Apakah Laptop Aman Jika Sudah Menggunakan Antivirus? Ini Jawabannya


apakah antivirus sudah cukup untuk mengamankan laptop? ternyata tidak. antivirus tidak bisa menjamin sebuah laptop itu akan aman, ini penjelasannya

Apakah Laptop Aman Jika Sudah Menggunakan Antivirus? – artikel kali ini akan membahas tentang pendapat kita mengenai Apakah Komputer Sudah Aman Jika Sudah Instal Antivirus?

Antivirus merupakan aplikasi dan program yang memang di rancang untuk membasmi virus-virus yang di komputer kita, antivirus berperan melindungi laptop dari serangan-serangan virus baik itu sumber virus dari internet dan juga sumber virus dari hardware seperti flashdisk dan lain sebagainya.

Hampir semua orang yang memiliki komputer dan laptop telah memasang antivirus, mereka berlomba-lomba untuk memasang antivirus yang mereka adalah antivirus yang paling handal dan antivirus yang paling ampuh. Terkadang ada yang sampai menginstal antivirus lebih dari satu bahkan ada juga yang sampai menginstal 3 antivirus sekaligus. Alasannya? Tentu agar laptopnya aman dan tidak dapat diserang virus, namun apakah itu rekomended dengan menginstal lebih dari satu antivirus? Tidak! Mengapa? Alasannya kamu bisa baca di artikel berikut ini

Bahaya Memasang Lebih Dari 1 Antivirus di Komputer dan Laptop

Jadi, kamu sudah taukan mengapa menginstal antivirus secara berlebihan itu tidak baik dan tidak recommended. So.. Kembali ke pembahasan, apakah dengan menginstal antivirus laptop kita sudah aman? Tidak!!! Mengapa? Yuk kita simak mengapa antivirus tidak menjamin laptop kita aman.

Antivirus


Baca Juga : 10 Antivirus Yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini
 
Antivirus adalah system aplikasi yang di rancang dan di bangun oleh team riset penanganan antivirus dari brand mereka masing-masing untuk merkontribusi dalam menangani virus di komputer dan laptop dan ada juga sebagai penangkal virus untuk masuk kedalam laptop dan komputer.

Antivirus juga terbagi dalam dua jenis, ada Antivirus Free dan Antivirus Pro, antivirus free berarti antivirus gratisan yang kita dapat secara Cuma-Cuma, sementara antivirus pro adalah antivirus yang kita dapatkan dengan cara membeli. 

Perbedaannya dimana? Perbedaanya tentu pada layanan dan kemampuan antivirusnya. Jika yang free mungkin tidak dapat menangani virus-virus yang berat, tidak dapat update, tidak dapat  menggunakan fitur-fitur yang ada pada antivirus versi pro. 

Langkah pertama untuk mengetahui apakah Laptop sudah aman meski sudah diinstal antivirus dengan mengecek apaka antivirus kamu adalah antivirus gratisan atau berbayar? Jik gratisan maka sudah di jamin laptop kamu sudah dalam kategori kurang aman, karena antivirus kamu tida akan mampu secara maksimal mengamankan laptop kamu karena verisnya yang gratisan.

Nah, jika kamu memang orang yang berada pastinya sudah seharusnya menginstal antivirus yang berbayar. Kamu tinggal bebas memiliki apakah antivirusnya dari brand A, B, atau C terserah.

Namun meskipun kamu sudah menginstal salah satu jenis antivirus tersebut, kamu harus tetap bertanya apakah Laptop sudah aman dengan antivirus Berbayar? Atau hanya bertanya apakah komputer terjamin aman jika sudah pakai antivirus?. Tentu ada 2 jawaban yang masing-masing punya factor tertentu.

Jawaban Ya, jika kamu menggunakan antivirus yang berbayar dan juga kamu menggunakan laptop kami dengan benar tanpa menginstal aplikasi sembarangan, juga tidak mengunjungi situs-situs yang tidak jelas dan terdapat banyak malware didalam situs-situs tersebut. Meskipun kamu menggunakan antivirus gratisan atau free namun apabila kamu dengan benar menggunakan laptop dan komputer kami, pastilah laptop kamu akan aman, penulis sampai saat ini tida pernah menginstal antivirus tambahannya, tipsnya? 

Jawaban Tidak, tentu saja ada factor yang menyebabkan mengapa laptop kamu tidak aman meski sudah menginstal antivirus pro atau berbayar sekalipun. Hal ini sangat bergantung  pada factor penggunaan laptop anda, cara anda mengamankan laptop anda. Jika laptop anda bebas colok mencolok flashdisknya yang sumbernya sudah entah kemana-kemana terutama sering dibawah ke warnet dan sebagainya, pastilah laptop kamu tetap tidak akan aman. 

Selanjutnya jika kamu sering download-mendownload entah itu software, file, film dan sebagainya, ingat bahwa laptop kamu tidak akan aman meski menggunakan antivirus pro apalagi antivirus gratisan.

Mari simak lagi pertanyaannya “Apakah Laptop Sudah Aman Jika Sudah Menginstal Antivirus?” kemudian simak Kembali antivirus apa yang kamu pakai? Gratisan? Maka sudah ada jawabannya dengan jelas diatas, antivirus berbayar/pro? Bagaimana penggunaannya? Sering download? Sering mengunjungi situs-situs tidak jelas? Maka sudah aja jawabannya.

Ingat, semua bermula dari jari telunjuk kamu, jangan asal klik sembarangan link dan gambar, laptop kamu tidak akan aman meski sudah diinstal antivirus sebagus apapun jika jari telunjuk kamu tidak bisa di kendalikan. Namun jika kamu hanya menggunakan laptop tidak untuk unduh mengunduh sana-sini dan hanya mengunakan untuk kerja di kantoran seperti layaknya dan hanya untuk mengerjakan tugas kuliahan, antivirus free pun sudah cukup untuk laptop kamu. 

Demikianlah Pembahasan kali ini tentang Apakah Antivirus Bisa Menjamin, menjamin dari ransomware, menjadi dari virus, menjamin dari malware. Semoga artikel ini bisa berguna dan membantu.


No comments for "Apakah Laptop Aman Jika Sudah Menggunakan Antivirus? Ini Jawabannya"