Laptop Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusi Jika Laptop Cepat Panas

Laptop Cepat Panas - artikel kali akan membahas tentang Penyebab dan Solusi Jika Laptop Cepat Panas yang sering terjadi terutama untuk laptop jenis lama atau sudah termakan usia, namun bukan tidak mungkin juga laptop masih seumur jagung juga bisa mengalami cepat panas atau Laptop Overheat.

Laptop Merupakan barang elektronik yang popularitasnya sangat tinggi, hampir semua kalangan sudah membutuhkan bahkan sudah memakai yang namanya Laptop. untuk kebutuhan juga berbagai jenis profesi sudah membutuhkan laptop, mulai dari untuk Editing, Design Grafis, Office, Administrator dan masih banyak lagi, di samping itu juga ternyata merk laptop juga sangat banyak pilihan, sehingga bingung untuk memilih brand yang dambakan.

Laptop Cepat Panas

 

Kembali lagi kita ke pokok pembahasan yaitu Laptop Cepat Panas. semua komponen yang ada di dalam laptop secara teoritisnya pasti bekerja dan di aliri oleh arus listrik. kita juga pasti tau bahwa setiap komponen elektronik juga ada kelemahannya dan ambang batas bekerja. ini sesuai dengan spesifikasi komponen yang di miliki setiap laptop. 

Laptop juga memiliki komponen yang kemungkinan besar terjadi kerusakan, karena barang elektronik merupakan ciptaan atau produk karya manusia. suatu saat akan ada kerusakan di bagian tertentu sesuai dengan masa pemakaian dan cara perawatan pula.
 

Mengapa Laptop Cepat Panas?

 

Untuk laptop cepat panas, kita tidak bisa berpatokan pada satu komponen atau malah ke hardware saja, ada banyak faktor yang menyebabkan laptop cepat panas. berikut ini adalah beberapa penyebab laptop cepat panas untuk bisa kamu validasi sendiri untuk menyesuikan apa penyebabnya.


Kipas Laptop Lambat atau Rusak
Laptop kamu panas? coba hal sederhana yang paling simpel yang bisa kamu lakukan adalah mengecek perputaran kipas apakah slow/lambat atau sama sekali tidak berputar. hal ini bisa di sebabkan mungkin kipas sudah rusak menyebabkan kipas lambat atau bahkan tidak berputar sama sekali sehingga tidak ada pendingin termal untuk mendinginkan prosesor dan VGA. kamu bisa ganti kipas laptop dengan membawanya ke toko komputer.

Termal Pasta Habis
Ada hal lain lagi yang juga sering menjadi penyebab laptop cepat panas, yaitu Termal Pasta yang sudah habis efek Mintnya atau Colednya. sehingga Tidak mampu menstabilkan panas terhadap Prosesor. kamu bisa dengan mengganti termal pasta. kalau berani juga bisa menggantinya sendiri, sebab mengganti termal pasta juga tidak sulit. atau bisa juga ke toko komputer. kisaran termal pasta juga masih terjangkau yaitu kisaran 50 ribuan.

Alas Laptop
Jangan salah, hal ini mungkin sepele namun bisa berdampak laptop cepat panas. alas laptop yang baik adalah permukaan keras dan datar. jangan sesekali menjadikan kain menjadi alas laptop, seperti Kasur, Sofa, Ambal, dan lain sebagainya. karena biasanya akan menghambar sirkulasi udara yang di keluarkan kipas untuk membuang panas, sehingga laptop jadi cepat panas pula, ini juga bisa berdampak besar terhadap kerusakan laptop (Laptop Bocor).



Sirkulasi Udara Tidak Baik
Ini sama halnya dengan penyebab laptop panas diatas, pastikan bahwa sirkulasi udara dari laptop keluar memang sangat lapang, dan tidak ada hambata disisi keluarkanya angin dari dalam laptop. kalau perlu tambahkan kupas portable di bawah laptop untuk menyedot atau memberikan udara ke dalam atau keluar laptop.

Menjalankan Aplikasi Berat
laptop cepat panas juga bukan berarti tidak bersumber dari cara kita memanfaatkan laptop itu sendiri, membuka aplikasi berat yang berlebihan juga bisa memicu laptop cepat panas, semisal bermain Game dengan spesifikasi sangat membebani laptop, kemudian Rendering Video. dan aplikasi berat lainnya. saran yaitu sesuaikan dengan spesifikasi laptop yang anda miliki.

Virus
Mungkin sebagian orang kurang setuju bahwa virus juga bisa membuat laptop cepat panas, namun siapa sangka. virus sanggung menjalankan perintah yang sangat banyak di latar belakang sehingga kinerja laptop jadi super extra meski kita tidak melihat ada aplikasi yang berjalan. virus juga mampu mengendalikan sistem terutama kecepatan perputaran FAN atau kipas laptop untuk lambat, sehingga terjadilah OverHeat pada laptop. kamu bisa cek di service pada Task Manajer dan memperhatikan kinerja apa saja yang mencurigakan yang sedang berjalan.


Demikianlah Beberapa penjelasan mengenai mengapa Laptop Cepat Panas, jika ada yang kurang atau teman-teman mungkin mengetahui hal atau penyebab lain yang menyebabkan laptop cepat panas, silahkan berbagi melalui kolom komentar yang sudah tersedia.



No comments for "Laptop Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusi Jika Laptop Cepat Panas"