Wednesday, August 28, 2019

Rumus dan Cara Mencari Nilai Rata-Rata di Excel Dengan Average

Rumus Rata-Rata Di Excel berguna untuk mengambil atau menentukan hasil tengah dari keseluruhan nilai atau dari gabungan beberapa nilai tertentu, Mencari Rata-rata di excel tidaklah sulit jika dibandingkan dengan membuat program atau membuat secara manual melalui kalkulator. Rumus Rata-rata Excel berbeda dengan mencari Nilai Jumlah Tertbanyak atau terbesar, namun rata-rata disini adalah untuk melihat hasil dari keseluruhan penjumlahan nilai di bagi dengan jumlah index atau jumlah data.

rumus rata-rata di excel

Semisal ada urutan angka : 10, 9, 7, 8, 4, 6, 9

Diatas jumlah index atau jumlah nilainya adalah 7. Untuk jumlah nilainya adalah 53. Dan untuk rata-ratanya adalah 7,57. Dari mana didapat nilai rata-rata tersebut, jika kamu belum mengetahui cara mencari nilai rata-rata, maka Rumus Mencari Nilai Rata-rata secara umum adalah sebagai berikut ini.

Nilai Rata-Rata = Hasil Penjumlahan Nilai / Jumlah Index/data

Seperti yang sudah dijelaskan pada contoh diatas dimana perbedaan Hasil Penjumlahan Nilai dan Jumlah Index. Sehingga didapatlah nilai rata-rata.

Tentunya dalam mencari Nilai Rata-rata di Excel ada sedikit perbedaan dalam penulisan rumusnya, namun pada hakikatnya tetap mengacu pada rumus umum diatas, hanya saja sudah disediakan secara tersendiri Function untuk mencari rata-rata di excel.

Rumus Rata-Rata Excel


Untuk rumus rata-rata excel menggunakan Fungsi “AVERAGE” jika di artikan dalam bahasa Indonesia arti AVERAGE ialah “Rata-rata”.  Fungsi ini di kombinasikan terlebih dahulu dengan tanda sama dengan ( = ) dan Cell / nilai mana yang akan menjadi patokan untuk di cari nilai rata-ratanya. Kira-kira rumus Rata-rata di Excel seperti berikut ini

“=AVERAGE(nilai1;nilai2;nilai3;…)” atau  “=AVERAGE(cell1; cell2; cell3;…)”

Diatas adalah rumus mencari nilai rata-rata di excel secara umum, dimulai dengan tanda sama dengan (=), dan kemudian dilanjutkan dengan “Average” kemudian didalam kurungnya adalah value yang akan dicari rata-ratanya. 

Agar lebih jelas, kita masuk didalam contoh sederhana untuk lebih memaksimalkan maksud dari penjelasan diatas agar kamu bisa mengerti cara atau Rumus Rata-rata di excel dengan mengimplementasikan langsung didalam contoh seperti berikut ini.


rumus mencari nilai rata-rata di excel dan cara mencari rata-rata di excel
Gambar Data Untuk Dicari Rata-rata di excel

Semisal kita mempunyai data seperti gambar diatas, yang mana kita akan mencari rata-rata di excel dengan rumus “Average”. Terdapat 10 jumlah datanya dan data pertama adalah 35, data kedua dalah 45 dan seterusnya sampai data ke-10. Dibawahnya akan menjadi tempat nilai rata-ratanya. Pertama klik pada cell dimana kamu akan menempatkan hasil rata-ratanya. Seperti pada gambar diatas berarti tepat dibawah angka 56. Setelah itu ketik tanda sama Dengan (=) dilanjutkan dengan menambah “AVERAGE(“ seperti gambar berikut ini


cara mencari nilai rata-rata di excel dengan rumus rata-rata excel menggunakan average
Gambar Menulis Rumus Rata-rata di excel


Jadi ketikannyan adalah “=AVERAGE(“ nah akan muncul panduan dibawahnya yaitu number1; number2; dan seterusnya. Coba deh kamu perhatikan pada yang ditandai dengan kotak hijau pada gambar diatas, SUM? Ya… seperti yang saya sampaikan diatas tadi bahwa walaupun menggunakan Average, tetap rumus umum yaitu data di jumlahakan terlebih dahulu di lakukan yaitu dengan menggunakan SUM.

Baik kita ke point utama lagi. Kamu bisa menggunakan secara lambat dalam memilih cell mana yang akan kamu cari nilai rata-ratanya. Caranya….

Jika Hasil Rata-rata ingin di tampilkan dalam sheet lain atau beda sheet, gunakan rumus pengambilan data dari sheet lain


Setelah kamu menuliskan “=AVERAGE(“ (tanpat kutip) langsung klik cell pertama atau data pertama, nah agar bisa data berikutnya terpilih kamu tambahkan dahulu tanda titik koma (;) setelah data pertama, kemudian pilih data kedua, begitu seterusnya. Seperti gambar berikut ini.


Cara Penulisan rumus rata-rata di excel 2007 excel 2010, dan excel 2013 seterusnya
Gambar Memilih data untuk di cari nilai rata-rata

Setalah buka kurung, langsung saya klik nilai 35 (pada cell C4), kemudian saya tambah titik koma ( ; ), dan saya klik lagi nilai 45 (terletak pada Cell C5), kemudian saya tambah dengan titik koma (;),  saya klik lagi nilai 44 dan begitu seterusnya sampai data terakhir, dan setelah data terakhir kamu klik atau pilih, langsung tekan Tombol ENTER di keyboard kamu dan hasilnya seperti berikut ini.


cara mendapatkan rata-rata di excel dengan rumus rata-rata di excel
Gambar Hasil Mencari Nilai Rata-Rata di Excel


Diatas adalah rumus rata-rata excel secara manual untuk memasukkan nilai-nilanya, jika datanya tersusun rapi seperti gambar diatas atau dalam bentuk penyamping juga seharusnya tidak serumit itu, karena  kebetulan diatas hanya ada 10 data, bagaimana dengan 100, 1000, 10.000 data tersusun kebawah? Pasti cara tadi akan terasa rumit dan justru akan memperlambat, bukan mempercepat mencari rata-rata di excel. Untuk itu kita ambil solusinya denan “Select” yaitu dengan Klik kiri + select datanya. 


cara cepat mendapatkan nilai rata-rata di excel dengan menggunakan rumus average dalam mencari nilai rata-rata
Gambar Mencari Nilai Rata-rata dengan Cepat


Setelah kamu menuliskan “=AVERAGE(“ (tanpat kutip), klik kiri pada mouse/touchped dan tahan pada nilai awal yaitu 35 sambil tarik kearah bawah (tetap menahan klik kiri) hingga terselect ke data terakhir dan kemudian lepaskan. Maka akan terbentuk seperti yang di tandai dengan kotak birus tersebut.


Atau jika kamu kurang mengerti dengan cara select tersebut karna kurang terbiasa, kamu bisa menggunakan cara simple yaitu dengan  cara Setelah kamu menuliskan “=AVERAGE(“ (tanpat kutip), klik data awal (nilai 35), jika di cara lambat kita membah titik koma ( ; ), maka kita ganti dengan titik dua ( : ). Setelah kita mengetik titik dua tadi, akan otomatis langsung tertulis juga cell data awal, maka kita hapus jangan ikut titik duanya, dan klik/pilih data terakhir. Maka akan otomatis terselect semuanya. Tinggal enter, dan nilai rata-rata didapat. 

Demikianlah pembahasan kali ini tentang rumus rata-rata excel dan cara menggunakan rumus rata-rata di excel dengan benar dan baik, jika ada yang ingin disampaikan. Silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia atau melalui halaman Fanspage kita yang sudah tertera pada halaman ini. 



EmoticonEmoticon