Thursday, August 8, 2019

Contoh Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil Atau Genap Lengkap Dengan Penjelasannya

Flowchart menentukan bilangan ganjil atau genap biasa di gunakan sebagai bagan dari alur logika dalam sebuah program untuk menentukan apakah bilangan ganjil atau genap, sehingga tidak jarang untuk membuat algoritma menentukan bilangan ganjil dan genap harus disertai dengan flowchart menentukan bilangan ganjil dan genap.

Algoritma dalam menentukan bilangan ganjil atau genap juga berdasarkan dengan keinginan bagaimana bilangan ganjil atau genap itu didapatkan. Untuk kamu yang membutuhkan algoritma dalam menampilkan bilangan ganjil dan genap, kamu bisa baca dalam artikel berikut ini

Flowchart Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil


Berikut ini adalah flowchart  Menentukan apakah sebuah bilangan ganjil atau genap yang secara logika sangat sederhana namun secara umum, flowchart ini di bentuk berdasarkan alur dari program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil

Flowchart Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil Part 1

Flowchart program menentukan bilangan genap dan ganjil
Gambar Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Diatas adalah flowchart menentukan bilangan genap atau ganjil  versi pertama, dimana dimulai dengan start, kemudian dilanjutkan untuk menerima input, input melalui variable “angka”, kemudian masuk dalam percabangan yang akan mengecek apakah “angka % 2 == 1”. Jika benar maka akan di lanjutkan aksi true dan jika salah akan dilanjutkan dengan aksi false.

Contoh 1:
 input angka=8, selanjutnya apakaha 8 % 2 == 1? Salah!!!, karena 8 % 2 seharusnya adalah 0, maka dijalankan aksi “false/salah” yaitu “8 adalah Bilangan Genap”.

Contoh 2:
Input angka = 23, selanjutnya apakah 23 % 2 == 1? Benar!!!, maka dijalankan aksi “True/Benar” yaitu “23 adalah angka ganjil”.

Dari kedua contoh diatas seharusnya kamu bisa paham bagaimana alur dari flowchart menentukan bilangan genap atau ganjil tersebut.

Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap Part 2


membuat flowchart untuk menentukna bilangan ganjil atau genap
Gambar Flowchart Menentukan Bilangan Genap dan  Ganjil

Untuk flowchart menentukan bilangan genap dan ganjil diatas adalah persamaan dari flowchart pertama, hanya perbedaanya pada percabangan, jika pada versi pertama “angka % 2 == 1” maka versi kedua adalah “angka % 2 == 0”.  Berdasarkan pada penentukan  dalam mencari bilangan genap.


Demikianlah pembahasan dalam membuat flowchart menentukan bilangan ganjil atau genap dengan 2 versi yang hampir sama namun akan membangun logika anda. Semoga artikel ini bisa berguna dan membantu dalam mengasah logika dan algoritma anda.


EmoticonEmoticon