Thursday, October 31, 2019

Pengertian dan Fungsi Cin Pada C++ Lengkap Contoh Perintah Cin pada C++

fungsi perintah cin pada c++

Fungsi Cin di C++ - artikel berikut ini adalah membahas tentang fungsi Perintah Cin pada C++ yang merupakan perintah dasar dan umum yang akan digunakan dalam bahasa pemograman c++ khususnya untuk pemula dasar yang belajar pemograman dasar dengan menggunakan bahasa pemograman c++.

Fungsi Cin pada C++


Fungsi Cin pada c++ adalah kebalikan dari perintah cout dalam c++, jika cout adalah perintah untuk menampilkan, maka Cin adalah perintah atau function untuk menerima input, baik angka ataupun bertipe string.  Yang artinya fungsi cin dalam c++ adalah sebagai masukan kedalam memori yang prosesnya dilakukan pada saat program dijalankan.

Bentuk Umum Perintah Cin pada C++


Bentuk umum perintah cin pada c++ sangat mudah dipahami dan di terapkan. Yang harus kamu pahami adalah penggunaan tanda  siku ( > ). Mari perhatikan bentuk umum perintah cin pada c++ berikut ini.

Cin>>variable;

Diatas adalah bentuk umum perintah cin pada c++, dari gambaran diatas terlihat fungsi cin adalah menerima input untuk variable.

Header Untuk Perintah Cin


Sama halnya dengan cout, Perintah Cin ini membutuhkan sebuah header, yaitu “iostream” yang merupakan header yang hampir selalu disertakan pada setiap program yang di bangun.

Contoh program C++ Penggunaan Cin


Untuk mengetahui lebih jelas fungsi cin dalam c++, tentu akan lebih mudah di mengerti melalui contoh langsung dalam program yang sederhana terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami.



#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
int a,b,c;
cin>>a;
cin>>b;
c=a*b;
cout<<c;
}

Dari contoh program diatas, perhatikan perintah “Cin>>” berarti menerima masukan. Sedangkan untuk menampilkan digunakan perintah cout.

Ketika program dijalankan, akan langsung tersedia Cursor untuk inputan pada console, itu berarti fungsi Cin bekerja yaitu untuk meneria inputan di c++.

Kamu bisa melakukan improvisasi dengan beberapa contoh program sederhana lainnya untuk menerima input string atau huruf.

Demikianlah pembahasan tentang fungsi cin pada c++, semoga artikel ini berguna dan membantu untuk memahami fungsi cin pada c++, dan bagaimana menerapkan perintah cin pada c++ dengan benar.


EmoticonEmoticon