Saturday, June 15, 2019

Membuat Flowchart Menentukan dan Menampilkan Bilangan Ganjil 1-100, 1-10, Serta Penjelasan Lengkap Alur Flowchart

Artikel kali ini akan membahas algoritma menentukan bilangan ganjil dan kemudian flowchart bilangan ganjil 1-10 dan 1-100. Namun bisa di rubah nilainya sesuai dengan keinginan.  Dalam membuat flowchart bilangan ganjil, kita harus mengerti terlebih dahulu bahwa untuk menentukan bilangan ganjil itu seperti apa algoritmanya.

Untuk itu, dalam artikel berikut ini sudah terdapat algoritma menentukan bilangan ganjil dan contoh program bilangan ganjilnya juga.



Rekomendasi artikel tersebut mengingat dalam membuat flowchart bilangan ganjil sangat memerlukan yang namanya algoritma sesungguhnya sehingga tidak membuat flowchart yang mengada-ngada atau ngawur dalam bahasa kerennya..hehehe..

Baik, untuk membuat flowchart bilangan ganjil 1-10 atau bilangan ganjil 1-100 dan seterusnya kita perlu dua hal penting

  1. Perulangan
  2. Percabangan


Kenapa perlu dua hal tersebut? Karena untuk menampilkan deret bilangan ganjil pasti perlu perulangan, dan untuk menentukan bilangan ganjil pasti perlu percabangan. Sudahkah anda paham akan kedua hal tersebut? Mengapa tidak baca artikel berikut ini berikut untuk memahami kedua hal tersebut!!!

Baca juga :



Flowchart Bilangan Ganjil 1-10


flowchart bilangan ganjil, flowchart menampilkan deret bilangan ganjil 1-10 dan flowchart bilangan ganjil 1-100
Gambar Flowchart menentukan bilangan ganjil 1-10

Diatas adalah  contoh flowchart bilangan ganjil 1-10, dimana seperti yang disampaikan tadi, terdapat perulangan, dalam hal ini masih menggunakan perulangan for untuk mencapai angka maksimal yaitu 10.

Kemudian ada decision atau percabangan, yang  berisi ekspresi logika, berguna untuk menentukan bilangan ganjil atau tidak.

Jika dari kondisi benar atau true, maka akan di cetak nilai dari variable “ganjil” dan setelah itu akan dilanjutkan perulangan berikutnya, jika salah maka akan kembali melanjutkan perulangan

Dan setelah perulangan selesai, maka selanjutnya END flowchart.

Contoh Flowchart Menampilkan Bilangan Ganjil 1-100


flowchart untuk menentukan bilangan ganjil, dan flowchart menampilkan bilangan ganjil 1-100
Gambar Flowchart menentukan bilangan ganjil 1-100


Tidak ada perbedaan dengan flowchart bilangan ganjil 1-10 diatas, hanya perbedaan batas nilai dari 10 menjadi 100. 

Tidak jauh beda dalam flowchart bilangan genap bukan.. hanya terletak pada rumusnya saja untuk menentukan bilangan genap atau ganjil.


Atau ingin membuat flowchart menentukan apakah suatu bilangan ganjil atau genap, itu tentu memiliki perbedaan walaupun hanya sedikit sajat..


Demikianlah pembahasan kali ini tentang flowchart bilangan ganjil, algoritma bilangan ganjil, flowchart menentukan bilangan ganjil, dan semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon