Thursday, July 11, 2019

IF Java di Netbeans Dalam Contoh Program IF Sederhana Java Netbeans


Artikel kali ini akan membahas mengenai Contoh Program IF di Java Netbeans, dimana akan dijelaskan terlebih dahulu point-point penting dari Percabangan IF Java, kemudian di bahas kembali dalam contoh program java IF yang dalam bentuk program sederhana. 


Percabangan IF Java Netbeans


Percabangan if adalah percabangan tingkat yang paling dasar dalam macam-macam percabangan IF, karena percabangan ini seharusnya yang paling mudah. Cukup memberikan kondisi, dan statement yang benar, yang berarti tidak perlu menambahkan statement yang salah yang biasa terletak pada Else.

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa tingkatan dalam menggunakan IF di java atau bahasa program lainnya. Ada If, If…Else, dan IF...Else If… Else atau seterusnya. Biasanya saya sering menyebutnya adalah IF tunggal saja.

Seperti yang disampaikan diatas, percabangan if adalah yang paling dasar, jika tidak memahami percabangan if, maka akan sulit untuk percabangan if…else atau if…else if…else. 


Bentuk Umum Percabangan IF Java Netbeans


If (Kondisi){
Statament True;
}

Sangat sederhana bukan.. pada bagian Kondisi biasanya berisi suatu ekspresi logika, dimana ada penggunaan Operator Pembanding seperti < , > atau <= , >= atau == , !=. bisa saja menggunakan operator Logika seperti AND, OR, NOT, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk bagian Statement true, adalah berisi pernyataan yang akan di eksekusi apabila kondisi terpenuhi dalam kata lain kondisi benar.

Untuk lebih jelasnya, kita masuk di dalam contoh sederhana yaitu contoh program IF di Java Netbeans.

Contoh program IF Java

package pkgif;
/**
 *
 * @author anakit
 */
public class If {

    public static void main(String[] args) {
     if(0 <= 0){
         System.out.println("Ya BENAR");
     }
    }  
}

Contoh sederhana, didalam kondisi terdapat 0 <= 0, artinya apakah 0 lebih kecil atau sama dengan 0? Secara logika seharusnya benar. Dan hasilnya sebagai berikut

contoh program if sederhana di java
gambar contoh program percabangan if java netbeans


Percabangan if juga berperan dalam menampilkan deret bilangan genap, ganjil, atau bilangan prima. Coba saja cek

- Penggunaan If di java untuk Menampilkan Deret Bilangan Genap
- Penggunaan If di java untuk Menampilkan Deret Bilangan Ganjil
- Penggunaan If di java untuk Menampilkan Deret Bilangan Prima

Baca juga untuk percabangan IF tingkat lanjut untuk menambah wawasan kamu skill untuk memahami setiap perbedaan antara IF, IF else IF..else if… else.

- Pembahasan Percabangan IF ELSE disertai Contoh Program dan penjelasannya
- Pembahasan Percabangan IF...ELSE IF…ELSE dan Contoh Program disertai Penjelasannya.

Semoga pembahasan kali ini berguna dan menambah wawasan sekaligus skill kamu dalam memahami percabangan IF di java khusunya serta mengetahui seperti apa contoh program java IF yang bisa kamu pahami berdasarkan Testing dan Penjelasan yang sudah disampaikan.


EmoticonEmoticon