Friday, July 12, 2019

Penyebab Dan Cara Mengatasi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci

Artikel kali ini akan membahas tentang Unknown collation 'utf8mb4_unicode_ci', yaitu mengetahu penyebab Unknown collation 'utf8mb4_unicode_ci' dan cara mengatasi Unknown collation 'utf8mb4_unicode_ci' yang sering terjadi pada saat ingin mengimportkan database kedalam server. Contohnya seperti berikut ini

penyebab dan cara mengatasi Unknown collation 'utf8mb4_unicode_ci' pada saat import database ke server di centos, debian, linux
Gambar error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci'

Penyebab Unknown collation: utf8mb4_unicode_ci


Diatas adalah contoh error 1273 dengan point error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci', ini adalah kesalahan dalam versi Server connection collation yang digunakan ketika membuat database masalah Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci' ini akan membingungkan ketika pertama kali mengalaminya, namun ini adalah masalah yang lumrah dan sering terjadi ketika kamu tidak paham dalam penggunaan utf8mb4_unicode_ci dala database kamu.

Cara Mengatasi Unknown collation: utf8mb4_unicode_ci


Dalam mengatasi error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci', kamu hanya perlu mengalihkan server connection collaction ke versi lainnya yang biasa digunakan dalam apache server yang lama yaitu “utf8”, sehingga yang tadinya utf8mb4 menjadi utf8.

Langkah Mengatasi Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci'


Nah, untuk mengatasi Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci', pertama kita harus membuka database kita kedalam editor, bisa dengan notepad. Yaitu dengan klik kanan database kamu yang berekstensi .sql kemudian open atau open with notepad.

solusi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci
Gambar Mengatasi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci

Selanjutnya, jika kamu menggunakan notepad, aktifkan fungsi “find” dengan cara tekan Ctrl+F. kemudian silahkan cari utf8mb4 seperti gambar berikut ini.

solusi mengatasi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci pada saat memasukkan database ke server
Gambar Mencari Masalah Unknown collation utf8mb4_unicode_ci

Maka kamu akan menemukan pada script database kamu yaitu utf8mb4.  Seperti gambar diatas. 

Kemudian pilih menu “Replace” dan masukkan dalam form sesuai dengan form seperti gambar berikut ini.


penyebab dan cara mengatasi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci
Gambar mengatasi Unknown collation utf8mb4_unicode_ci

Pada “Find What”, isikan dengan “utf8mb4” (tanpa petik), kemudian pada “Replace With” isi dengan “utf8” (tanpa petik).

Setelah kamu sesuaikan dengan gambar diatas, maka tekan tombol “Replace All”. Kemudian save database kamu.

Maka server connection collaction database kamu sekarang adalah utf8_unicode_ci. Selanjutnya kamu bisa coba inport kembali file database kamu kedalam database server.

Selesai….

Demikianlah cara mengatasi Error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci' pada saat import database ke server. Dimana kamu akhirnya tau penyebab Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci' dan cara mengatasi Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci' yang sangat mudah namun mimiliki manfaat yang pasti untuk pengetahuan selanjutnya ketika kamu, teman  dan kerabat lainnya memiliki problem error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci'

Semoga artikel tentang penyebab dan cara mengatasi error Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_ci' ini bisa berguna dan bermanfaat.




EmoticonEmoticon