Rumus Excel SUMIF : Penjelasan dan Panduan Cara Menggunakan Rumus SUMIF di Microsoft Excel

RUMUS-RUMUS EXCEL

Rumus SUMIF di EXCEL - Kita sering sekali membutuhkan rumus-rumus excel untuk mendapatkan kondisi dan nilai yang kita butuhkan, tidak jarang kita sampai pusing untuk mengdapatkan nilai yang kita butuhkan dari kondisi data yang ada, contohnya menghitung jumlah berdasarkan beberapa kategori. Artikel kali ini akan membahas tentang Rumus SUMIF di excel dan cara penggunaan SUMIF di Excel, SUMIF adalah gabungan antara SUM dan IF digunakan untuk menghitung jumlah berdasarkan beberapa kategori. 

Bentuk Umum Rumus SUMIF


Setiap rumus di excel tentunya memiliki bentuk umum yang sudah diset oleh developer untuk fungsi dan kegunaanya sesuai. SUMIF ini memiliki bentuk umum seperti berikut ini.

=SUMIF(RANGE;KRITERIA;SUM_RANGE)

Perlu di perhatikan, bahwa tidak semuanya versi excel menggunakan titik koma (;) namun ada juga yang hanya menggunakan tanda koma satu saja (,).

Penjelasan Bentuk Umum Rumus SUMIF


Range
Range pada rumus SUMIF ini adalah bagian kategori yang akan menjadi patokan untuk menjumlahkan kategori lain.

Kategori
Kategori adalah syarat atau kondisi yang harus terpenuhi, yaitu data yang di jumlahkan berdasarkan kondisi tertentu atau keadaan tertentu atau nilai tertentu.
\
Sum_Range
SUM_Range adalah bagian yang akan di jumlahkan berdasarkan range dan kategori tadi.

Contoh Studio Kasus Rumus SUMIF di Excel


Kali ini kita jelaskan cara penggunaan rumus excel SUMIF dengan contoh sederhana yang mudah di pahami agar tau fungsi SUMIF dan cara menggunakan rumus SUMIF di excel. 
sebagai contoh ini, kita mempunya data sebagai berikut ini

cara penggunaan rumus sumif di excel
Gambar Data di Excel


Nah, fungsi SUMIF adalah untuk menjumlahkan atau mentotalkan semua nilai berdarkan kategori yang sudah ditentukan. Kemudian di tampilkan dalam cell yang sudah di tentukan.

Perhatikan gambar diatas, berdasarkan daftar penjualan barang, terdapat list penjualan dengan terdapat 4 kode barang, kemudian di sebelahnya juga terdapat kolom jumlah yang terjual per transaksi atau penjualan. 

Pada tabel sebelahnya akan di lakukan group, yaitu mentotalkan dan di kelompokkan berdasarkan kode barang masing-masing. Jadi hasil akhir dapat terlihat jumlah keseluruhan yang terjual per kode barang yang ada.

Seperti yang sudah kita bahas tadi, rumus utama SUMIF adalah =SUMIF(RANGE;KRITERIA;SUM_RANGE), maka kita berikan seperti berikut ini.


rumus excel sumif untuk menjumlahkan dari beberapa kategori di excel
Gambar Penggunaan Rumus SUMIF

Maka hasilnya akan seperti berikut ini.


cara penjumlahan berdasarkan beberapa kategori di excel dengan sumif
Gambar Hasil Dari Rumus SUMIF Excel

Oia, perlu di perhatikan, terkadang ada kondisi rumus atau cara itu belum cukup, ada kalanya harus di absulotekan terlebih dahulu.   Jadi hasil rumus SUMIFnya seperti ini.

mencari total dari beberapa kategori di excel
Gambar Absolute Rumus SUMIF


 Caranya ialah,blok bagian rumus “range” dan tekan  f4 pada keyboard, kemudian blok lagi bagian “sum_range” dan kemudian tekan f4 pada keyboard, perhatikan gambar berikut ini.


penggunaan rumus sumif untuk menjumlahkan berdasarkan beberapa kategori di excel
Gambar Cara Absolute Rumus SumIf

Nah, sekarang kamu sudah tau fungsi Rumus Excel SUMIF dan cara menggunakan Rumus SUMIF di excel.

Demikianlah pembahasan tentang RUMUS SUMIF di EXCEL, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan pembelajaran mengenai rumus-rumus excel.






No comments for "Rumus Excel SUMIF : Penjelasan dan Panduan Cara Menggunakan Rumus SUMIF di Microsoft Excel"