Rumus Diskon di Excel dan Cara Mendapatkan Diskon Berdasarkan Kategori di Excel

Rumus Diskon di Excel

Rumus Diskon di Excel – artikel kali ini membahas tentang Rumus Diskon di Excel yang perlu di ketahui guna meningkatkan pemahaman dalam menggunakan Microsoft excel lebih maksimal untuk menunjang kinerja yang masksimal pula. Rumus Diskon sebenarnya tidak sulit untuk di pamahami, malah sebenarnya secara otodidak dengan belajar coba-coba sendiri bisa menemukan cara menemukan rumus diskon di excel.

Rumus Diskon di Excel biasanya untuk menentukan diskon yang biasanya adalah potongan dari total belanja atau pembelian barang tertentu. Rumus diskon di excel ini bisa di gunakan hanya untuk tipe angka atau number, tidak tulisan. Rumus Diskon di Excel juga bisa di barengi dengan “SUMIF” atau rumus lainnya.

Mencari Diskon di Excel


Baiklah, disini saya akan jelaskan cara membuat atau mendapatkan diskon di excel dengan cara yang sangat mudah. Sambil di barengi dengan contoh penulisan rumus excel dengan kententuan lainnya. Kita punya data sebagai berikut ini

rumus mendapatkan diskon di excel
Gambar Data Untuk di Cari Diskon


Kita kemudian ingin diskon secara otomatis di tentukan langsung dengan ketentuan apabila lebih dari 3.500.000, maka di dapatkan diskon sebesar 0.5% dari Jumlah. Maka dari itu kita pastinya harus menggunakan Rumus IF, untuk memberikan kondisi dan menentukan hasilnya. Berangkat dari contoh dan ketentuan diatas, maka rumus diskonnya sebagai berikut.

Rumus Diskon : =IF(F8>3500000;(F8*0,5)/100;0)

Perhatikan gambar berikut ini.


Rumus Diskon di Excel
Gambar Rumus Diskon di Excel


Dari gambar diatas, dapat di jelaskan bahwa IF(F8>3500000, artinya Jika nilai yang ada di cell F8 lebih dari 3500000. Maka (F8*0.5)/100, artinya nilai F8 di kali dengan 0.5 dan di bagikan dengan 100 (karena 0.5%). Kemudian yang nilai 0, adalah jika F8 kurang dari 3500000, maka otomatis tidak dapat diskon alias diskon sama dengan Nol. Dan hasilnya seperti berikut ini.

Rumus Mendapatkan Diskon di Excel
Gambar Hasil Rumus Diskon di Excel


Untuk hasil akhir atau total yang harus di bayar, kamu tinggal kurangkan dari jumlah kurang dengan diskon atau hasil diskon.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Rumus Diskon di Excel, dan kamu bisa langsung mempraktekkan Rumus Diskon di Excel tersebut dalam kasus yang ingin kamu pecahkan. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

No comments for "Rumus Diskon di Excel dan Cara Mendapatkan Diskon Berdasarkan Kategori di Excel"