Panduan Cara Instal Aplikasi di Laptop dan Instal Software Komputer

Panduan Cara Instal Aplikasi di Laptop dan Komputer -  Instal aplikasi di laptop merupakan syarat untuk membangun alat tempur dalam bekerja, aplikasi yang diisntal di laptop juga banyak macam dan fungsinya, belum lagi dari jenisnya, ada aplikasi Open Source ada juga Aplikasi Berbayar. Namun semuanya akan sulit di wujudkan apabila tidak tau Cara Instal Aplikasi di Laptop atau Komputer. Mau mengandalkan Toko Komputer untuk hanya instalkan aplikasi? Gak perlu.. kamu juga bisa menginstal sendiri aplikasi di laptop kamu, tak perlu takut atau kuatir. Artikel kali ini akan memandu kamu dalam menginstal aplikasi di komputer dan instal aplikasi di laptop.

Aplikasi Laptop dan Komputer


Aplikasi laptop dan komputer seperti yang di jelaskan di awal ada banyak macamnya, nah tentukan aplikasi apa yang ingin kamu instal, apakah itu aplikasi untuk design atau editing video, aplikasi komputer untuk game, aplikasi untuk Office, Aplikasi multimedia dan banyak macamnya. 

Jenis Aplikasi Laptop dan Komputer


Nah, juga sudah di sampaikan diawal bahwa ada 2 jenis aplikasi pada umumnya, yaitu aplikasi Open Source, yang artinya aplikasi laptop dan komputer yang gratis (free) untuk di instal dan di gunakan tanpa ada biaya untuk membeli dan memperpanjang masa pemakaian. Kemudian ada aplikasi yang berbayar, aplikasi laptop dan komputer yang berbayar ini adalah kebalikan dengan Aplikasi Open Source. Yaitu aplikasi dimana kita harus membeli aplikasinya atau membeli License (hak pemakaian). 

Mendapatkan Aplikasi Laptop dan Komputer


Untuk hal yang satu ini adalah hal yang sangat mudah sebenarnya, mudah tapi harus pintar pula. Kamu tinggal ketik aplikasi apa yang ingin kamu instal di laptop atau komputer kamu di browser seperti Google Chrome atau Mozila Firefox. Maka akan banyak sekali situs-situs yang menyediankan link Download untuk aplikasi yang kamu inginkan. Tapi ingat.. ada penekanan “Harus Pintar”. Jangan sembarangan masuk ke situs yang menawarkan link download yang di bawa entah kemana, atau biasa di sebut redirect ke situs lain. Cari situs-situs yang memang banyak di andalkan oleh banyak orang, kalau bisa situs resmi dari aplikais yang ingin kamu instal di laptop dan komputer tadi.

Penting Saat Mencari Aplikasi Laptop dan Komputer


Penting juga untuk menyesuaikan dengan versi windows kamu, jadi saat waktu melakukan pencarian di google di sertakan untuk versi windows kamu. Semisal : “Download Aplikasi Edit Vdeio Untuk Windows 10”. Begitu juga dengan jenis Operating Sistem kamu, perhatikan apakah 32 Bit atau 64 Bit. Cari saja di google untuk mengecek apakah Windows kamu 32Bit atau 64Bit. Jadi di pencarian tadi tambahkan lagi  jenis Os kamu menjadi “Download Aplikasi Edit Vdeio Untuk Windows 10 32bit” atau “Download Aplikasi Edit Vdeio Untuk Windows 10 64bit”. Atau mungkin kamu bisa saja langsung seperti contoh berikut “Download Software/Aplikasi Corel Draw 64 Bit”. Intinya improvisasi dengan Bahasa sendiri dalam mencari aplikasi yang di butuhkan.

Aplikasi Untuk Laptop dan Komputer


Aplikasi Laptop dan Komputer biasanya bisa dalam bentuk paket (seperti Office) atau aplikasi biasa (contohnya google chrome, Vlc, dll). 

Aplikasi Paket


Aplikasi ini biasanya terdiri langsung dari paket atau file-file pendukung yang terdiri dari banyak folder, dan kita contohkan salah satunya adalah Office 2013 yang akan saya contohkan untuk cara menginstal aplikasi di laptop dan komputer. Perhatikan gambar berikut ini

cara instal aplikasi di laptop dan komputer
Gambar Software Aplikasi Microsoft Office 2013


Ini adalah isi dari sebuah installer Microsoft Office 2013 yang saya miliki. Nah jika kamu memiliki aplikasi yang seperti ini, yang didalamnya banyak folder dan file, jadi kamu tidak tau yang mana harus di jalankan, perhatikan pada gambar diatas yang saya tandai dengan kotak merah yaitu “Setup.exe”. ini yang perlu kamu double klik untuk memulai menginstal aplikasi di laptop dan komputer kamu.

Nah selanjutnya, ya ikuti aja perintah selanjutnya, biasa kalau gak mau ribet “Next” aja terus, nntik selesai juga. Oia jangan takut salah. Kalau gagal ya tinggal koreksi pesan kesalahannya. Kalau salah instal, tinggal hapus aja dari Control Panel. Tidak ada yang perlu di kawatirkan.

Pada umunya, apabila kamu menemukan aplikasi laptop dan komputer yang berjenis sama dengan Office, yang saya sebutnya paket, rata-rata untuk menginstalnya sama melalui “Setup.exe” tadi.
Dan juga biasanya ketika kamu mendapatkan software aplikasi seperti ini akan berbentukam Kompresi atau .Rar.

Kemudian kita beralih ke aplikasi yang biasa, yaitu yang tidak ada embel-embel folder dan lainnya yang bikin ribet. Contohnya seperti aplikasi-aplikasi seperti berikut ini.


cara instal software di laptop dan komputer
Gambar Aplikasi Laptop dan Komputer

Sama halnya dengan aplikasi paket, tinggal klik 2 kali aplikasi mana yang ingin kamu instal, nah biasanya akan muncul halaman Agreement terlebih dahulu, ya tinggal pilih “I Acept The Agreement” aja, selanjutnya palingan “Next” aja sampai selesai. Contohnya seperti berikut ini

panduan cara menginstal aplikasi dan software di laptop dan komputer
Gambar Instalasi Aplikasi di Laptop


Bagaimana? Mudah bukan sebenarnya cara instal aplikasi di laptop? Iya. Yang harus kamu hilangkan dalam menginstal adalah “Takut Rusak”. Tidak perlu kuatir. Selagi kamu masih menginstal aplikasi-aplikasi yang wajar, semua aman.

Demikianlah pembahasan kali ini Cara Instal Aplikasi di Laptop dan Komputer, semoga kamu bisa menginstal aplikasi di laptop dengan segera dan memahami manfaat setiap aplikasi yang kamu instal nantinya.





No comments for "Panduan Cara Instal Aplikasi di Laptop dan Instal Software Komputer "