Wednesday, November 20, 2019

Pengertian ROM, Fungsi ROM dan Contoh ROM pada Komputer dan Laptop

Pengertian ROM, Fungsi ROM dan Contoh ROM pada Komputer dan Laptop - setelah membahas pengertian dan fungsi RAM, kali ini pembahasannya mengenai Pengertian ROM, Kepanjangan ROM, Fungsi ROM dan juga Contoh ROM itu seperti apa dan yang mana sih disebut ROM pada komputer dan laptop. untuk itu simak dan pahami artikel ini sampai akhir agar kamu paham mengenai ROM dan Fungsi ROM itu sebenarnya apa.

ROM Pada Komputer dan Laptop

kepanjangan ROM, Pengertian ROM dan Fungsi ROM pada komputer dan laptop

ROM singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah bagian atau salah satu perangkat komputer dan laptop yang berperan hanya sebagai Read Only Memory. artinya ROM ini hanya bisa di akses atau hanya bisa di baca oleh sistem umum seperti OS yang biasa kita pakai. namun secara umum atau untuk kalangan umum tidak dapat di isi atau di tulis. 

Pertanyaannya adalah, Apa Benar ROM ini hanya bisa di baca saja atau di akses saja namun tidak bisa di tulis seperti halnya RAM? nanti akan kita bahas di bawah ini.

Bentuk dan Perangkat ROM

Mungkin bentuk RAM sudah tidak asing lagi untuk teman-teman sekalian, karena RAM mungkin sering dilihat dan sangat familiat. namun bagaimana dengan ROM? Bagaimana Bentuk ROM? Apa Contoh ROM itu? seperti apa ROM itu? Yang mana sih ROM itu? mungkin ada yang bertanya-tanya demikian, sebab saya dulunya juga seperti itu, bingung ROM itu yang mana dan seperti apa.

ROM pada komputer lebih sering di kenal dengan nama BIOS, atau juga di kenal dengan IC pada perangkat elektronik lainnya seperti HP dan sebagainya. ROM ini berisi Settingan pabrikan untuk perangkat komputer dan laptop anda, biasa lebih ke settingan Motherboard. nah ROM atau BIOS ini bersifat Read Only Memory. seperti yang di pertanyakan diatas tadi, apakah hanya bisa di akses saja atau di baca saja?

Sejatinya, ROM atau BIOS tersebut sebenarnya bisa di tulis ulang dan nama lainnya di Update, itu makanya ada namanya Update BIOS. namun yang di maksud adalah Read Only Memory ini adalah, ketika komputer atau laptop di hidupkan, sistem hanya membaca ROM saja, tidak ada intruksi untuk melakukan Add, Move, Div dan lain sebagainya ke ROM, sebab rom di setting untuk menyimpan settingan saja. sekali Lagi, bukan berarti tidak bisa di tulis ulang...

Fungsi ROM Pada Komputer dan Laptop

Tentu ada fungsi ROM terhadap komputer yang mungkin juga perannya sangat vital, bisa dibilang tanpa adanya ROM akan  sedikit mustahil komputer kamu bisa digunakan. so... apa sih fungsi ROM pada komputer. fungsi 

  1. Fungsi ROM Sebagai Media Penyimpanan
  2. Fungsi ROM yang pertama ialah sebagai media penyimpanan, penyimpanan yang seperti apa? penyimpanan yang sifatnya khusus dan biasanya tidak akan di campur dengan data atau informasi umum. ROM ini biasanya berfungsi untuk menyimpan Settingan Pabrikan, yang tentunya tidak sembarangan di isi , dan untuk orang Umum hanya bisa di akses melalui sistem. selain itu, ROM juga berfungsi untuk menyimpan Firmware yang biasa kita dengan pada HP Android dan elektrinik lainnya.

  3. Fungsi ROM Sebagai Otak Intruksi
  4. Mungkin proses adalah otak komputer, dalam hal apa? dalam hal memproses. namun segala intruksi utama komputer itu tersimpan dalam ROM yaitu BIOS, untuk komputer dapat dihidupkan di awal, itu memerlukan sumber intruksi dari bios untuk menghidupkan segala komponen yang ada. itu makanya ketika anda ingin menginstal ulang komputer harus konfigurasi BIOS dulu agar bisa masuk boot dari CD, FD dan lain sebagainya. dan banyak hal lainnya yang membutuhkan load intruksi dari ROM terlebih dahulu.

  5. Fungsi ROM Sebagai Identitas Perangkat
  6. pada umumnya semua informasi perangkat komputer kamu jika memang dari komputer sudah jadi dari pabrikan langsung, ROM berisi semua informasi mengenai Perangakat Komputer kamu, mulai dari Informasi Umum, juga informasi yang hanya bagian teknisi Komputer yang mengerti, seperti Seri, Type driver, dan lain sebagainya.
Demikianlah Pembahasan Tentang Pengertian ROM pada komputer,  Bentuk dan Contoh ROM serta yang paling utama adalah Fungsi ROM itu sendiri, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerti fungsi ROM dan perbedaandengan RAM pada komputer. mungkin ada yang perlu di pertanyakan mengenai ROM, sampaikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia


EmoticonEmoticon