Saturday, November 2, 2019

Algoritma dan Flowchart Menentukan Bilangan Prima atau Bukan (Lengkap Dengan Contoh Program Bilangan Prima)

Algoritma dan Flowchart Menentukan Bilangan Prima atau Bukan - artikel kali ini membahas tentang algortima menentukan bilangan prima dan flowchart menentukan bilangan prima dengan sebuah bilangan yang diinput, dan kemudian melalui alur flowchart di tentukan bilangan prima atau tidak.

Algoritma Menentukan Bilangan Prima


Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, diaman Algoritma dalam menetukan bilangan prima sudah sangat lengkap melalui contoh gambaran dan juga menentukan bilangan prima atau bukan melalui contoh program.



Flowchart Menentukan Bilangan Prima


Membangun flowchart menentukan bilangan prima tentunya harus mengerti terlebh dahulu bagaimana cara kerjanya sehingga di sebut suatu bilangan adalah bilangan prima, kamu bisa baca di SINI,  sehingga contoh algoritma dan program menentukan bilangan prima tersebut sudah di pahami, maka tidak sulit membuat flowchart menentukan bilangan prima yang mana adalah hal yang terlebih dahulu sebelum implementasi kedalam program menentukan bilangan prima atau bukan.

Untuk itu, mari kita bahas tuntas membuat flowchart Menentukan Bilangan Prima atau Bukan, dan akan kita bahas dibawah ini dengan seksama.


Flowchart Menentukan Bilangan Prima




Algoritma dan Flowchart Menentukan Bilangan Prima atau bukan dan Algortima dan Flowchart Menampilkan deret bilangan prima
Gambar Flowchart Menentukan Bilangan Prima


Bedah Flowchart Menentukan Bilangan Prima

Bilangan, loop=2, merupakan deklarasi variable yang di setting diawal yang akan digunakan dalam proses menentukan bilangan prima atau bukan

Input Bilangan, merupakan masukan bilangan yang seperti apa atau bilangan berapa yang akan di cari keterangan apakah bilangan tersebut adalah bilangan prima atau tidak.


If Bilangan <=1, Merupakan bagian untuk mengecek apakah angka atau bilangan yang diinputkan adalah kurang atau sama dengan 1, jika kurang atau sama dengan 1, maka akan langsung di cetak "bukan bilangan prima".

jika Bilangan <=1 adalah salah, maka akan di masukkan dalam perulanan While untuk mencari apakah bilangan tersebut adalah bilangan prima atau bukan.

while loop < bilangan, berguna untuk membuat perulangan while dengan ketentuan loop masih lebih kecil dari bilangan yang diinuputkan.

jika loop masih dibawah bilangan, maka dilanjutkan lagi dengan pengecekan untuk mencari nilai MOD atau sisah bagi.

If Bilangan%loop==0, berguna untuk mengecek sisa bagi dari pembagian bilangan denga iterasi (loop).

jika False, maka bilangan tersebut adalah bilangan prima, namun jika true, maka bukan bilangan prima yang ditampung pada variable keterangan. namun jika hasilnya true, maka bilanga tersebut adalah bukan bilangan prima. kemudian dan langsung nilai loop=bilangan, yang artinya while sudah tidak terpenuhi lagi, sehingga akan dilanjutkan keluar dari loop dan mencetak sesuai dengan hasil dari proyektor

demikianlah pembahasan singkat mengenai Algoritma dan Flowchart Menentukan Bilangan Prima atau Bukan ini, semoga artikel menentukan bilangan prima atau bukan ini bisa membantu dan berguna.





EmoticonEmoticon