Wednesday, October 30, 2019

Pengertian dan Fungsi Cout di C++ Lengkap Dengan Contoh Program Fungsi Cout

Fungsi Cout di C++ - artikel kali ini akan membahas sungsi cout pada C dan C++, yang mana Fungsi Cout ini sangat fundamental dalam pembelajaran program, terutama pemograman dasar.  Fungsi Cout adalah kebalikan dari Fungsi Cin di c++. Untuk itu mari kita bahas secara lengkap mengenai Cout, dan begaimana penggunaannya dalam contoh program sederhana dev c++.

fungsi cout

Cout


Cout adalah intruksi atau perintah untuk mencetak, “out” yang memiliki makna “keluar”, “menampilkan”, “mengeluarkan” dan lain sebagainya. Yang artinya bahwa perintah Cout ini berfungsi untuk mencetak hasil ke output atau kelayar.

Fungsi Cout sama halnya dengan “Echo” dalam pemograman PHP, atau sama dengan print dalam program java, python, atau C++ itu sendiri.

Contoh Perintah Cout di C++


Agar kamu lebih paham lagi, mari kita contohkan dalam contoh yang sederhana agar mengetahui Fungsi Cout di c++.

Cout<<"Fungsi Cout dalam C++";

Maka akan memberikan perintah untuk menampilkan “Fungsi Cout dalam C++” ke dalam console.
Bisa kamu perhatikan bahwa, setelah kata “cout” di ikuti dengan tanda kurung siku dua kali (<<), kemudian untuk menampikan kata atau kalimat langsung bisa di tambahkan didalam tanda kutip dua (“ …. “) dan jika variable langsung, tidak perlu didalam tanda kutip dua, nanti di contoh bawah akan di sertakan dan akan lebih jelas. 


Header atau Preprosesor


Untuk bisa menggunakan perintah cout dalam c++, kamu harus menyertakan header yang sangat umum yaitu header iostream. Perhatikan bahwa header agak sedikit berbeda penulisannya pada Dev dan Turbo C. jika didalam Turbo C anda harus menulisnya dengan <iostream.h> sedangkan untuk Dev C++ anda hanya menuliskan <iostream>.

Baca Juga : Jenis-Jenis Header atau Preprosesor Yang Wajib Kamu Gunakan

Contoh program c++ Fungsi Cout.




#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
int a,b,c;
a=10;
b=40;
c=a*b;
cout<<"Hasil Perkaliannya adalah"<<c;
}

Berikut hasil program Fungsi Cout diatas

Fungsi Cout di Dev c++, contoh perintah cout dalam program c++
Gambar Contoh Program Fungsi Perintah Cout


Demikianlah pembahasan tentang fung Cout di c++, semoga artikel ini bisa berguna dan membantu anda dalam memahami apa fungsi cout dan bagaimana menggunakana cout dalam c++. Sekian dari penulis, terimakasih.


EmoticonEmoticon