MAU JADI PROGRAMER? PILIH KULIAH IT ATAU BOOTCAMP IT?

MAU JADI PROGRAMER? PILIH KULIAH IT ATAU BOOTCAMP IT? – saat ini lagi hangat-hangatnya perbincangan tentang hasil luaran seorang programer dari kuliah IT dengan programer dari Bootcamp, lebih baik mana kuliah IT atau Bootcamp? Itu sering menjadi pertanyaan sebagian orang yang ingin benar-benar untuk menjadi programer handal yang bisa bersaing sehingga tidak buang waktu dan juga buang uang tentunya karena salah memilih. Untuk itu yuk kita bahas sama-sama bagusan kuliah IT atau kursus di bootcamp.

Kuliah IT

mau jadi programer lebih baik kuliah atau ikut bootcamp

Kuliah IT biasanya adalah kebutuhan dasar untuk mengambil title atau gelar, dimana nantinya akan di gunakan sebagai bekal untuk mengajukan lamaran atau mengajukan kenaikan jabatan karena dianggap telah layak atas gelar yang sudah dimiliki.

Perlu kita kaji lagi, di dalam kuliah IT ini untuk menentukan menjadi programmer itu bukan kampusnya, bukan mata kuliahnya, tapi dari pribadi sendiri. Pilih yang ingin di fokuskan, dalami sembari di samping yang kita fokuskan itu ada mata kuliah lain yang menopang untuk menambah wawasan dari ilmu lain atau bahasa program yang lain, namun biasanya sekali pun ada yang terfokus mata kuliah untuk programmer, yang diajarkan hanya bagian luarnya saja. Tidak mendalam dan tidak sampai tuntas membentuk kita sebagai programmer.

Bootcamp

kelebihan dan kelemahan bootcamp dibandingkan dengan Kuliah IT

Bootcamp ini bisa di kategorikan sebagai tempat kursus yang fokus mengajarkan untuk satu tujuan, semisal bootcampnya fokus untuk pemograman atau bootcampnya fokus ke jaringan, dan lainnya yang berhubungan dengan IT. 

Dalam bootcamp, kamu di asah dan di bina sampai bisa. Semisal kamu ingin fokus menjadi Full Stack Developer. Kamu akan di bentuk dari dasar hingga bisa dan menjadi junior terlebih dahulu, ada kelas-kelas bootcamp yang akan kamu jalani yang pada intinya kamu akan menjadi Full Stack Developer yaitu menjadi programmer handal.

Kuliah IT vs Bootcamp


Kuliah IT vs Bootcamp, bagus mana untuk Waktu dan Hasil? Nah ini perlu di pertimbangkan dua kali, tujuan anda menjadi programmer apa, mau jadi Developer sendiri? Atau mau kerja di perusahaan besar dan terkenal? Jika kamu mau menjadi seorang developer yang berdiri sendiri atau membangun Usaha, hal yang paling tepat adalah Bootcamp, namun jika kamu ingin melamar di perusahaan-perusahaan besar, ini harus Keduanya, yaitu kamu harus menjalani Kuliah IT dan tentunya Fortofolio Bootcamp, tapi jika kamu hanya ingin menjadi seorang programmer biasa yang masih plin plan, kuliah IT adalah hal yang tepat karena kamu dapatkan banyak ilmu, tidak hanya bagian pemograman, namun ilmu yang umum juga.

Lantas Kamu Harus Pilih Mana?


Kuliah IT tidak menjamin kamu  menjadi Programer Handal, karena kamu akan di hadapkan banyak tugas dari mata kuliah yang tidak ada hubungannya dengan apa yang ingin kamu capai, selain itu juga tidak fokus karena faktor lingkungan yang tak selamanya nyaman, atau dorongan untuk bermain dengan teman dan lupa waktu.  Namun kamu perlu Gelar dan Title untuk naik jabatan atau melamar di perusahaan.

Bootcamp hampir 99% akan menjamin kamu menjadi Programer handal (Tergantung Kualitas Bootcampnya), namun kamu harus memiliki relasi yang kuat untuk masuk kedalam perusahaan besar untuk menjadi programmer di perusahaan tersebut atau kamu memang sedang bekerja di perusahaan tersebut dan ingin menjadi senior programmer. Bootcamp juga menghemat waktu dalam mempelajari dan mendalami hingga menjadi programmer, bootcamp juga bisa di asumsikan lebih hemat biaya jika di bandingkan biaya keseluruhan selama kuliah (contoh S1 adalah 4 tahun).

Ini adalah keputusan sulit yang mungkin jika kamu salah memilih akan menghabiskan waktu dan materi secara sia-sia. Tak ada salahnya kuliah IT terlebih dahulu setelah itu  Bootcamp, karena bootcamp pada umumnya tidak memakan waktu terlalu lama, atau jika kamu ingin menjadi pengusaha yang sebagai Developer yang bekerja di perusahaan sendiri, Bootcamp adalah pilihan Tepat.

So.. kamu ingin menjadi programmer?  Dimana posisi mu? Apa keinginan mu setelah mahir dalam pemograman yang notabenenya sudah menjadi Full Stack Developer? Semua sudah di terangkan diatas, ada hal-hal yang mengambil keputusan itu sulit, namun hanya berhayal juga tidak ada gunanya, ambil satu keputusan, tekuni dan jalani dengan serius. Pasti tidak ada yang sia-sia.

No comments for "MAU JADI PROGRAMER? PILIH KULIAH IT ATAU BOOTCAMP IT?"