Friday, September 13, 2019

Fungsi Using Namespace Std di Dev C++ dan Contoh Tanpa Using Namespace Std dan Menggunakan Using Namespace Std

Fungsi Using Namespace Std dalam C++ masih jarang yang mengerti dan mengetahuinya, bahkan tidak jarang yang mengajarkan pemograman C++ tidak pernah menjelaskan pengertian Using Namespace Std dan Fungsi Penggunaan Using Namespace Std di C++ itu sendiri.

Mungkin bagi kamu yang baru belajar bahasa pemograman C++, terutama yang sering menggunakan compiler Dev C++ tidak akan pernah atau tidak asing dalam setiap program yang kamu buat di lampiarkan dibawah header atau Preprocessor baris yang berisi Using Namespace Std, sudah taukah kamu apa fungsi penulisan Using Namespace Std di bagian header tersebut? Atau kamu yang sudah lama bergelut dan belajar pemograman C++ juga sampai saat ini belum tau apa fungsi atau kegunaan Using Namespace Std?

Yuk…kali ini kamu akhirnya tau apa kegunaan Using Namespace Std di Dev C++, dan seperti apa program c++ apabila tidak menggunakan Using Namespace Std  dan yang tidak menggunakan Using Namespace Std.

Fungsi Using Namespace Std di Dev C++

Fungsi Using Namespace Std

Using Namespace Std adalah sebuah intruksi terhadap compiler untuk menggunakan semua fungsi yang terkait untuk kerangka yang sama, bisa berupa berkas, class, dan sejenisnya yang berkaitan dengan std.  sehingga fungsinya ialah berguna untuk meminimalisir kesalahan akbiat tidak dikenalinya fungsi cout dan cin apabila dalam penulisan secara langsung. 

Pada umumnya, penulisan perintah cout dan cin sebenarnya adalah std::cout atau std::cin namun dengan adanya pengunaan Using Namespace Std sehingga kamu tidak perlu menuliskan std:: lagi, contoh tersebut sangat singkat dan mungkin anda berfikir tidak terlalu repot.

Diatas hanya std::cout, bagaimana apabila "std::cout<<" Kegunaan Using Namespace Std "<<std::endl;  

Perhatikan, untuk penulisan endl saja harus perlu penyertaan Using Namespace Std, itu hanya satu baris yang sangat singkat, bagaimana jika 100, 1000, atau 1000 baris? Tentu sangat rawan terjadinya kekeliruan dan tentu akan memakan space yang tidak tertata juga.

Contoh Program C++ Tanpa Using Namespace Std



#include <iostream>
int main()
{
std::cout<<"Belajar Program C++ Bersama Anakit"<<std::endl;
std::cout<<Fungsi Using Namespace Std;

return 0;
}


Tak hanya untuk penggunaan cout, cin, endl saja perlu menyertakan std:: apabila tidak menggunakan Using Namespace Std, namun hampir keseluruhan syntax, fungsi, class yang diperluakan dalam c++ membutuhkan std:: apabila tidak menggunakan Using Namespace Std.

Baca Juga : Fungsi Return 0 dan 1 Dalam C++ Yang Wajib Kamu Ketahui

Contoh Program C++ Dengan Using Namespace Std




#include <iostream>

Using namespace std;

int main()
{
cout<<"Belajar Program C++ Bersama Anakit"<<endl;
cout<<Fungsi Using Namespace Std;

return 0;
}

Diatas adalah 2 contoh sederhana tentang penggunaan Using Namespace Std, dari fungsi Using Namespace Std, dan contoh program c++ dengan Using Namespace Std dan contoh program c++ tanpa Using Namespace Std.

Demikianlah pembahasan singkat tentang fungsi Using Namespace Std di Dev C++, semoga artikel ini berguna dan membantu.


EmoticonEmoticon