Tuesday, July 30, 2019

Panduan Pengunaan Intent Untuk Menjalankan Activity Lain di Android Studio Dengan OnClick

Artikel ini membahas bagaimana Cara Pindah Activity di Android Studio atau Membuka Activity Lain dimana juga sering disederhanakan yaitu cara memulai activity lain di android studio. Ini adalah bagian yang penting, karena didalam android studio yang lebih tepatnya membuat aplikasi perlu menghubungkan 2 atau 3 activity dalam android studio bahkan bisa lebih dari itu, tujuannya adalah agar aplikasi yang dibuat labih kompleks.

cara membuat script untuk membuka activity lain di android studio

Untuk berpindah activity di android studio biasa bisa menggunakan media button atau menu, dan tentunya juga disini akan dijelaskan pertama, menggunakan button berpindah activity dan menggunakan menu berpindah activity.

Menghubungkan beberapa activity atau memulai activity baru di android studio biasanya dan pada umumnya menggunakan fungsi Intent.

Jadi untuk menjalankan activity lain perlu ada tambahan khusus antara activity dan menu/button, biasanya pada button atau menu ada tambahan yaitu onclick pada atributenya di xml. Nah kemudian pada activity baru ditambahkan “Intent”

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara pindah activity atau menjalankan activity lain di android studio, simak contoh sekaligus langkah-langkah menghubungkan dan menjalankan beberapa activity di android studio melalui button.

Menjalankan Activity Lain di Android Studio


Untuk menjalankan activity lain, perintah yang umum digunakan adalah intent, bentuk umum scriptnya dalam implementasi adalah sebagai berikut

Intent pindah =new Intent(Activity_Sumber.this,Activity_Tujuan.class);
startActivity(pindah);

“pindah” adalah variable yang digunakan untuk menjalankan fungsi intent. Kemudian “Activity_Sumber” adalah acitivty yang anda gunakan untuk membuka activity lain. Dan “Activity_Tujuan” adalah activity lain yang anda ingin buka atau jalankan.

Contoh berikut ini adalah membuat atau menjalankan activity lain dengan menggunakan Button dengan menambah attribute android:onclick:”nama_identitas”

“nama_identitas” digunakan untuk menghubungkan pada View view di Activitynya.

panduan cara menjalankan activity lain dengan onclick di android studio
Gambar Membuat OnClick Activity Lain


Ketika anda menambahkan attribute tersebut dan memberikan identitasnya atau isinya, maka akan terlihat error dan bertanda merah seperti gambar diatas, nah terlihat sebelah kiri ada symbol lampu atau arahkan saja cursor ke yang error tersebut, dan tekan Alt+Enter di keyboard sehingga akan tampila seperti berikut ini.

menjalankan activity lain dengan botton di android studio
Gambar Membuat Public Void di Activity Utama


Pilih “Create “nama_identitas(View)’ in ‘MainActivity)” yang berguna untuk membentuk Public Void di MainActivity (atau sesuai nama activity kamu) untuk menempatkan fungsi Intent yg dimaksud tadi. Jadinya pada MainActivity adalah seperti berikut ini.

Panduan Intent Untuk Menjalankan Activity Lain Dengan Onclick
Gambar Public Void Untuk Activity Lain


Nah kemudian kita tambahkanlah script intent tadi didalamnya untuk menjalankan activity yang kita ingin jalankan nantinya melalui activity utama. Contohnya seperti berikut ini

Pengguaan Intent Untuk Menjalankan Activity Lain di Android studio
Gambar Penggunaan Intent


Akan terjadi error seperti gambar, itu karena kita belum mengimportkan Intent pada Import. Caranya mengatasinya cukup mudah, arahkan cursor ke yang error tersebut sampai muncul pesan seperti gambar diatas dan tekan Alt+Enter seperti yang anda lihat pada pesannya. Dan Intent akan diimport secara otomatis.

Cara Membuka activity lain dengan Onclick di android studio
Gambar Menambahkan Android.Content.Intent


Perhatikan pada gambar diatas, “kedua” adalah activity lain yang akan dibuka melalui MainActivity sebagai Activity Utamanya. Karena kebetulan activity yang kedua saya beri namanya activitynya “Kedua” juga.

Peletakan actvity utama dan activity lain yang akan dijalankan melalui activity utama
Gambar Activity Utama dan Tujuan


Sampai disini masalah Menjalankan Activity Lain di android studio sudah terpecahkan. Yaitu menjalankan activity lain dengan Botton. Atau juga bisa dengan image atau teks. Kamu hanya perlu menambahkan attribute “onClick” pada media yang ingin kamu gunakan sebagai menu untuk menjalankan activity lain.

Berbeda dengan drawer Menu dan Options Menu, kamu tidak perlu menambahkan onclick pada menu-menu yang ada di drawer atau option, karena drawer dan option sifatnya lebih ke Boolean, bukan Public Void.

Untuk lebih jelasnya, saya berikan contoh menjalankan activity lain dari drawer menu atau option menu dengan intent.

Script Untuk Membuka activity lain dengan Menu Botton di android studio
Gambar Script Menjalankan Activity Lain

Diatas adalah menjalankan acticity lain dengan drawer menu, begitu juga apabila ingin menjalankan activity dari options menu.

Yang harus anda perhatikan dalam membuat script intet untuk membuka activity lain atau menjalankan activity lain adalah Sumber atau Awal Activity dan activity yang akan dibuka.

Demikianlah pembahasan tentang membuka activity lain dengan botton menu atu juga menjalankan activity lain dari drawer menu, options menu dan juga menjalankan activity lain dengan menu dan botton.



EmoticonEmoticon