2 Antivirus Satu Laptop: Bahaya Memasang Lebih Dari 1 Antivirus di Komputer dan Laptop

memasang 2 antivirus dalam satu komputer dan laptop berbahaya jika..

Memasang 2 Antivirus dalam Satu Laptop dan Komputer -  Antivirus merupakan tools dan aplikasi yang berguna untuk melindungi komputer dan laptop dari serangan virus, disisi lain ternyata dalam sebutannya yaitu "Anti" yaitu  juga mampu mengatasi serangan virus dan melindungi laptop dan komputer dari serangan virus, semakin bagus antivirus yang digunakan, maka semakin bagus juga dalam membantu melindungi laptop dan komputer kita.

Memasang Antivirus di Laptop dan Komputer

 

Pada dasarnya antivirus terbagi dalam 2 versi, yaitu antivirus versi gratis dan versi berbayar. mengenai manfaatnya bisa anda baca dalam artikel Antivirus Free VS Antivirus Berbayar. di artikel tersebut sudah lengkap dibahas mengenai pandangan dalam hal pengunaan antivirus free dan berbayar. namun kali ini kita fokus pada pemasangan antivirus yang benar dan yang recomended tentunya.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa untuk membasmi virus dari segala jenis, maka instal aja lebih dari satu antivirus, sehingga virus yang tidak bisa di basmi atau di atasi antivirus yang satu, maka antivirus lainnya mampu menanganinya. 

Pandangan di atas sah-sah saja kalau menurut teorinya atau pandangan umumnya, namun muncul pertanyaan 2 Antivirus dalam Satu Komputer? apakah recomended? Apakah ada bahaya memasang lebih dari 1 antivirus di komputer? 

Baik, ini mungkin akan sedikit menimbulkan  Pro dan Kontra, karena tentunya berdasarkan pengalaman juga berdasarkan saran dan masukan.

2 Antivirus Dalam Satu Komputer


2 Antivirus dipasang dalam satu laptop? kenapa tidak. tentu kamu pernah melihat komputer dan laptop yang dipasang 2 antivirus secara bersamaan dalam satu laptop. ini kembali pada pandangan orang tersebut terhadap resiko yang akan dialami terhadap laptop dan komputernya, mungkin saja orang tersebut aktif dalam menggunakan antivirus, kemudian  data yang didalam komputer dan laptopnya juga tergolong sangat penting. jadi menurut saya sah-sah saja dalam menggunakan 2 antivirus dalam 1 laptop.

Apakah Recomended Instal Lebih Dari 1 Antivirus?

Namun, apakah recomended memasang lebih dari 1 antivirus dalam satu PC? ini yang sedikit menimbulkan pro dan kontra. menurut pengalaman dan tanggapan penulis berdasarkan pengalaman dan dari tahap pengujian dan pembelajaran. terdapat 2 jawaban yaitu Ya dan Tidak. berikut penjelasaannya.

Recomended Instal Lebih Dari 1 Antivirus

Ya, penulis menyatakn recomende memasang 2 antivirus sekaligus dalam satu laptop. dengan Catatan bahwa kedua antivirus tidak pada job-desc yang sama, artinya tidak melakukan tugas yang sama. mungkin kamu pernah mendengar antivirus Komputer/Laptop, antivirus Internet Security, Antivirus Total Security.  nah yang dimaksud job-desc yang sama artinya kedua antivirus tidak sama-sama Internet Security atau tidak sama-sama Antivirus Komputer (data). jadi pemasangan antivirus yang recomended ialah anda bisa memasang 1 antivirus untuk scaning dan perlindungan data (antivirus komputer) dan pasang antivirus untuk Internet Security. jadi keduanya memiliki job-desc yang berbeda. 
 

Tidak Recomended Instal Lebih Dari 1 Antivirus

Yang tidak recomended Menginstal lebih dari 1 antivirus di dalam komputer ialah dengan menginstal antivirus dengan job-desc yang sama. semisal, kamu sudah menginstal Avast Antivirus, kemudian instal lagi AVG Antivirus, keduanya sama-sama antivirus komputer. kemudian kamu instal McAfee Internet Security dan Avast Internet Security. atau kamu instal AVG Total Security dan Bitdefender Total Security.

Cara diatas sangatlah tidak recomended. meskipun anda beranggapan bahwa untuk memaksimalkan dalam melindungi komputer anda dari serangan virus, namun anda salah dalam menerapkan strategi tersebut. 

Perlu anda ketahui juga, Antivirus berbayar pun tidak bisa menjamin laptop aman!!!  mengapa? silahkan baca secara lengkap alasannya pada artikel Apakah Laptop Dengan Antivirus  Terjamin Aman?

Bahaya Memasang Lebih Dari 1 Antivirus di Laptop
 
Bahaya memasang lebih dari 1 antivirus di komputer terletak pada jenis pemasangan yang salah, yaitu pemasangan yang tidak recomeded diatas, mengapa bahaya? 

jika kamu pernah memasang antivirus AVG, Avira, dan Avast. pasti kamu pernah merasa kesal. mengapa? karena terkadang aplikasi atau software dengan ekstensi .exe di anggap virus pada salah satu antivirus tersebut, sementara antivirus lain tidak menganggap file tersebut adalah antivirus, dan memang sebenarnya memang tidak.

inilah yang jadi berbahaya, jika kamu memasang antivirus pada job-desc yang sama, akan ada pro dan kontra terhadap file. bisa saja kamu kehilangan file kamu yang telah di tangani dengan 2 antivirus yang agresifitas yang berbeda.

Selanjutnya pada job-desc yang bentrok. ini salah satu kesalahan apabila menginstal antivirus yang jenis kegunaan yang sama. akan ada sistem kerja yang bentrok. mengapa? secara default  antivirus yang kita instal akan berjalan ketika laptop dan komputer dihidupkan atau pada Startup. tergantung pada pengaturan startup kamu. 

Jika kamu menginstal aplikasi antivirus yang sama-sama kuat, tentu pada saat startup akan sangat membebani laptop kamu saat warming up atau booting. karena ada sistem yang berjalan secara bersamaan melakukan scanning secara bersamaan pula pada file yang sama pula. ini bisa kita abaikan jika kamu memiliki spesifikasi laptop yang gahar.. namun bagaimana dengan laptop dan komputer dengan spesifikasi seadanya? tentu sebuah kesalahan, karena akan merasa jengkel akibat waktu booting laptop yang memakan waktu yang lama.

Selanjutnya, jika kamu mengatur pada startup semua antivirusnya auto start ketika laptop dan komputer di hidupkan. akan memakan banyak memori RAM. apakah RAM kamu mencukupi untuk digunakan antivirus? perhatikan bahwa apa yang akan anda alami, Lag, Lemot, Not Responding? tentu. akan berimbas pada kinerja laptop dan komputer kamu yang terus-menerus kerja secara maksimal diakibatkan 2 atau lebih antivirus berjalan bersamaan.

So... Bagaimana? jika kamu ingin antivirus yang merangkap, maka pilihlah antivirus total security, jika ingin pisah. maka pilih salah satu antivirus untuk scanning laptop dan komputer yang kamu anggap lebih handal (juga berdasarkan data), kemudian instal juga untuk Antivirus Internet Security. ingat, antivirus juga tidak bisa menjamin bahwa laptop kamu akan selalui aman!!! bisa tanyakan pada semua pakar IT apakah statement tersebut bisa di pegang!!!. baca lebih lengkap di artikel berikut ini.





No comments for "2 Antivirus Satu Laptop: Bahaya Memasang Lebih Dari 1 Antivirus di Komputer dan Laptop"