Tuesday, August 13, 2019

Pengertian Algoritma, Sejarah, Fungsi, dan Perbedaan Algoritma dan Program (Lengkap Dengan Flowchart dan Program)

Pengertian Algoritma adalah prosedur dan langkah-langkah yang sifatnya sistematis namun juga logis yang berjtuan untuk memecahkan suatu rangkaian kerja atau masalah secara berurutan sehingga mencapai tujuan utamanya. Algoritma adalah hal yang mutlak untuk di tanamkan didalam sebuah sistem entah itu program java, python, c, php, javascript, dan bahasa program lainnya.

pengertian dan sejarah algoritma pemograman

Pengertian Algortima


Pengertian algoritma sendiri sebenarnya banyak penjabarannya, tergantung sudut pandang kita meimplementasikannya kedalam sebuah kasus yang nantinya kita bisa mengambil intirasi dari kegunaan dan fungsi algoritma itu. Diawal tadi sudah di sampaikan pengertian algoritma yang mungkin sudah sangat umum, nah bagaimana kalau menurut saya pengertian algoritma adalah aturan yang sistematis dan logis yang testruktur untuk menyelesaikan case, kasus, masalah. Saya pikir juga masih terhubung dengan benang merah tentang pengertian algoritma.

Pengertian algoritma menurut para ahli sebenarnya merujuk pada point di paragraf pertama, berbeda ahli namun benang merahnya tetap itu-itu saja

Pengertian algoritma merupakan hal dasar yang harus kamu ketahui jika ingin membangun sebuah sistem kecil, menengah, atau besar, karena didalam algoritma tersebut yang menjadi sorotan terbesar apakah suatu sistem mampu di andalkan dalam memecahkan persoalan, sehingga menjadikan sistem aman, nyaman, dan bisa di kendalikan oleh administrator.

Algoritma sendiri banyak macamnya, terutama didalam pemograman, algoritma pemograman tidaklah sama, beda pengembang sistem bisa saja beda algoritma meski sistem yang dibangun sama. Seperti dijelaskan tadi, algoritma adalah urutan dari langkah-langkah secara sistematis dan logis. Yang tujuannya memecahkan masalah dan menjadikan tujuan itu tercapai dengan jalan yang berbeda. 


Sejarah Algoritma


Taukah anda, bahwa algoritma sebenarnya berasal dari seseorang yang bernama Abu Ja`far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi? Ya. Dia adalah seorang penulis dari Uzbekistan. dia dikenal dengan sebutan algorism. Beliaulah yang menjadi dasar yang namanya algoritma, dari hasil penemuan-penemuan ilmu matematika dimana algoritma sendiri tidak lepas yang namanya mathematic. Sebenarnya kata algoritma memiliki  makna aturan-aturan dalam mathematic dimana fungsinya untuk memecahkan masalah menggunakan bilangan angka numeric. 

Itu makanya pada pengertian algoritma terdapat point “sistematis”, dimana seseorang yang ingin membangun atau menerapkan algoritma yang baik harus menguasai dasar matematika yang baik pula.

Fungsi Algoritma


Mengenai fungsi algoritma sudah sangat jelas disampaikan diatas,  yaitu untuk memecahkan masalah, menyelesaikan prosedur dan lain sebagainya. Namun algoritma juga berfungsi untuk mengamankan alur kerja sebuah sistem agar tidak bisa diakses melalui jalur yang tidak diinginkan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, lebih tepat untuk meningkatkan security. Algoritma juga berfungsi untuk memaksimalkan kinerja, memperbaiki jalur kerja dan menentukan hasil. Dan mungkin masih banyak lagi

Perbedaan Algoritma dan Program


Mungkin sebagian orang masih bingung mengenai hal ini, yaitu apa perbedaan algoritma dan program? Pertanyaan yang sederhana namun manfaat pertanyaan mengenai perbedaan algoritma dan program sangat penting, ini adalah dua hal yang berbeda dan dua hal yang saling berkesinambungan. 

Algoritma merupkan LOGIKA, saya tekan lagi yaitu “LOGIKA”, algoritma merupakan logika jalannya program, logika cara kerja program, logika dari cara pemecahan masalahnya. Sedangkan program merupakan implementasi dari algoritma tersebut. Logika,  aturan, langkah-langkah tadi dituangkan kedalam yang namanya program. 

Didalam program bisa terdapat algoritma, bisa satu algoritma, dua, tiga, dan seterusnya tergantung seberapa kompleks program tersebut. Namun didalam algoritma belum tentu ada progam!. Jadi algoritma bisa saja bagian dari program, namun program belum tentu bagian dari algoritma.


Tahap Pembelajaran Algoritma


Jika kamu yang akan menjalani pendidikan untuk dunia IT khususnya, kamu akan menghadapi yang nama Algoritma, bisa saja algoritma pemograman. Dan point penting dalam pembelajaran algoritma ialah logika atau ekspresi logika. Sangat penting jika bisa fokus terhadap yang namanya logika, karna disinilah logika kamu akan menentukan jalan atau langkah-langkah yang tepat untuk mencari jalan keluar masalah, dengan langkah-langkah yang lebih baik dan kompleks tanpa ada titik lemah yang menjadi celah untuk merusak sistem.

Nalar atau logika akan menentukan kemampuan kamu untuk membangun program, mengimplementasikan kasus dalam kehidupan dalam bentuk program membutuhkan nalar dan logika yang kuat yang merupakan bagian dari algoritma. 

Contoh Algoritma Pemograman


Berikut ini adalah contoh algoritma pemograman yang didasarkan pada logika program, dimana kamu bisa menggali setiap langkah-langkah yang harus di lakukan program sampai program menyelesaikan masalah tersebut.

Contoh Algoritma 1

contoh algoritma pemograman
gambar contoh algoritma

diatas adalah contoh soal algoritma pemograman dimana contoh algoritma diatas akan di implementasikan dalam bentuk flowchart dan dalam bahasa program c++. berikut dibawah ini adalah flowchart contoh algoritma.

contoh algoritma flowchart program
Flowchart Contoh Algoritma

Nah, contoh soal algoritma tadi dimana ada terdapat logika-logika yang akan di tuangkan dalam sebuah program, dimana logika-logika dan langkah-langkah sudah tergambarkan dalam bentuk flowchart. sehingga dapat kita buat programnya seperti beriktu ini.




#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
 string paket,nama,tidak,pesan;
 int lama, total_tambahan, total_pembayaran,harga,biaya_tambahan,hari;

cout<<"-------------------- Biro Perjalan AZKA DAIYANA --------------------"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"| 1. Nama Peserta   : ";cin>>nama;
cout<<"| 2. Paket Tour     : ";cin>>paket;
cout<<"| 3. Lama Bepergian : ";cin>>lama;
if (paket=="singapore")
 {
  harga=1200;
  biaya_tambahan=100;
  //cout<<"Harga Paket US$ :"<<harga<<endl;
 }else if (paket=="thailand")
  {
  harga=1500;
  biaya_tambahan=150;
  //cout<<"Harga Paket US$:"<<harga<<endl;   
  }else if (paket=="hongkong")
   {
   harga=2000;
   biaya_tambahan=200;
   //cout<<"Harga Paket US$:"<<harga<<endl;
   }else
    {
    harga=0;
    biaya_tambahan=0;
    tidak="tidak ada";
    //cout<<"Tidak Termasuk Dalam Paket Tour!!!"<<endl;  
    }
if (lama > 7)
{
 total_tambahan=biaya_tambahan*(lama-7);
 //cout<<"biaya tambahan US$ :"<<total_tambahan<<endl;
}else{
 total_tambahan=0;
 //cout<<"biaya tambahan US$ :"<<total_tambahan<<endl; 
}
{

total_pembayaran=harga+total_tambahan;
//cout<<"Total Pembayaran US$ :"<<total_pembayaran<<endl;
if (lama<=7){
 hari=0;
 }else{
 hari=lama-7;
 }
if (tidak=="tidak ada")
   {
    pesan="tidak ada";
   }else{
    pesan="";
   }
cout<<"                       ________________________________________________"<<endl;
cout<<"                                                                       "<<endl;
cout<<"                       Nama Peserta            : "<<nama<<endl;
cout<<"                       Paket Tour              : "<<paket<<" "<<pesan<<endl;
cout<<"                       Harga Paket/7hari       : US$ "<<harga<<endl;
cout<<"                       Lama Bepergian          : "<<lama<<" Hari"<<endl;
cout<<"                       Tambahan Hari           : "<<hari<<" Hari"<<endl;
cout<<"                       Biaya Tambahan          : US$ "<<total_tambahan<<endl;
cout<<"                       Total Pembayaran        : US$ "<<total_pembayaran<<endl;
cout<<"                       ________________________________________________"<<endl;
}
}
Contoh Program Algoritma

contoh algoritma pemograman dengan menggunakan bahasa c++
gambar contoh algoritma pemograman

Diatas adalah hasil dari soal dan dituangkan dalam bentuk flowchart yang mana menjadi patokan menjadi panduan untuk membuat algoritmanya dalam program tersebut.

Demikianlah pembahasan kita kali ini, dimana kita akhirnya tau dan mengerti mengenai pengertian algoritma, funsg algoritma, contoh algoritma dan lain sebagainya. semoga artikel ini bisa berguna dan membantu


EmoticonEmoticon