Sunday, October 27, 2019

Apa Perbedaan Antara Intel Core i3, i5, i7, dan X CPU?

Sementara AMD membuat terobosan yang merupakan saingan dari INTEL, Ternyata Intel sejauh ini merupakan pilihan nomor satu dalam prosesor komputer. Prosesor inti adalah chip yang hebat untuk desktop atau laptop, tetapi apa perbedaan antara Core i3, i5, i7, i9, dan X?, mari kita bahas bersama-sama dengan anakit tentang  Perbedaan Antara Intel Core i3, i5, i7, dan X CPU.

mengenal intel core i9
Gambar Intel Core i9

Apa itu Processor Intel Core?


Prosesor Intel Core pertama kali hadir di desktop pada pertengahan 2006, menggantikan jajaran Pentium yang sebelumnya terdiri dari prosesor kelas atas Intel.

Nama Core “i” pada dasarnya adalah kategorisasi “level tinggi” yang membantu membedakan prosesor dalam satu generasi. Nama Core "i" tertentu tidak berarti prosesor memiliki sejumlah inti sesuai dengan "i", juga tidak menjamin fitur, seperti Hyper-Threading , yang memungkinkan CPU memproses instruksi lebih cepat.

Fitur spesifik dapat berubah antar generasi. Seiring kemajuan teknologi, menjadi lebih murah untuk menciptakan komponen low-end yang berkinerja tinggi. Ini juga berarti bahwa fitur yang pernah ditemukan di bagian seperti Core i3 dapat menghilang sepenuhnya dari kelas Intel.

macam-macam prosesor intel beserta kelebihan dan kekurangan
Gambar Prosesor Intel

Kinerja umum dalam CPU serupa juga berubah antar generasi. Peningkatan tingkat rendah bagaimana CPU memproses informasi menghasilkan kinerja yang umumnya lebih baik, kadang-kadang, pada kecepatan clock yang lebih rendah daripada keluarga CPU sebelumnya.

Oleh karena itu, perbedaan antara Core i3, Core i5, dan Core i7 sebutan paling penting dalam generasi masing-masing. Misalnya, Core i7 "Kaby Lake" generasi ketujuh, dan Core i7 generasi ketiga "Ivy Bridge" mungkin berjalan pada kecepatan yang sama dengan jumlah inti yang sama. Ini pada umumnya tidak ada artinya, karena bagian yang lebih baru masih akan berkinerja lebih baik - lihat perbandingan ini di UserBenchmark sebagai contoh .

Dengan mengingat hal itu, ada beberapa tiang petunjuk yang dapat Anda gunakan untuk memahami apa arti semua bagian yang berbeda.

Core i3: The Low End

sejarah prosesor intel core i3 dan kelebihan dan kekuranga
Gambar Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3 adalah tempat jajaran Core dimulai untuk setiap generasi. Secara umum, prosesor Core i3 memiliki jumlah inti lebih rendah daripada CPU tingkat tinggi. Ini dulu berarti bahwa Core i3 dimulai dengan prosesor dual-core, tetapi untuk generasi terbaru, jumlah inti tersebut telah naik menjadi empat pada desktop.

Core i3 dual-core sebelumnya juga cenderung memiliki empat utas, juga dikenal sebagai Hyper-Threading. Intel telah memilih untuk tidak menggandakan jumlah utas dalam generasi Core i3 baru-baru ini; sebagai gantinya, itu membangun CPU dengan empat inti dan empat utas.

Prosesor Core i3 juga memiliki ukuran cache yang lebih rendah (memori onboard). Mereka menangani RAM lebih sedikit daripada prosesor Core lainnya dan memiliki kecepatan clock yang bervariasi. Pada tulisan ini, prosesor desktop Core i3 generasi kesembilan memiliki kecepatan clock tertinggi 4,6 GHz; Namun, itu hanya Core i3-9350K high -end .

Core i5: The Lower Mid-Range

sejarah prosesor intel core i5, beserta kelebihan dan kekurangan intel core i5
Gambar Intel Core i5

Langkah maju dari Core i3 adalah Core i5. Di sinilah seringkali gamer PC pemburu barang murah mencari penawaran yang solid pada prosesor. Sebuah i5 biasanya tidak memiliki Hyper-Threading, tetapi memiliki lebih banyak core (saat ini, enam, bukan empat) daripada Core i3. Bagian i5 juga umumnya memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi, cache yang lebih besar, dan dapat menangani lebih banyak memori. Grafik terintegrasi juga sedikit lebih baik.

Anda melihat prosesor Core i5 baru dengan Hyper-Threading di laptop, tetapi tidak di desktop.

Core i7: The Top Takes a Step Back

Sejarah Intel Core i7 beserta kelebihan dan kekurangan intel core i7
Gambar Intel Core i7

Pada 2017, CPU Core i7 memiliki Hyper-Threading di desktop, tetapi generasi yang lebih baru tidak. Prosesor ini memiliki jumlah inti yang lebih tinggi (hingga delapan pada generasi kesembilan) dari pada i5, cache yang lebih besar, dan tonjolan dalam kinerja grafis, tetapi mereka memiliki kapasitas memori yang sama dengan Core i5 (walaupun, yang dapat berubah di masa depan).

Core i9: The New Leaders

review intel core i9, kelebihan intel core i9 dan kekurangan intel core i9
Gambar Intel Core i9

Core i9 ada di bagian atas paket Intel Core. Di sinilah Anda menemukan banyak prosesor berkinerja terbaik, seperti Core i9-9900K — favorit saat ini untuk bermain game.

Pada tingkat Core i9 di CPU generasi kesembilan saat ini, kita melihat delapan core, 16 thread, cache lebih besar dari prosesor Core i5, kecepatan clock lebih cepat (hingga 5 GHz untuk meningkatkan), dan satu lagi tonjolan dalam kinerja grafis. Namun, Core i9 CPU masih memiliki kapasitas memori maksimum yang sama dengan Core i5

Core X: The Ultimate


Intel juga memiliki serangkaian prosumen prosesor yang lebih mewah, desktop kelas atas (HEDT) untuk penggemar, gamer, pembuat konten, atau siapa pun yang membutuhkan tingkat kinerja tersebut.

Pada bulan Oktober 2019, Intel mengumumkan bagian Core X baru yang berkisar dari 10 hingga 18 core (Core i9s maksimal delapan). Mereka termasuk Hyper-Threading, dan jam boost tinggi, meskipun, belum tentu lebih tinggi dari CPU Core i9. Mereka juga memiliki jumlah jalur PCIe yang lebih tinggi dan dapat menangani lebih banyak RAM, dan mereka memiliki TDP yang jauh lebih tinggi daripada bagian-bagian Core lainnya.

Apa Yang Harus Anda Beli?

perbandingan antara intel core i3 dan intel core i5, perbandingan intel core i5 dan intel core i7, perbandingan intel core i7 dan intel core i9
Gambar Prosesor Intel Core i3, i5, i7

Penunjukan inti mengacu pada peningkatan relatif dalam generasi prosesor tertentu. Dengan bertambahnya jumlah Core, demikian juga kemampuan prosesor, termasuk jumlah core yang lebih tinggi, kecepatan clock lebih cepat, lebih banyak cache, dan kemampuan untuk menangani lebih banyak RAM. Di Core X, Anda juga biasanya mendapatkan lebih banyak jalur PCIe.

Jika Anda seorang gamer, cari Core i7 dan yang lebih tinggi. Anda pasti bisa bermain game dengan Core i5 yang lebih baru, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak pemeriksaan di masa depan dengan Core i7 dan yang lebih tinggi. Pembuat konten harus melihat CPU Core i7 dan Core i9, karena Anda akan menginginkan utas manis tersebut.

Untuk tugas sehari-hari, seperti penelusuran web, spreadsheet, dan pemrosesan kata, Core i3 akan menyelesaikan pekerjaan.

Sesuatu yang perlu diingat saat Anda berbelanja, tidak semua CPU Intel Core memiliki grafik terintegrasi. Prosesor ini diakhiri dengan "F" untuk menunjukkan bahwa mereka datang tanpa GPU, seperti Core i3-9350KF, i5-9600KF, dan i9-9900KF


EmoticonEmoticon