Thursday, August 8, 2019

Contoh Program IF ELSE Java Netbeans dan Pembahasan Lengkap

Kembali lagi bersama www.anakit.id yang pada kesempatan saat ini membahas tentang Percabangan If Else pada java, sekaligus contoh program java If Else yang nantinya sebagai implementasi dari pemahaman If Else.

membuat contoh program java percabangan if else sederhana

Program Percabangan IF ElSE di Java


Percabangan If else adalah tingkat kedua dalam percabangan IF, dimana dalam tingkat kedua ini terdapat fungsi else, yaitu berfungsi untuk statement pilihan terakhir, jika didalam Switch Case,  Else perperan sebagai Defaultnya. Else ini juga berperan dalam menjawab kondisi yang salah. 

Pada If Else java atau program lainnya, hanya terdapat satu buah kondisi, dan satu pilihan statement defaultnya. Cukup.. hanya itu saja.

Bentuk Umum IF Else Java Netbeans


Bentuk umumnya mungkin sebagain dari kamu sudah mengetahuinya, bentuk umum penulisan IF ELSE di java mau pun program lainnya adalah sebagai berikut.

If (kondisi){
Statement True;
} else {
Statement False;
}

Dari bentuk umum if else diatas sebenarnya cukup jelas, membuat sebuah fungsi If, dimana terdapat sebuah kondisi, didalam kondisi inilah yang menentukan apakah hasilnya nanti adalah True atau False. Jika kondisinya True (benar), maka akan di eksekusi adalah Statement True, jika kondisi False (salah), maka yang akan di eksekusi adalah statement False.
Baik, diatas adalah penejelasan singkat untuk IF ELSE, kemudian kita masuk kedalam contoh sederhana terlebih dahulu.

    public static void main(String[] args) {
        if(4 <= 5){
            System.out.println("Benar");
        }else {
            System.out.println("Salah");
        }
    } 

Bedah Program :
Didalam if terdapat kondisi yaitu 4 <= 5, artinya apakaha 4 lebih kecil atau sama dengan 5? Secara logika pastinya benar, karena 4 lebih kecil dari 5. Berarti nilai dari kondisi adalah true (benar) sehingga seperti yang di sampaikan tadi maka statement true yang akan dijalankan, yaitu System.out.println("Benar");


membuat contoh program java netbeans if else
Gambar Contoh Program Java If Lese



Intinya, dalam if else ini, kalau tidak benar, ya salah. Kalau tidak statement  true di jalankan, ya berarti statement False. Namun itu tergantung dengan kondisi yang ada.


Contoh program java If Else di Java Netbeans

package ifelse;
/**
 *
 * @author anakit
 */
public class Ifelse {
    public static void main(String[] args) {
     if("anakit.id" == "anakit.com"){
         System.out.println("Ya BENAR");
     }else{
         System.out.println("Maaf SALAH");
     }
    }  
}

contoh program java if else
Gambar Contoh Program IF ELSE di java

Kemudian, untuk lebih mengasah kemampuan logika kamu dalam percabangan di java, terutama percabangan IF, maka setelah kamu paham dengan percabangan IF ELSE di java netbeans, kamu harus memahami juga percabangan IF ELSE IF di java netbeans agar tidak ngambang logika percabangan yang kamu dapatkan.


Demikinalah pembahasan tentang percabangan di java netbeans yaitu percabangan if else, yang mana dalam perbangan ini hanya terdapat dua pilihan statement, yaitu statement pertama untuk kondisi yang benar, dan statement kedua adalah untuk kondisi yang salah. Serta di implementasikan dalam contoh program java netbeans IF ELSE.


EmoticonEmoticon