Wednesday, August 21, 2019

Rumus Penjumlahan di Excel dan Bentuk-Bentuk Penjumlahan Excel 2007,2010, 2013, dan 2016

penjumlahan di excel

Rumus Penjumlahan di Excel sering kali dibutuhkan mengingat fungsi microsoft excel kerap kali digunakan untuk data yang mangandung angka dan tidak lepas dengan aritmatika salah satunya ialah Penjumlahan di Excel, cara penjumlahan di excel juga menentukan hasil dari penjumlahan. penjumlahan di micorosft excel ini sama saja apabila digunakan untuk semua versi microsoft excelnya bisa excel, baik itu excel 2007, 2010, 2013 dan 2016. Rumus Excel Penjumlahan adalah hal yang sederhana, namun sebelumnya simak dulu hal penting berikut ini.

Bentuk-Bentuk Penjumlahan di Excel


Mengenai bentuk-bentuk penjumlahan di excel ini bergantung pada data yang dijumlahkan itu seperti apa bentuknya atau posisi penjumlahan itu seperti apa. ada Cara Menjumlahkan ke Samping di excel atau menjumlahkan antar kolom, kemudian Cara Menjumlahkan ke Kebawah di excel, atau Cara Menjumlahkan dari beberapa cell yang tidak beraturan di excel,atau malah Cara Menjumlahkan data antar sheet di excel.

Jenis Data Yang Dijumlahkan di Excel

Data yang di jumlahkan di excel tentunya adalah data bertipe numerik (angka), angka disini bisa apa saja, bisa bilangan bulat, negatif, bilangan berkoma, atau malah mata uang atau Currency. untuk data yang angka namun tipenya adalah text, date,dan sejenisnya tidak akan bisa di jumlahkan di excel.

Rumus Penjumlahan di Excel


Untuk rumus penjumlahan di excel juga ada dua macam cara dan fungsinya. jika kita ingin menjumlahkan dari cell yang tidak beraturan dan kolom yang tidak beraturan dan untuk penggunaan sum tidak bisa karena ada data lain yang akan terikut, biasa hanya menggunakan operator penambahan atau "+" jika ingin menjumlahkan satu kolom secara rapi atau baris secara rapi susunan datanya, kita menggunakan rumus "SUM".

untuk penjumalahan di excel kita mulai dengan penjumlahan biasa atau sederhana yang biasa penjumlahan ini antar dua atau tiga cell. berikut cara penjumlahan di excel bentuk yang pertama.

Rumusnya Seperti ini : "=Cell_data1 + Cell_data2 + Cell_data3 + ...." Sampai seterusnya.


Rumus Penjumlahan di Excel
Contoh Kasus Penjumlahan di Excel

Dari gambar contoh sederhana pada gambar diatas, semisal kita ingin menjumlahkan angka 20 dan 34, posisinya tidak beraturan, dan apabila kita menggunakan sum tidak msalah, namun jika sum biasanya digunakan untuk mencari TOTAL.

Dari contoh diatas bisa kita gunakan rumus dan cara menjumlahkan sebagai berikut. 

Pilih di cell mana kamu ingin meletakkan hasil penjumlahan tersebut, semisal dari gambar diatas kita ingin menempatkan hasil penjumlahan di E3. setelah itu ketik "=" dari keyboard laptop atau komputer anda, seperti berikut ini

memulai untuk membuat Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Memulai Penjumlahan di excel

nah, setelah kamu mengetik tanda sama dengan seperti gambar diatas, arahkan mouse pada data pertama, dilanjutkan dengan mengetik atau menambah "+" dari keyboard laptop sehingga akan seperti berikut ini


mimilih cell yang akan dijumlahkan di excel
Gambar Rumus Penjumlahan di excel

setelah menambahkan opreator penjumlahan, kemudian klik lagi data kedua pada yaitu angka 34, sehingga akan seperti berikut ini. 

cara menjumlahkan banyak data di excel
Gambar Menjumlahkan di Excel

Kebetulan pada kali ini contohnya adalah 2 cell yang akan dijumlahkan, maka langsung saja tekan Enter pada Keyboard laptop atau komputer anda. jika kamu ingin menambah pada cell-cell yang lain, yang tidak memungkinkan untuk menggunakan sum karena ada angka yang tidak bisa ikut dijumlahkan, maka kamu bisa tinggal menambahkan aja seperti cara dan rumus diatas.


Kita masuk pada contoh lain dalam menjumlakan kesamping di excel dan rumus excel menjumlahkan menurun. contohnya kita punya data seperti berikut ini.

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Contoh Kasus 2 Penjumlahan di Excel

Jumlah adalah hasil dari penjumlahan dari A, B, dan C yang tentunya penjumlahan mengarah kesamping. kemudian Total adalah penjumlahan dari hasil Jumlah secara menurun.

langkah awal kita jumlahkan satu baris terlebih dahulu dengan cara seperti cara awal tadi seperti berikut ini.

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Penjumlahan menyamping

setelah itu tekan "Enter" dan akan otomatis menjumlah dengan sendirinya yang mana seharunya hasilnya adalah 10 untuk baris pertama dari pernjumlahan Cell B3 berisi angka 3 ditambah dengan  Cell C3 berisi angka 4, dan Cell D3 berisi angka 3. 
Rumus Penjumlahan di Excel

kemudian, untuk penjumlahan selanjutnya tidak perlu lakukan cara diatas secara manual, cukup arahkan mouse kamu ke yang ditandai pada kotak dan panah merah secara tepat sekali di sudurnya sampai muncul tanda "+" dengan warna hitam (bukan putih gemuk). setelah muncul tanda "+", Klik Kiri dan tarik sampai kebawah dimana batas yang ingin dijumlahkan. makan akan secara otomatis dilakukan penjumlahan untuk baris-baris berikutnya seperti gambar berikut ini.

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Rumus Mencari Total di Excel

Selanjutnya adalah mencari total dengan menjumlahkan secara murun, klik pada cell sebagai tempat hasil total penjumlahann, kemudian ketik "=SUM" (tanpa petik) sehingga akan muncul disampingnya pilihan, double klik yang bertulisan "SUM" seperti ditandai dengan kotak hitam pada gambar diatas, dan hasilnya seperti berikut ini

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Rumus Mencari Total

Selanjutnya, Klik kiri dari angka atas yaitu angka sepuluh dari penjumlahan baris pertama, jangan dilepas kliknya. tarik kebawah sampai ke baris terakhir  yaitu angka 22 sambil masih menekan tombol kiri mouse. setelah sampaipada baris terakhir. lepaskan. akan seperti gambar berikut ini.

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Mencari Nilai Total di Excel

artinya setelah "=SUM(" langsung klik kiri pada tanda panah hitam, sambil ditahan tarik ke arah bawah seperti yang ditandai dengan panah merah. lepaskan. dan tekan Enter pada keyboard. hasilnya adalah 186.

namun apabila kita hanya perlu mencari total dari keseluruhan tanpa tau jumlah perbaris, cukup kita gunakan cara berikut ini.

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Bentuk Lain Menjumlahkan di Excel


Kita akan menjumlahkan keseluruhannya untuk mencari total berapa semuanya. maka kita gunakan juga rumus "=SUM(" kemudian klik kiri dan tahan pada sudut  kiri atas dan tarik sampai sudut kanan bawah seperti gambar dibawah ini

Rumus Penjumlahan di Excel
Gambar Menjumlahkan Keseluruhan Dengan Cepat

Lepaskan, kemudian tekan "Enter" pada keyboard. selesai 

Demikianlah pembahasan tentang cara penjumlahan di excel dan rumus menjumlahkan di excel, semoga artikel ini berguna dan membantu.


EmoticonEmoticon