Friday, August 2, 2019

Membuat Validasi Apabila Input Type File Masih Kosong di HTML dan PHP

Validasi Form Input Type File di HTML - Artikel kali ini akan membahas mengenai pembuatan validasi input type file masih kosong di html dan php. Input type file yang masih kosong apabila dilakukan submit akan memberikan pesan dan submit tidak dapat dilakukan selama input type file belum di pilih atau masih kosong.

Membuat validasi form input type file kosong sangat di perlukan dalam form html, mengingat meminimalisir terjadinya human error yang menyebabkan input data tidak sempurna karena masih ada input yang masih kosong dan data terkirim.

Untuk membuat pengecekan apakah file sudah dipilih atau belum pada form input bertipe file, lebih sering mengandalkan attribute bawaan html, attribute ini berlaku untuk semua input type di html.

Validasi form di html juga bermacam-macam, bisa menggunakan Jquery atau cukup hanya menggunakan attribute saja.

Validasi Form HTML Input Type File Masih Kosong.


Untuk attribute yang biasa digunakan dalam mengecek input masih kosong atau tidak adalah attribute “Required”. Attribute ini sederhana namun perannya tidak bisa di ragukan lagi dalam memvalidasi ketentuan form yang dibuat dimana yang harus di turuti oleh si pengguna sistemnya nanti

Bentuk penulisannya dalam memvalidasi input type file masih kosong atau tidak adalah seperti dibawah ini.

<input type="file" name="file" id="file" required>

Sangat sederhana, namun perannya tidak kalah dengan fungsi javascript dalam memvalidasi form html khususnya dalam validasi input type file masih kosong. Apa pun yang dilakukan user nantinya, selama file belum dipilih, tidak akan bisa melakukan submit pada form html.

Contoh Program HTML Validasi Form Input Type File


<html>
<head>
<title>Validasi Form HTML</title>
</head>
<body>
<form>
<input type="file" name="file" id="file" required>
<input type="submit" name="simpan" value="simpan" id="submit">
</form>
</body>
</html>

Diatas adalah contoh sederhana dalam membuat validasi terhadap input type file masih kosong atau tidak. Sebagai hasilnya seperti gambar berikut ini.


Cara agar input type file tidak boleh kosong, sehingga file harus dipilih
Gambar Validasi Untuk Input Type File

Perhatikan dengan yang ditandai dengan kotak merah pada gambar diatas, ketika file belum ada dipilih, dan dilakukan submit (dalam hal ini adalah simpan), maka akan memberikan pesan “Please Select a File”. Jadi tidak akan dapat melakukan proses selanjutnya selama file belum dipilih.

Kamu bisa mengganti kata-kata “Please Select a File” sesuai dengan keingin kamu akan menampilkan pesan apa terhadap validasi input type file di project yang kamu buat.


Demikianlah pembahasan tentang membuat validasi form input type file di html agar dapat mengecek file sudah dipilih atau belum, dan dapat mencegah human error yang terjadi karena file belum di pilih pada form input di html.


EmoticonEmoticon