Saturday, August 10, 2019

Panduan Cara Mengambil Data Dari Sheet Lain di Excel 2007, 2010, 2013 Dengan Benar dan Lengkap

Mengambil data dari sheet lain di excel adalah topic pembahasan pada artikel kali ini, pengambilan data dari sheet Lain dan file yang sama ini sangat berguna untuk sebagai database yang masih banyak digunakan sebagai aplikasi penilaian, akutansi, dan lain sebagainya

cara mengambil data dari sheet lain di file yang sama di excel

mengambil dari sheet lain di excel untuk pemula sangat mudah di lakukan dan untuk rumus mengambil data dari sheet lain di excel yang begitu mudah di pahami dan diingat jika untuk waktu berikutnya akan membuat aplikasi excel yang antar sheet perlu pengambilan data dari sheet satu ke sheet lain dan sebaliknya.

Cara mengambil data dari sheet lain di excel


Untuk cara mengambil data dari sheet lain kita menggunakan rumus yang sangat singkat, namun ini tergantung pada data yang bagaimana yang akan kita ambil. Biasa kita perlu menyertakan nama sheet yang akan kita ambil isinya, dan kemudian Cell yang akan kita target isinya. Cara mengambil data dari sheet lain di excel 2007 sama dengan mengambil data dari sheet lain di excel 2010 dan versi lainnya.

Rumus mengambil data dari sheet lain di excel


Rumus mengambil data dari sheet lain di excel kita hanya menggunakan rumus sebagai berikut ini

“=nama_sheet!cell_data”

Rumus mengambil data diatas tanpa tanda kutip, nama_sheet adalah sheet yang  menjadi sumber data yang akan kita ambil, kemudian  cell_data merupakan data yang akan kita ambil pada sheet berapa. Pada topic ini kita masih mengambil data dari file yang sama namun berbeda sheet.

cara mengambil data dari sheet lain excel ini bisa kita improvisasi, sesuai keinginan data yang akan kita ambil, namun coba perhatikan cara berikut ini cara mengambil datanya.

Pertama, klik di cell mana akan kita tempatkan data tersebut, kemudian tambahkan “=” (sama dengan). Seperti gambar berikut ini

panduan cara mengambil data dari sheet lain  yang sangat singkat dengan memulai rumus berikut ini
Gambar memulai membuat rumus mengambil data dari sheet lain


Pada gambar diatas, kita berada pada sheet “Anakit_1”. Data akan kita tempatkan pada Cell “B2” seperti terlihat pada gambar diatas, bisa kamu perhatikan ada tanda Sama dengan (=), seperti langkah arahan pada langkah pertama. 

Langkah kedua, setelah mengetik tanda “sama dengan” ( = ), kita langsung klik sheet yang akan kita ambil tanpa mengeluarkan cursor dari tempat data di tempatkan tadi, perhatikan gambar berikut ini.

langkah memilih sheet lain yang akan kita ambil datanya
Gambar Mengaitkan Sheet yang akan di ambil datanya


Perhatikan bahwa kita sudah pindah sheet dari Anakit_1 ke Anakit, secara otomatis akan langsung dimasukkan nama sheetnya di tanda sama dengan tadi yang berada pada Anakit_1 yang bisa kamu perhatikan pada yang ditandai kotak hijau.

Langkah Ketiga, kebetulan data yang akan kita ambil adalah pada Cell “C4” pada gambar diatas yang berisi tulisan “anakit”, tulisan itulah yang akan kita ambil ke Cell “B2” pada sheet Ankit_1.perhatikan pada gambar berikut ini.


panduan cara yang cepat dan tepat apabila mengambil data dari sheet lain di file yang sama di excel 2007, 2010, dan 2013
Gambar Memilih cell yang akan diambil datanya

Ketika kita mengklik cell yang akan kita ambil, maka akan otomatis juga akan ditambahkan cell alamat cell tersebut, coba perhatikan tanda kotak biru pada gambar diatas.

Langkah Keempat, setelah kamu mengklik cell mana yang akan kamu ambil datanya, langsung tekan “Enter” pada keyboard dan datanya akan langsung di ambil dari sheet lain tersebut. Simak hasilnya pada gambar berikut ini


cara mengambil data dari sheet lain di excel 2010
Gambar Pengambilan data dari sheet lain di excel

Pada gambar diatas berada pada sheet yang ditandai dengan kotak biru, yaitu Anakit_1, dan data pada cell “B2” berisi tulisan “anakit” yang merupakan data yang diambil dari sheet “Anakit” (tanda pada kotak merah) yang rumusnya juga pada kotak merah pada bagian atas.

Jika kamu bingung pada langkah kedua dan seterusnya, kamu bisa mengetik manual setelah sama dengan (=) langsung ketik nama sheet yang akan kamu ambil datanya, dan tambahkan tanda seru (!) setelah nama sheet, dan kemudian setelah tanda seru (!)ketik cell mana yang akan kamu ambil datanya dari sheet lain.

Cara mengambil data tersebut juga tidak harus dari sheet lain, dari sheet yang sama juga bisa, dengan mengetik sama dengan (=), kemudian nama sheet, lalu tambahkan alamat cellnya.


cara mengambil data di sheet lain di excel tersebut bisa mengambil data langsung banyak data, terutama pada kolom yang sama, semisal kita ingin mengambil dari baris satu sampai beris tertentu, namun tetap pada kolom yang sama yang lebih sederhana mengambil data dari satu kolom. Nah kamu bisa tinggal tarik tanda (+) yang biasa akan muncul ketika kamu mengarahkan kearah sudut Cell yang kamu klik.

cara mengambil data angka, rumus dan kalimat dari sheet lain
Gambar Cata Mengambil banyak data dari sheet lain


Seperti pada gambar diatas, cobah arahkan mouse kamu ke sudut tersebut, sampai muncul tanda tambah ( + ), setelah muncul, klik kiri dan tarik kebawah sesuai dengan banyaknya data ke bawah yang akan kamu ambil dari satu kolom pada sheet lain.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengambil data dari sheet lain di excel, semoga artikel ini bisa berguna dan membantu kamu dalam memecahkan masalah untuk mengambil nilai angka, tulisan dan seperti rumus-rumus dan lain sebagainya dari sheet lain.


EmoticonEmoticon