Cara Merubah Lokasi Penyimpanan Database Outlook (File PST)

Cara Merubah Folder Database Outlook – artikel kali ini masih membahas seputar tutorial mirosoft  yaitu outlook yang pada topic kali ini sesuai dengan tema atau judul artikel yaitu mengenai cara merubah tempat penyimpanan database outlook ke drive D mungkin atau E atau lainnya, yang jelas merubah tempat penyimpanan default database outlook.


Database Outlook


Database outlook berfungsi untuk menyimpan dan mengkompres email, draf, file dan lain sebagainya yang di send atau recive melalui Microsoft outlook itu sendiri menjadi satu file yang ber-ekstensi .pst. database outlook secara default akan berada pada drive C, untuk lebih rincih lagi tempat penyimpanan atau tempat file database outlook berada, sudah di jelaskan pada artikel lainnya yaitu Letak File Pst atau Database Outlook.

Merubah Folder Database Outlook


Ternyata penting dilakukan perubahan folder atau tempat penyimpanan outlook ke drive lain yang lebih aman, mengapa? Apabila kamu yang setiap harinya memakai outlook dalam menerima dan mengirim email, akan sedikit riskan jika database email outlook kamu masih berada di drive C, karena apabila terjadi trouble pada Sistem atau OS, maka resiko kehilangan informasi penting dalam outlook akan lebih besar (Berdasarkan Pengalaman).

Cara Merubah Tempat Database Outlook


Untuk merubah tempat file database outlook sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah yang mudah di pahami dan di lakukan, untuk itu ikuti langkah-langkah untuk merubah Tempat penyimpanan file pst outlook ke drive D atau E atau lainnya di bawah ini.

Langkah Pertama, pada langkah pertama ini kamu harus masuk terlebih dahulu ke account settiings, jika kamu belum tau cara masuk ke account settings, kamu bisa baca di artikel mengenai Cara Masuk ke Account Setting di Outlook.

Setelah masuk ke account settings, maka tampilannya seperti berikut ini. 

lokasi penyimpanan database outlook
Gambar Email dan lokasi penyimpanan database outlook


Langkah Kedua, Kemudian, perhatikan yang di tandai dengan kotak merah adalah tempat file pst outlook kamu berada, dan untuk merubahnya ke drive yang kamu inginkan, kamu klik tombol yang di tandai dengan kotak biru yang di tunjuk dengan panah biru. Sehingga tampil seperti gambar berikut ini.

Memulai Merubah file penyimpanan file Pst Outlook
Gambar Memulai Merubah file penyimpanan file Pst Outlook


Langkah Ketiga, pilih atau klik yang di tandai dengan kotak merah pada gambar diatas yaitu New Outlook Data File.

Membuat file baru yaitu New Outlook Data File
Gambar Membuat file baru yaitu New Outlook Data File


Langkah Keempat, pada tampilan New Outlook Data File, di bagian Types of Storage, pilih “Office Outlook Personal Foders File (.pst)” seperti yang di tandai pada gambar diatas, kemudian klik Ok. Sehingga akan tampilan bagian seperti dibawah ini.

Pemberian Nama New File Outlook
Gambar Pemberian Nama New File Outlook


Langkah Kelima, kemudian piliha Drive, Folder dimana file pst atau database outlook akan kamu letakkan, setelah selesai, klik Ok. Maka akan tampil seperti gambar berikut ini.

Pemberian Password Pada File Pst baru
Gambar Pemberian Password Pada File Pst baru


Maka akan terlihat tempat penyimpanan database outlook kamu saat ini, sebagai contoh seperti yang di tandai dengan kotak merah pada gambar diatas.

Langkah Keenam, pada bagian Password, sebaiknya kamu isikan untuk memproteksi database kamu agar tidak bisa di buka orang lain sembarangan mesti di buka di laptop lain. Setelah selesai, klik Ok.

Dan proses merubah tempat file pst outlook kamu sudah selesai, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini jika kami mengisikan password pada bagian langkah keenam tadi.


Login Akses File Database Outlook
Gambar Login Akses File Database Outlook


Isikan password sesuai dengan yang kamu berikan tadi, dan klik ok.

Demikianlah cara merubah tempat penyimpanan database outlook kamu, semoga artikel tentang mengganti folder outlook ini bisa bermanfaat.

Apa Selanjutnya? 

Bagaimana Jika Memindah File .Pst tersebut ke folder baru tanpa membuat file pst baru, karena jika membuat tempat penyimpanan baru akan membuat file baru yang secara otomatis file lama akan terabaikan dan sudah berisi email-email penting. Kamu bisa melakukan cara-cara di artikel Cara Memindahkan File Database Outlook Ke Folder Lain






No comments for "Cara Merubah Lokasi Penyimpanan Database Outlook (File PST)"