Monday, September 9, 2019

Rumus Perkalian di Excel Otomatis dan Contoh Perkalian di Excel Banyak Kolom

Rumus Perkalian di Excel berguna untuk mencari hasil perkalian dari data tertentu yang ingin di kalkulasikan melalui perkalian di excel. Perkalian di excel biasanya selalu menggunakan rumus perkalian. Seperti pada umumnya, perkalian biasa digunakan menggunakan symbol atau operator kali yang ada dua versi, ada yang biasa menggunakan symbol x dan ada juga yang biasa menggunakan simbol bintang ( * ). Didalam Rumus Perkalian Excel tentunya wajib menggunakan symbol perkalian menggunakan lambing bintang ( * ).

perkalian di excel secara otomatis dengan menambahkan rumus perkalian di excel

Rumus Perkalian di Excel Otomatis


Rumus perkalian di excel otomatis sering menjadi bantuan tersendiri untuk mencari hasil perkalian tanpa kita harus membuka kalkulator dan memasukkan angka-angka yang akan di hitung hasil perkaliannya. Untuk rumus umum perkalian di excel seperti berikut ini.

=data1*data2*data3*….

Data tersebut bisa berupa nilai konstan atau nilai yang langung kita berikan pada saat rumus perkaliannya. Selain itu data bisa hasil select atau cell tertentu yang akan kita ambil nilanya untuk dilakukan perkalian di excel. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini.


rumus perkalian di excel 2007 untuk menghasilkan perkalian di excel secara otomatis
Gambar Rumus Perkalian Excel Secara Umum


Yang di tandai dengan panah hijau merupakan cell, alamat atau address yang nilainya diambil, yaitu nilai dari cell A1 dan dari Cell B1. Nah yang ditandai dengan panah merah merupakan nilai konstan kita berikan untuk menjadi peran tertentu dalam sebuah proses perkalian yang tentunya menentukan hasil yang kita inginkan.

Bagimana Dengan Rumus Perkalian Banyak Kolom? Sebagai contoh tadi merupakan contoh perkalian di excel antara dua kolom saja. Nah bagaimana dengan banyak kolom? Semisal kita akan mengalikan 5 kolom yang semuanya akan kita cari hasil perkaliannya.

Sebelum masuk dengan contoh, perhatikan dan ingat baik-baik rumus perkaliannya, cukup masukkan atau pilih data atau nilai mana yang akan kamu kalikan dan gunakan * (bintang) sebagai pengalinya.

Contoh Penggunaan Rumus perkalian Banyak Kolom


mencari hasil perkalian dengan menggunakan rumus perkalian di excel dengan banyak kolom
Gambar Rumus Perkalian di Excel

Diatas adalah rumus perkalian di excel dengan kategori banyak kolom walau masih 3 kolom saja, intinya sama saja. Yang perlu adalah cara untuk menggunakan rumus perkalian di excel. 

Bagaimana memulai membuat perkalian di excelnya? Untuk memulainya kita awali dengan tanda sama dengan ( = ) di cell yang kita pilih untuk menempatkan hasil perkalian. 

Nah, perhatikan kelas perkaliannya, yang mana terlebih dahulu di kalikan atau yang mana menjadi pasangan perkaliannya, atau jika tidak ada kelasnya langsung saja. Namun jika ada, pisahkan dalam dengan menggunakan tanda kurung seperti pada contoh diatas.

Artinya, jumlah bulan harus terlebih dahulu dikalikan dengan harga, setelah itu baru hasil perkaliannya di kalikan dengan tenor. Mungkin apabila tanpa itu juga akan sama hasilnya untuk contoh sederhana ini ya. Namun hal tersebut bisa saja sangat berguna  sekali untuk dilain waktu atau di lain case.

Ok kita lanjutkan lagi, setelah kita mengawali dengan tanda sama dengan, klik cell pertama (C7), setelah itu tambahkan symbol bintang dari keyboard, kemudian klik lagi cell D7 selanjutnya, tambah symbol bintang dari keyboard, klik lagi cell E7 atau masukkan angka dan begitu seterusnya. Dan untuk mengeksekusi hasilnya, tekan enter.


Hasil perkalian banyak kolom di excel tersebut seperti berikut ini


hasil perkalian di excel dengan menggunakan rumus perkalian otomatis di excel
Gambar Perkalian di Excel

Kemudian, untuk bari berikutnya berlaku rumus perkalian di excel otomatis, caranya tinggal drag ke bawah. Seperti gambar berikut ini.


Rumus dan perkalian di excel secara otomatis dengan menggunakan cara yang tepat
Gambar Membuat Hasil Perkalian Otomatis di Excel

Klik cell hasil pertama (1200000), arahkan mouse pada bagian yang ditandai dengan kotak hijau sampai muncul tanda tambah ( + ) warna hitam. Setelah muncul, klik kiri bagian tersebut dan tahan sembari tarik kearah bawah seperti di tunjuukan panah hijau. Setelah sampai pada baris terakhir, maka lepaskan klik tadi. Selesai.

Hasil perkalian dengan menggunakan rumus perkalian di excel otomatis
Gambar Hasil Perkalian di Excel


Bagaimana dengan perkalian dengan angka berkoma? Untuk perkalian dengan angka berkoma sebenarnya tidak ada perbedaannya dengan rumus perkalian excel diatas, yang terpenting yang harus kamu ketahui dan pahami adalah kelas perkaliannya, data mana yang terlebuh dahulu di kalikan.

Demikianlah pembahasan tentang rumus perkalian di excel otomatis diatas, semoga artikel ini berguna dan dapat membantu kamu untuk menyelesaikan persoalan dalam mencari rumus perkalian di excel dan cara menggunakan rumus perkalian tersebut untuk perkalian nilai konstan atau pun berdasarkan dari cell tertentu


Jika ada yang perlu disampaikan perihal topic rumus excel perkalian diatas, silahkan sampaikan melaui kolom komentar yang sudah kami sediakan.



EmoticonEmoticon