Tuesday, July 30, 2019

Ini Dia Perbedaan HDD, SSD dan SSHD dan Juga Kelebihan dan Kekurangan Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan HDD, SSD, dan SSHD serta kelebihan dan kekurangan HDD, SSD, dan SSHD

SSD berbeda dengan HDD dan SSHD yang perlu Anda ketahui? Terdapat perbedaan mengenai Kelebihan dan Kekurangan HDD, SSD, dan SSHD dengan kata lain dari ketiganya tersebut Tentunya kami tahu siapa yang akan membaca artikel yang dibuat kami  satu ini. Anda adalah pencinta komputer yang suka bongkar-bongkar komponen untuk OC atau hanya menginstal dan hanya karena anda merasa ingin tahu saja. Maka Anda menemukan istilah baru yang harus ditemukan. Yaitu, SSD dan SSHD.

Istilah SSD dan SSHD tidak benar-benar baru. Hanya saja belakangan ini telah menjadi terkenal setelah kebutuhan untuk mengakses file dalam penyimpanan telah menjadi kebutuhan mendasar di dunia digital. Singkatnya, ketiganya dimulai dari perangkat HDD dan kemudian SSD lantas SSHD baru. HDD, yang merupakan sebuah perangkat penyimpanan tradisional dan SSHD merupakan sebuah alternatif yang ada (menengahi/diantara) HDD dan SSD.

Nah untuk lebih jelasnya maka kita akan membahasnya lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan hdd, ssd, dan sshd. 

HDD (hard disk)


perbedaan HDD, SSD, dan SSHD. serte kelebihan dan kekurangan HDD, SSD, dan SSHD
Gambar HDD (Hardisk)

HDD disebut sebagai media konvensional, mengapa? Karena posisinya sendiri memang sebagai pemegang media penyimpanan telah sangat lama. Bukan karena harga murah dan kapasitas yang tersedia bisa sangat besar. Itu sebabnya hard disk masih begitu menjadi sebuah pilihan.
Selain itu, juga dipertimbangkan bahwa proses produksi membutuhkan biaya yang masih lebih sedikit. Sehingga banyak produsen dapat membuat dan memasarkan tanpa perlu mengorbankan lebih banyak modal.

Ciri-ciri hard disk yang sangat terlihat adalah bahwa ada bagian yang bergerak yaitu piringan/disk. Disk/piringan bergerak pada porosnya ketika proses membaca dan menulis terjadi. Kecepatan bervariasi sesuai dengan spesifikasi yang tercantum, kebanyakan 52oo RPM untuk kelas normal dan 7200 RPM untuk kelas tercepat. Sangat cepat tentunya, jika Anda ingin melihat proses membaca dan menulis hard drive yang unik.

Kelebihan dan Kekurangan HDD


Kelebihan yang ada dari HDD:

  • HDD memiliki kelebihan kapasitas besar dan harga murah.
  • Kemudian pada kegiatan menulis, dalam proses hapus menghapus adalah segala sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan olehnya. Jadi tidak ada data sampah.

Kekurangnya HDD:

  • Beberapa di antaranya sangat sering dialami oleh pengguna hard drive saat ini yaitu HDD yang mudah rusak jika jatuh, maka perlu defrg untuk beberapa HDD yang sudah tua.


SSD (Solid State Drive)

perbedaan antara HDD, SSD dan SSHD serta kelebihan dan kekurangan HDD, SSD, dan SSHD
Gambar SSD (Solid State Drive)

SSD sendiri yang memiliki nama lain yaitu solid state drive, adalah media penyimpanan data yang mempergunakan sebuah memori dengan memori bersifat non-volatile, dan tidak menggunakan disk magnetik seperti halnya sebuah hard drive konvensional. Tidak seperti memori volatile (misalnya, RAM), data yang disimpan dalam SSD tidak akan hilang bahkan jika tidak ada daya listrik.

SSD ini lebih seperti memori ponsel, micro SD, dan lain sebagainya. Hanya saja memang bentuk dan kapasitasnya yang lebih besar.

Jika Anda melihat sejarah keberadaannya, SSD telah ada selama beberapa dekade, tetapi karena biaya produksi yang mahal, pengembangan SSD telah melambat. Namun belakangan ini karena teknologi semakin maju, di samping itu, karena kebutuhan akan akses primer yang semakin besar terhadap informasi, SSD diproduksi secara massal dengan beberapa perbaikan untuk mengurangi biaya-biaya. Namun, harga yang harus digunakan untuk kapasitas SSD 120 GB masih sekitar satu juta rupiah.

Mengapa SSD begitu cepat?

Tidak hanya sangat cepat, tetapi ada juga banyak manfaat menggunakan SSD. Kecepatan yang diperoleh disebabkan oleh fakta bahwa SSD mengakses informasi secara langsung, sementara hard disk memperoleh informasi melalui disk dan lengan yang berputar yang terus mengakses sektor informasi. Meskipun proses ini dalam milidetik, SSD dapat melakukannya lebih cepat tanpa disk yang berputar.

Selain itu, SSD juga bisa mengakses informasi pada saat yang sama, sedangkan HDD akan memiliki akses ke informasi sebagai alternatif karena hanya informasi yang dapat diakses melalui kepala lengan yang tertarik pada setiap sektor ketika informasi dibutuhkan.

Dengan kata lain, karena SSD dapat menyelesaikan 10 perintah sekaligus, tetapi HDD harus menyelesaikannya secara bergantian. Sekali lagi, walaupun hard disk drive terlihat lambat, tetapi jika Anda melihat kecepatan di mana head dibuat dan DISK pada hard drive Anda, Anda akan terkejut (menghitung milidetik).

Kelebihan dan Kekurangan SSD


Keuntungan/kelebihan SSD:
  • Kecepatan untuk akses ke informasi yang tentunya akan membuat komputer atau laptop menggunakan SSD akan meningkatkan waktu boot hingga 500%. Dan, rata-rata, hanya membutuhkan waktu antara 20 dan 30 detik hingga komputer Sap menerima informasi.
  • Tidak adanya bagian yang bergerak, sehingga bebas dari kebisingan dan panas yang berlebihan. Di samping itu juga akan hemat energi.
  • Bebas dalam melakukan pergeseran pada bagian SSD berarti bahwa jika jatuh tidak fatal. Tentu saja, bobot yang lebih ringan adalah keuntungan yang jelas untuk laptop yang umumnya malas karena beban berat.
  • Para pengguna media seperti 3D, editing video dan pemain harus memiliki penyimpanan ini.

Kelemahan/Kekurangan SSD:
  • Bukan tanpa kekurangan SSD ya, anda masih perlu mengetahui kelemahan dari penyimpanan ini, yang meliputi: harga mahal, beberapa SSD harus diperlakukan dengan serius, yaitu, masalah trim. Sampah yang tidak dapat dihapus oleh SSD itu sendiri akan mengurangi kinerja seiring waktu.
  • Adapun memang kegiatan menulis SSD tidak semulus pada hard disk drive, aktivitas ini akan menyebabkan adanya sampah yang wajib anda bersihkan pada tiap periode.


SSHD (Solid State Hybrid Drive )

kelebihan dan kekurangan SSHD dan perbedaan SSD dengan SSHD
Gambar SSHD (Solid State Hybrid Drive)


Ini adalah inovasi yang menggabungkan SSD dan HDD dalam satu perangkat. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi harga SSD yang tinggi dan meningkatkan kecepatan membaca hard drive.

Kelebihan dan Kekurangan SSHD


Kelebihan SSHD:
Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD tetapi memiliki fleksibilitas ruang sebesar HDD. Perangkat ini ditujukan bagi Anda yang mempunyai anggaran terbatas untuk meningkatkan HDD ke SSD. Dan SSHD adalah pilihan yang ditawarkan. Dengan harga bersahabat Anda akan mendapatkan kecepatan yang menyerupai SSD.

Komposisinya terdiri dari beberapa giga SSD dan lebih banyak penyimpanan HDD. Oleh karena itu, file yang sering diakses atau yang memerlukan kecepatan untuk mengakses akan ditempatkan pada SSD dan sisanya ialah HDD.

Perbedaan SSD dan SSHD, Pilih Mana?

Tentu saja, ketika ada pilihan seperti ini, banyak orang akan bingung, di mana mereka menginginkan kecepatan tinggi tetapi mereka akan tetap dengan anggaran minimum.

Jika itu yang Anda alami, SSHD adalah pilihan yang tepat, tetapi jika Anda ingin berinvestasi dalam kinerja penuh dan konstan, pilih SSD. Terutama jika Anda adalah pemain profesional dan tidak pandang bulu dalam hal biaya tetapi yang peduli dengan kinerja. SSD adalah opsi terbaik.
Selanjutnya, referensi menurut kami disertakan jika Anda masih ragu tentang opsi untuk memperbarui penyimpanan.

Anda tahu siapa yang menjadi pengguna SSD?

Para gamer membutuhkan suatau kecepatan untuk mengakses file game yang nantinya akan diinstal. Akan sangat sulit jika para pemain telah menyiapkan prosesor pembuka kunci, RAM ekstrem, VGA SLI atau baku tembak, tetapi masih menggunakan HDD.

Desain grafis

Jika anda pengguna Photoshop atau Corel Draw dan aplikasi pengolah gambar yang lainnya, akan sangat berguna untuk menggunakan SSD. Memuat di awal yang cepat akan membuat pekerjaan lebih efisien seiring waktu.

Pemodelan 3D


Adalah wajib, setelah membaca artikel ini, untuk membeli SSD jika Anda adalah orang di dunia pemodelan 3D. Misalnya, membangun layanan desain, perancang mekanis, insinyur mesin, animator, dan lainnya yang membutuhkan waktu rendering lebih cepat.

Pengeditan dan komposisi video

Para pembuat film dan editor video setelah mengetahui bahwa SSD pasti akan segera membelinya. Mereka bahkan bisa menggunakannya sebelum SSD dibahas dengan senang hati belakangan ini.
Anda tidak hanya dapat mengurangi waktu rendering, tetapi kualitas yang dihasilkan juga dapat meningkat secara signifikan dengan SSD.

Itu saja untuk kali ini tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan hdd, ssd, dan sshd Jika Anda tertarik untuk membeli perangkat ini.


EmoticonEmoticon