang membantu user untuk mencegak kehilangan halaman kerja, atau aplikasi yang di buka terakhir kali sebelum komputer mati, hal ini tentunya mmebantu juga apabila kamu lupa untuk menyimpan hasil kerja kamu.

Namun tidak semua orang merasa nyaman akan fitur ini, ada sebagian orang merasa tidak perlu memulai aplikasi terakhir terbuka saat komputer di hidupkan, mengapa?

  1. Akan membebani komputer dan laptop saat di startup, sehingga membutuhkan waktu boot yang bertambah.
  2. Ketika orang lain meminjam atau memakai komputer atau laptop kita dapat melihat pekerjaan atau aplikasi yang kita belum sempat tutup sebelum dilakukan shutdown.
Namun kamu tidak perlu kuatir, karena fitur yang satu ini sebenarnya adalah optional, secara default memang aktif, tapi tentu kita bisa menonaktifkan fitur yang disebut "Privacy" pada bagian "use my sign-in info to automatically finish setting up my device and reopen my apps after an update or restart".

Cara Mengatasi Windows 10 Membuka Aplikasi Otomatis Saat di Hidupkan

Untuk cara menonaktifkan fitur "Reopen my Apps" ini kita harus masuk pada "setting/pengaturan". yaitu dengan cara. klik "start" (anda bisa gunakan tombol windows pada keyboard". kemudian ketik "settings".  maka tampilannya seperti berikut ini.

cara mengatasi aplikasi terbuka otomatis saat startup di windows 10
Gambar Windows Settings

kemudian, klik "Account" > "Sign-in Options", maka tampilannya seperti gambar ini.

Windows 10 Membuka Aplikasi Otomatis Saat di Hidupkan
Gambar Pengaturan Privacy Saat Sign-in

Perhatikan seperti yang di tandai dengan kotak merah diatas, pastikan dalam keadaan off untuk mematikan fitur membuka aplikasi saya setelah melakukan update atau restart.


Setelah itu, silahkan kamu lakukan percobaan baik itu restart atau pun shutdown. perhatikan apakah aplikasi terbuka setelah shutdown atau restart? pastinya tidak.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri saat komputer dihidupkan. semoga artikel ini dapat berguna dan membantu.

No comments for "Windows 10 : Cara Mengatasi Membuka Kembali Aplikasi Terakhir Setelah Restart dan Shutdown di Windows 10"