Friday, June 14, 2019

Membuat Flowchart Bilangan Genap dan Penjelasan Alur Flowchart Dalam Menentukan Bilangan Genap

Kembali lagi bersama www.anakit.id yang pada kesempatan kali ini akan mambahas contoh flowchart bilangan genap 1-100, ya lebih spesifiknya adalah membuat flowchart menampilkan dan flowchart menentukan bilangan genap atau bukan.

Membuat Flowchart Bilangan Genap


Dalam membuat flowchart bilangan genap 1-100 atau 1-10 dan sebagainya, yang paling di butuhkan adalah algoritma dalam menentukan apakah bilangan genap atau ganjil. Algoritmanya biasanya dalam bentuk pseudocode.

Saya lebih setuju bukan pseudocode, karna kalau perlu pseudocode, pasti sudah perlu program langsung untuk menentukan apakah pseudocode yang kita buat itu akan berjalan atau tidak dalam program walau arti dari pseudocode artinya adalah kode palsu, yang hampir sama dengan program aslinya, tapi lebih baik dengan kode aslinya karena kita tau benar atau salah program nya, maka untuk itu dalam  membuat flowchart, bukan pseudocode bilangan genap 1-100, melainkan program algoritma bilangan genap 1-100.

Untuk itu, Algoritma dan Program Bilangan Genap sudah ada dalam artikel lain dalam bahasa


Baiklah, sebelum kita membuat flowchart menentukan bilangan genap atau flowchart menampilkan deret bilangan genap, kita harus tau bahwa bilangan genap adalah bilangan yang sisa baginya adalah 0 apabila bilangan tersebut di bagi dengan angka 2.

Dan untuk flowchart bilangan genap 1-10 atau bilangan genap 1-100, dan seterusnya memerlukan perulangan, apakah itu perulangan for, while atau do while dalam mencapai angka akhir dari nilai inisialisasi. Pada kesempatan kali ini ialah menggunakan perulangan for dalam membuat flowchart bilangan genap.

Flowchart Bilangan Genap 1-10


flowchart menentukan bilangan genap, beserta algoritma bilangan genap dan pseudocode dalam menampilkan bilangan genap
Gambar Flowchart Menampilkan Deret Bilangan Genap 1-10

Dalam flowchart menentukan bilangan genap dan sekaligus mencetak deret bilangan genap diatas, terdapat dua variable, yaitu awal dan akhir, dimana yang artinya adalah 1-10.

Kemudian dibentuk sebuah perulangan for dengan variable loop, dimana variable loop memiliki nilai sementara adalah nilai yang dimiliki variable “awal”, yaitu 1, kemudian bahwa for akan terus di lakukan sampai nilai dari variable “loop” bernilai sama dengan variable “Akhir”.

Nah, selama perulangan, ada terdapat pengecekan atau percabangan, dimana didalamnya ada sebuah kondisi yaitu “loop % 2 == 0”, dimana yang kita tau, bahwa symbol % mengartikan MOD atau sisa bagi. Dalam bahasa sehari-hari, “apakah nilai dari variable “loop” memiliki sisa bagi sama dengan 0 jika dibagi dengan 2?

Jika jawaban salah, maka langsung melanjutkan perulangan berikutnya, dan setiap perulangan nilai dari variable loop akan bertambah 1.

Namun jika jawaban benar, maka mencetak nilai dari variable “loop”, kemudian melanjutkan perulangan. 

Setelah nilai “loop” telah mencapai nilai dari variable “akhir”, maka program berhenti atau finish.. 

Selesai..

Flowchart Menampilkan Deret Bilangan Genap


flowchart mencari bilangan genap dan flowchart menampilkan bilangan genap

Contoh Flowchart Bilangan Genap 1-100


Flowchart bilangan genap 1-100 diatas sebenarnya tidak ada perbedaan dengan flowchart bilangan genap 1-10, hanya perbedaan dari nilai variable “Akhir” saja yang dirubah dari 10 menjadi 100.

Demikianlah pembahasan mengenai algoritma bilangan genap, dan flowchart bilangan genap atau flowchart menentukan bilangan genap, semoga artikel ini  berguna dan membantu.

Baca Juga : Flowchart Menentukan Deret Bilangan Ganjil


EmoticonEmoticon