Cara Menghubungkan Laptop Dengan Printer Melalui Jaringan Wifi Dengan Mudah

Hubungkan Laptop ke Printer Lewat Jaringan Wifi - menghubungkan printer dengan laptop adalah hal yang sangat di butuhkan apabila kita ingin melakukan pengeprinan berkas dan lain sebagainya. ada 3 cara dalam mengkonekkan laptop ke printer sejauh ini, yang pertama melalui kabel USB, kemudian menghubungkan laptop dan printer dengan Jaringan LAN, dan yang ketiga adalah menghubungkan komputer ke printer melalui Wifi atau Nirkabel.

Laptop, Printer dan Wifi

Printer adalah alat untuk mencetak informasi diatas sebuah kertas dengan tinta cair dan tinta serbuk, informasi bisa dalam bentuk tulisan, bentuk grafik, bentuk gambar, dan bentuk lainnya. 

Laptop adalah alat elektronik yang merupakan kesamaan dengan komputer namun bisa di bawa kemana-mana karena ukurannya yang lebih kecil dan ringan serta sudah dilengkapi dengan baterai sendiri, sehingga dapat di gunakan tanpa ada arus listrik langsung

Wifi adalah merupakan jaringan Nirkabel atau tanpa kabel yang memungkinkan perangkat untuk terhubung ke internet tanpa adanya kabel LAN.


Cara Menghubungkan Printer dan Komputer

Kita lihat pada penjelasan diawal, Kedua cara pertama adalah cara yang sudah familiar dan sudah dianggap usang, karena penggunaan kabel yang terbatas untuk kabel USB dan penggunaan kabel yang berlebihan untuk Kabel LAN. namun pasti ada sisi baik dan sisi negatifnya mengapa yang kedua cara pertama masih digunakan.

Pada saat ini terutama pada perkantoran pastinya sangat tidak memungkinkan untuk pindah-memindah printer, hal ini bisa di akali dengan Menghubungkan Laptop dan printer melalui jaringan Wireles atau wifi. namun yang jadi pertanyaanya adalah Bagaimana Cara Mengubungkan Printer ke Komputer tanpa kabel?

Kita bisa menghubungkan perangkat tersebut dengan 3 komponen yang harus ada, yaitu:

  1. Laptop/Komputer
  2. Printer
  3. Jaringan Wifi/Wireless
Namun tidak semata-mata kita melakukan print lewat wifi tanpa kita menghubungkan terlebih dahulu, pertama-tama kita harus hubungkan Printer ke Wifi dan begitu pula dengan Komputer ke wifi. sehingga muncul pertanyaan "Apakah Semua Printer Bisa Dihubungkan ke Wifi?". ketika ketiga komponen tersebut terpenuhi namun ternyata printer anda tidak mendukung Wifi, sama saja  bohong. oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa printer kamu sudah mendukung untuk terhubung lewat Wifi, kamu bisa cek di browser atau searching tipe printer yang kamu miliki apakah sudah support wifi atau tidak. jika tidak, maka stop sampai disini, namun jika iya kita lanjut ke proses berikutnya.

Menghubungkan Printer Dengan Wifi

Untuk bagian ini saya anggap kamu sudah tau cara menghubungkan Printer dengan Wifi, dan kita fokus yaitu cara menghubungkan komputer ke printer melalui wifi windows 10 dan versi lainnya.


Cara Menghubungkan Komputer ke Printer Lewat Wifi

Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengkonekkan printer kita yang sudah terhubung ke wifi ke laptop dan komputer dalam satu jaringan yang sama, ingat "Dalam Satu Jaringan Yang Sama". itu artinya antara printer dan laptop harus berada pada wifi yang sama. untuk cara menghubungkan printer ke komputer cukup dengan melakukan Add Printer di Windows 10 dan sebagainya melalui wifi. berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Add Printer di Windows Dengan Wifi

Pertama, Pastikan Laptop dan Printer kamu sudah terhubung ke Wifi
Kedua, pada laptop, klik Icon windows atau tekan tombol windows pada keyboard dan ketikkan "Add Printer" tanpa tanda kutip. contohnya seperti gambar berikut ini.


cara add printer di windows 10 
Gambar Pencarian Add Printer di Windows 10


setelah anda ketik "add printer" akan muncul hasil pencarian yaitu "Add a printer or scanner", klik dan ikuti seperti gambar berikut ini.

Gambar Add a printer or scanners di windows 10 

Kemudian, klik "Add a printer or scanner" seperti yang di tandai dengan panah merah pada gambar diatas, dan akan melakukan pencarian. seperti gambar berikut ini.

cara print tanpa kabel di windows 10 
Gambar Mengatasi Jika Printer Tidak Kedetect

jika koneksi kamu bagus, maka akan tampil printer yang sudah kamu hubungkan ke wifi yang sama dengan laptop kamu, dan kamu tinggal klik saja printernya tersebut dan akan langsung melakukan koneksi

Namun, Jika tidak ada respon dari pencarian, langsung klik saja yang di tandai dengan kotak merah tersebut yaitu "The Printer That I Want Isn't Listed". kemudian akan tampil seperti berikut ini.

cara menghubungkan printer ke laptop melalui wifi 
 Gambar Memilih Koneksi Dengan IP Printer
 
Perhatikan pada gambar diatas, pilih yang di tandai dengan merah tersebut, dan pastikan kamu sudah tau berapa IP printer kamu. jika belum tau, searching di google sesuai dengan merk dan tipe printer kamu yaitu cara cek IP printer bla..bla..bla. setelah kamu mendapatkan IPnya, klik next pada pada gambar diatas, sehingga muncul seperti berikut ini.

cara mengkonekkan laptop ke printer melalui wifi 
Gambar Memasukkan IP Printer

Masukkan IP printer kamu ke Hostname or IP Addres tersebut, kemudian klik lagi next

cara menambahkan printer ke laptop windows 10 
Gambar Menyesuaikan Driver Printer


Baca Juga : Panduan Menginstal Aplikasi dan Software Dengan Benar

perhatikan, jika printer kamu sudah ada terdaftar di windows, maka akan langsung tampil printer yang sesuai dengan IP address yang kamu masukkan, namun jika drivernya belum dikenali di windows kamu, perhatikan pada kotak merah di gambar atas, lihat apakah merk printer kamu ada di situ, contohnya printer saya adalah brother. kemudian di sebelah kanannya lihat apakah seri printer kamu ada, jika tidak ada klik "Windows Update", dan perlu anda ketahui bahwa windows update ini cukup membuat anda bosan. jika nantik sudah selesai maka tinggal kamu pilih seri printer yang kamu maksud, kemudian pasangkan atau Next. selesai.

Demikianlah Cara Add Printer di Windows 10, semoga artikel ini bisa berguna dan membantu.

No comments for "Cara Menghubungkan Laptop Dengan Printer Melalui Jaringan Wifi Dengan Mudah"