Tuesday, November 19, 2019

Pengertian RAM dan 6 Fungsi RAM Pada Komputer dan Laptop Secara Umum

Pengertian Ram dan Fungsi RAM Pada Komputer dan Laptop - RAM adalah kependekan dari Random Access Memory yang berarti perangkat yang dapat di akses secara acak melalui intruksi manapun yang membutuhkan RAM tersebut. nah di balik kebutuhan RAM tersebut, tentu ada Fungsi RAM sehingga dikatakan tadi "Membutuhkan RAM". kenapa RAM dibutuhkah? inilah yang menjadi point utama dalam pembahasan artikel ini yaitu Fungsi Ram pada Komputer dan Laptop.

RAM di Komputer dan Laptop

Fungsi RAM pada komputer dan Laptop

Tentu jika kamu mengerti dalam memilih komputer dan laptop, hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih komputer dan laptop adalah ukuran dari RAM-nya, untuk laptop dan komputer standard sekarang RAM 2GB adalah rekomendasi minimal. apalagi jika kamu anak gamer, pastinya kapasitas RAM juga sangat Vital dalam perangkat Komputer dan laptop kamu. Makin penasaran mengapa demikian pentingnya RAM ini? baiklah akan kita bahas fungsi-fungsi RAM pada komputer dan Laptop Secara Umum.

Fungsi RAM Pada Komputer dan Laptop


  1. Fungsi RAM Sebagai Penyimpanan Sementara
  2. Fungsi RAM yang paling utama ialah penyimpanan sementara, penyimpanan? yap.. RAM pada dasarnya adalah penyimpanan itu makanya di sebut juga Memory. namun memory yang seperti apa atau penyimpanan yang seperti apa? penyimpanan disini tidaklah sama denga penyimpanan seperti pada hardsik dan media penyimpanan lainnya. penyimpanan ini bersifat sementara dan sangat singkat.

    Fungsi RAM ialah menyimpan semua DATA yang di terima dari beribu,berjuta, bahkan bermilyaran Intruksi-intruksi dalam waktu yang singkat untuk disimpan dan kemudian data tersebut akan di ambil lagi dari intruksi lain yang membutuhkan data tersebut agar di kelola menjadi INFORMASI. dan informasi tadi juga akan di Simpan Kembali kedalam RAM untuk diambil inrtuksi yang membuthkannya untuk di tampilkan (Output). RAM juga berfungsi Menyimpan Intruksi jika memang di butuhkan untuk disimpan pada RAM. setelah semua selesai maka RAM akan kembali bersih pada saat komputer dan laptop di matikan. 

  3. Fungsi RAM Sebagai Pemercepat Pemrosesan Data Menjadi Informasi
  4. Fungsi RAM selanjutnya adalah untuk membantu mempercepat memproses data menjadi sebuah informasi yang berguna, informasi ini bisa dalam bentuk huruf, angka, nada, image dan lain sebagainya. namun apa maksudnya? semakin besar kapasitas ram, maka semakin besar data yang disimpan pada ram yang akan di proses menjadi informasi. sehingga dalam artian jumlah data yang di proses juga akan semakin besar dalam satuan waktu atau dikenal Clock. yang tentunya diimbangi dengan Prosesornya. alhasil akan lebih banyak juga informasi yang di hasilkan dalam satuan waktu. 

    Sebagai Contoh : Anda memilik Ram 1GB. RAM 1 GB tersebut misalnya dalam satuan waktu hanya mampu menyimpan data atau intruksi sebanyak 1.000.000 cell data. dan dari 1.000.000. tersebut hanya dapat menghasilkan 10 informasi dalam satu Clock. bagaimana dengan yang 8GB. misalnya mampu menampung 8.000.000 (misalnya) data untuk di kelola menjadi informasi tentu informasi yang dihasilkan juga akan lebih banyak dalam satuan waktu. sehingga informasi lebih cepat di proses dan di dapatkan.

  5. Fungsi RAM Sebagai Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop.
  6. Bukan hanya apa prosesor komputer atau laptop mu menjadi tolak ukur kecepatan kinerja komputer dan laptop, setelah prosesor, RAM juga berperan penting dalam mempercepat kinerja komputer kamu, baik dalam Startup ketika komputer dan laptop dijalankan, baik dalam membuka aplikasi, baik dalam membuka file, baik dalam bermain game dan render. Ram juga sangat berperan dalam mempercepat kinerja komputer kamu, hal ini sejalan dengan Fungsi RAM yang pertama dan kedua diatas. namun di balik itu semua tentu harus diimbangi komponen pendukung lainnya.

  7. Fungsi RAM Sebagai Penentu Kemampuan Komputer dan Laptop
  8. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, Fungsi RAM juga ternyata menjadi penentu kemampuan komputer dan laptop dari sisi tertentu. Spesifikasi Prosesor Tinggi, VGA tinggi namun RAM rendah akan tidak sebanding. namun dengan Prosesor Rendah dan VGA rendah masih bisa di pertimbangkan dengan RAM tinggi namun tidak dalam Hal Render dan Gaming. sebagai contoh. kamu punya Laptop dengan Prosesor Core i7 dan VGA 2GB namun RAM hanya 1GB membuka aplikasi Photoshop dan Corel Draw secara bersamaan. akan sangat terasa berat. namun coba saja Prosesor kamu core i3 dan VGA yang sama yaitu 2GB dengan RAM 8 akan sangat terasa perbandingannya. apalagi bila di setarakan antara prosesor, vga dan RAM.

  9. Fungsi RAM Untuk MultiTasking
  10. Nah, selain itu ternyata Fungsi RAM juga berguna dalam hal Multi Tasking, multi tasking artinya kemampuan dalam menjalankan program aplikasi secara bersamaan tanpa ada interupsi dengan jumlah tertentu. hal ini sejalan dengan Fungsi RAM yang kedua dan ketiga. untuk contoh : untuk membuka 1 aplikasi editing video membtuhkan 2GB bersih untuk load data. sementara Untuk Editing Gambar juga Membutuhkan 2GB bersih untuk load. dan ingin kita jalankan secara bersamaan. jika RAM kamu hanya 4 GB. tentu akan terjadi Interupsi pada sistem yang mana salah satu di prioritaskan terlebih dahulu untuk Launching atau di jalankan, kemudian di lanjutkan dengan yang kedua. namun jika RAM kamu mungkin 6 atau lebih. ada kemungkinan Multi Tasking akan di jalankan. tergantung dengan Prosesor kamu. biasanya prosesor yang mendukung Multi Tasking adalah Core i5 atau sekelasnya sampai generasi diatasnya.

  11. Fungsi RAM untuk Menambah Cost
  12. Nah yang terakhir adalah fungsi ram untuk menambah cost atau biaya, khusus bagi kamu yang bergerak dalam penjualan. tentunya dengan menambah RAM adalah salah satu teknik untuk menambah harga jual komputer dan laptop. dengan begitu.


Demikianlah Pembahasan tentang Pengertian RAM dan Fungsi RAM pada Komputer dan Laptop yang penting untuk kamu ketahui. semoga artikel tentang fungsi ram ini bisa membantu dan berguna untuk teman-teman yang membutuhkan.


EmoticonEmoticon