NVIDIA GEFORCE VS AMD RADEON? Labih Bagus Mana Nvidia atau Radeon?



Nvidia Geforce Vs Amd Radeon - Didalam membeli laptop dan komputer, selain kamu di bingungkan dalam pemilihan Prosesornya, ternyata kamu juga akan di bingungkan pada pemilihan VGA, yang mana selalu ada pertanyaan lebih bagus mana Nvidia atau Radeon? ini adalah pertanyaan yang lumrah untuk mereka yang belum tau peforma dari Nvidia Geforce dan Amd Radeon. perbandingan ini juga menjadi perbincangan hangat antara Nvidia vs Radeon, mengingat sangat banya farian di pasaran menawarkan VGA yang berbeda untuk seri laptop yang sama. widih.. akan semakin membuat kamu galau untuk menetapkan pilihan antara Nvidia Geforce atau Amd Radeon.

Namun sebelum kita bahas perbandingan Vga Nvidia Vs Amd Radeon, kita ulas sedikit apa itu VGA dan apa fungsi VGA itu sendiri.

Pengertian VGA

 

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Accelerator yang memiliki fungsi untuk mengolah gambar untuk di tampilkan di layar monitor laptop dan komputer. didalam VGA Card memiliki prosesor tersediri yang sudah embed dari pabrikannya, dan biasa di Sebut GPU yang kepanjangannya adalah Graphic Processing Unit.


NVIDIA

 

Nvidia Geforce Merupakan merupakan produk dari perusahaan NVIDIA Corporation yang merupakan produsen Prosesor Grafis. Seri Geforce adalah produk yang paling terkenal saat ini yang merupakan saingan terberat dari AMD Seri Radeon. dan pada saat ini Nvidia sudah mengeluarkan Seri Titan.

AMD


AMD Radeon Merupakan produk dari perusahan semi konduktor, AMD sendiri juga merupakan perusahaan yang memproduksi prosesor yaitu AMD Ryzen dan seri lainnya. Seri Radeon merupakan yang paling populer saat ini di semua seri VGA AMD dan merupakan lawan berat dari Nvidia Geforce.


Dari penjelasan tersebut kita berangkat untuk perbandingan antara VGA Nvidia vs Radeon dalam beberapa sisi. untuk itu berikut adalah perbandingan VGA NVIDIA Geforce VS AMD Radeon.

 NVIDIA VS AMD Pemakaian Gaming


Apakah kamu seorang gamers? atau kamu yang kesehariannya hobby bermain games di waktu luang? jika ya, maka pilihan VGA yang tepat adalah Nvidia, sebab dalam urusan gaming Nvidia jauh lebih unggul di bandingkan dengan Amd Radeon, mengapa? karena Nvidia memiliki fitur PhysX yaitu berfungsi agar detail game dan efek pada game yang di keluarkan lebih optimal. untuk itu jika kamu yang memang memprioritaskan untuk keperluan Gaming, maka pilihlah VGA Nvidia.

NVIDIA VS AMD Keperluan Editing dan Rendering

Banyak yang mengatakan bahwa Nvidia lebih baik dari Amd dalam hal editing, namun pada kenyataanya ternyata AMD Radeon lebih unggul untuk aspek ini. terutama dalam hal Rendering, proses rendering adalah hal yang paling sering di gunakan dalam menguji kemampuan dan peforma VGA, dan hasilnya tentu saja masih di pegang oleh Amd. hal ini di karenakan AMD lebih banyak Fitur dan Ekstensi pendukung untuk memaksimalkan proses rendering, contohnya adalah Strema Prosesor yang memungkinkan GPU memantau CPU dalam mengkalkulasi pemrosesan data agar menghasilkan video beresolusi tinggi dapat berjalan mulus dan lancar. selain itu AMD juga memiiliki Vitur UVD yang mana belum ada di Nvidia, sehingga VGA bisa memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering, dan lain sebagainya. jadi jika kamu mementingkan aspek ini, maka pilihlah VGA AMD Radeon.

 

NVIDIA VS AMD Pada Ketahanan

selanjutnya adalah Daya Tahan, pada point ini sangat bergantung pada cara pemakaian dan perawatan dari pengguna atau usernya. Namun bisa kita nilai sebuah produk dari penawaran garansi terhadap kedua jenis ini, dan bisa kita temui dan lihat bahwa Nvidia lebih menjanjikan kualitas atau ketahanan produknya yaitu Nvidia Geforce lewat garansi yang ditawarkan masih diatas AMD Radeon. dengan kata lain, semakin bagus produk, maka produsen lebih berani meningkatkan jang waktu atau masa garansi produk yang mereka buat. jadi jika kamu mengedepankan aspek ketahanan dan keawetan, maka pilhlah Nvidia Geforce. namun sekali lagi ini adalah bagian yang sedikit perlu di garis bawahi yaitu bergantung cara pemakaian dan perawatan.


Baca Juga : Laptop Cepat Panas? Ini Penyebab Sepelenya


NVIDIA VS AMD Pada Harga


Dalam membeli atau memilih VGA, hal lain yang tidak kalah dalam pertimbangan adalah soal harga, siapa yang tidak mempertimbangkan hal ini? semua pasti mempertimbangkannya. Nvidia Geforce vs AMD Radeon. soal harga VGA Card pasti kita sudah tau bahwa cukup merogoh kocek agak dalam, karena fungsi dan fitur-fitur yang kita dapatkan memang setara dengan harga yang kita keluarkan. banyak yang mengatakan untuk level yang sama, AMD Radeon masih lebih murah di bandingkan dengan Nvidia Geforce. jadi jika kamu mengingikan fitur yang keren, peformance yang bagus namun harga yang tidak terlalu mahal, maka AMD Radeon adalah pilihannya.

 

NVIDIA VS AMD Pada Directx

 

Baca Juga : INTEL VS AMD, Ini Masih Yang Terbaik

 

Directx berfungsi untuk menangani tugas pemograman multimedia, terutama pada jenis OS adalah Windows. sampai saat ini versi tertingi dari Directx adalah versi Directx 12. nah pada Nvidia tidak semua mendukung directx 11, sedangkan semua seri AMD sudah mendukung Directx 11.  jadi jika kamu adalah seorang yang berkecimpung secara mendalam dalam pemograman maka ada baiknya kamu memilih AMD Radeon.

Sekarang, kamu tinggal menentukan apakah pilih VGA Nvidia Geforce atau AMD Radeon, ingat bahwa perbandingan ini pada level VGA yang sama. jadi jika kamu membandingkan dengan tidak level yang sama, tentu semua bergantung dengan kebutuhan kamu. 

Demikianlah penjelasan tentang Perbandingan VGA Nvidia Geforce vs AMD Radeon, mungkin diatas masih ada yang kurang? mari berbagi melalui kolom komentar yang sudah tersedia.

 

No comments for "NVIDIA GEFORCE VS AMD RADEON? Labih Bagus Mana Nvidia atau Radeon?"