Thursday, August 15, 2019

Cara Masuk Safe Mode Windows 10, 8, dan 7 dan Alternatif Jika Tidak Bisa Masuk Safe Mode

Artikel kali ini membahas mengenai cara masuk safe mode windows 10 yang mana juga berkaitan dengan cara masuk safe mode di windows 8 dan cara masuk safe mode windows 7. Karena perbedaan windows tidak mempermasalahkan cara masuk ke safe mode. Karena untuk masuk ke safe mode itu sudah di tentukan dari pabrikan atau brand untuk tombol kombinasi masuk kedalam safe mode setiap produk-produknya, meskipun nantinya si pengguna menganti-ganti Operating System yang digunakan, namun tombol kombinasi akan tetap sama.

Untuk Cara masuk safe mode hampir semuanya sama untuk tombol kombinasinya, terkadang ada yang mengira masuk safe mode dari bios aja yang bisa, ternyata tidak. memang sudah disediakan untuk bisa masuk safe mode. namun sebelum kita ke langkah cara masuk safe mode di windows, ada baiknya pahami ke dua point dibawah ini.

Arti Safe Mode


jika di artikan dari kata Safe Mode adalah Mode Aman, artinya ketika kita masuk dalam safe mode, maka yang akan dijalankan hanya program penting atau pun layanan penting saja, dengan kata lain startup dari program-program yang tidak penting akan diabaikan saat boot dan salah satunya yang tidak akan dijalankan ialah meload driver yang terpasang di HDD atau Penyimpanan Laptop atau Komputer.

Fungsi Dan Tujuan Safe Mode

Untuk masuk kedalam safe mode di windows, baik itu windows 7, 8, dan 10. kita harus mengerti dulu apa fungsi safe mode agar tidak salah kaprah atau salah penggunaan. fungsi safe mode biasanya ialah untuk mendiagnosa operating system, kemudian memperbaiki masalah gagal boot, memperbaiki masalah driver yang tidak berfungsi, menghapus program jahat atau aplikasi jahat secara meyeluruh (sesuai dengan tindakan kita untuk menghapusnya) dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi 0% available plugged in, charging Pada Laptop Melalui SAFA MODE

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10, 8 dan 7.

  • Langkah Pertama, Kamu matikan atau shutdown saja dulu Laptop atau Komputer kamu.
  • Langkah Kedua, tekan tombol power atau hidupkan laptop atau komputer kamu
  • Langkah Ketiga, setelah kamu menekan power pada langkah kedua, segera tekan tombol F8 pada keyboard laptop atau komputer kamu secara berulang-ulang sampai muncul tampilan seperti berikut ini.
cara masuk safe mode di windwos 10
Gambar Masuk Safe Mode Windwos 7
  • jika tidak muncul juga seperti tampilan diatas, dan tetap masuk ke windwos secara normal, ulangi langkah satu sampi tiga, namun pada langkah ketiga, yang tadinya hanya menekan tombol F8, kini coba dengan kombinasi Tombol Fn+F8 secara bersamaan dan di tekan berulang-ulang.
  • setelah tampil seperti gambar diatas, biasanya yang di gunakan adalah pilihan SAFE MODE paling atas seperti yang ditandai pada gambar diatas, untuk memilih menu yang tersedia bisa dengan menggunakan tombol arah pada keyboard, untuk mengeksekusi pilihan tekan Enter.
  • setelah kamu memilih dan menekan enter, maka akan tampil seperti tampilan Command Prompt untuk menjalankan layanan yang penting saja.
  • setelah selesai, maka akan masuk kedalam windows dalam safe mode yang tampilannya jadul dan mirip seperti windows XP.. selesai. kamu tinggal melakukan apa yang ingin kamu lakukan untuk masuk ke safe mode di windows.

Memaksa Masuk Safe Mode di Windows

terkadang mungkin langkah diatas tidak bisa berhasil untuk bisa menampilkan pilihan safe mode, mungkin karena driver keyboard tidak support ke laptop atau komputer jadi tidak bisa menekan tombol kombinasi, atau salah satu tombol tersebut sudah tidak berfungsi lagi. dan lain sebagainya. namun masalah itu masih bisa kita cari alternatif untuk masuk safe mode di windows yaitu dengan memaksa ketika dihidupkan atau direstart akan langsung masuk dalam safe mode. berikut alternatif cara masuk safe mode windows 10 dan lainnya.

Pertama, masuk ke windows secara normal atau seperti biasa, buka System Configuration, kamu bisa mencarinya dari tombol Start dan ketikkan System Configuration seperti gambar dibawah ini.

apabila tidak bisa masuk safe ke safe mode atau safe mode tidak tampil, maka ada berikut alternatif masuk ke safe mode di windows
Gambar Masuk System Configuration

sesudah masuk akan tampil seperti gambar berikut ini

alternatif cara masuk safe mode di windows
Gambar Setting Auto Masuk Safe Mode

masuk pada tab "boot" dan centang "Safe Boot" dan biarkan pilihan pada "Minimal", setelah itu tekan Apply. kemudian kamu tinggal restart komputer atau laptop kamu. 


hal diatas berfungsi juga ketika kamu ingin masuk ke safe mode secara berulang-ulang karena ada sesuatu hal untuk melakukan restart dan kembali lagi ke safe mode untuk beberapa kali. sehingga tidak sibuk harus segera menekan tombol kombinasi untuk masuk ke safe mode.

untuk masuk ke safe mode melalui cara biasa, untuk keluar safe mode windows 10, 8, dan 7 semuanya sama saja, tinggal restart aja komputer atau laptop kamu. namun untuk cara alternatif diatas agar tidak masuk lagi secara otomatis ke safe mode, kamu buka kembali system configuration, kali ini di safe mode juga bisa, nah hapus centang  pada "Safe Boot" tadi. 

Demikianlah panduan cara masuk safe mode windows 10, masuk safe ke safe mode windows 8, dan masuk safe mode di windwos 7. semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon