Wednesday, June 19, 2019

Mengatur Angka Dibelakang Koma di PHP Dengan Fungsi Round

Mengatur angka dibelakang koma dengan round di php

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana pembulatan desimal di php, pembulatan angka dalam php atau mengatur angka dibelakang koma di  PHP, yang tentunya ini banyak diperlukana apabila sebuah program web tidak ingin menggunakan terlalu banyak angka dibelakang koma dalam bilangan pecahan decimal.

Pembulatan Bilangan Pecahan di PHP



Untuk pembulatan bilangan berkoma dip hp, biasanya menggunakan fungsi “Round”. Pada penggunaan Round ini bisa digunakan untuk mengatur jumlah digit dibelakang koma, bisa membulatkan angka dibelakang koma, kemudian juga bisa menghilangkan angka dibelakang koma.

Fungsi Round Membatasi Angka Dibelakang Koma di PHP


Intinya, Round pada php digunakan untuk mengatur bilangan decimal yang notabenenya adalah bilangan pecahan decimal.

Bentuk Umum Pembulatan Angka Dengan Round di PHP


Round(bilangan_pecahan, jumlah_digit_dibelakang_koma)

Diatas adalah bentuk umum penggunaan “round” untuk pembulatan angka dip hp, dimana kamu bisa mengimprovisasi sesuai kebutuhan yang kamu perlukan.

Bilangan_Pecahan” adalah bilangan yang akan kamu atur nantinya, apakah akan dilakukan pembulatan angka saja dan dibatasi jumlah digit dibelakang koma di php atau diatur agar tidak ada angka dibelakang koma sama sekali, “bilangan pecahan” bisa kamu wakilkan dengan Variable atau angka langsung.

Contoh 1 : Program Pembulatan Angka di PHP


<?php  
echo''.round(4.065849,2).'';
?>

Diatas adalah menggunakan angka langsung yang ingin di atur jumlah digit dibelakang koma sekaligus pembulatan angka dibelakang koma pada php.

Contoh 2 : Program Pembulatan Angka di PHP


<?php  
$pembulatan=4.65879;
echo''.round($pembulatan,3).'';
?>

Kemudian program diatas sebagai bentuk pembulatan nilai dari satu variable, dimana variablenya saja yang kamu masukkan dalam Value untuk round agar dilakukan apakah itu mengatur jumlah angka dibelakang koma, atau membulatkan angka dibelakan koma pada php.

Kamu juga bisa menggunakan round untuk menghilangkan angka dibelakang koma, yaitu dengan cara tidak mengisi “jumlah_digit_dibelakang_koma

Contoh 3 : Program Pembulatan Angka di PHP


<?php  
$pembulatan=4.65879;
echo''.round($pembulatan).'';
?>

Atau 

<?php  
$pembulatan=4.65879;
echo''.round($pembulatan,0).'';
?>

Kamu bisa mengguanakan keduanya dalam menghilangkan angka dibelakang koma di php, namun perlu diingat bahwa akan terjadi pembulatan angka yang berefek pada angka decimalnya. Apabila digit pertama adalah angka diatas 5, maka angka decimal akan bertambah nilainya, namun apabalia digit pertama hasilnya adalaha 5 kebawah, angka utama yaitu decimal tidak akan bertambah dan tidak akan berkurang.

Berikut ini saya gabungkan beberapa contoh diatas dalam mengatur jumlah angka dibelakang koma, mengatut jumlah digit dibelakang koma, membulatkan angka dibelakang koma dan menghilangkan angka dibelakang koma dengan “round”.

<?php  
//anakit
$pembulatan=4.06879;
echo"Pembulatan Nilai Langsung     : ".round(5.780722354,4);
echo"<br>Pembulatan Nilai Dari Variable   : ".round($pembulatan,2);
echo"<br>Pembulatan dan Menghilangkan Angka Dibelakang Koma  : ".round(5.780722354,0);
?>

Hasilnya akan seperti berikut ini

mengatur jumlah digit dibelakang koma pada php dengan menggunakan round

Gambar hasil pembulatan dan mengatur angka dibelakang koma pada PHP

Demikianlah pembahasan tentang membulatkan bilangan pecahan decimal dibelakang koma, dan mengatur jumlah digit dibelakang koma pada php menggunakan fungsi “ROUND”. Semoga artikel ini berguna dan membantu kamu dalam mengatasi permasalahan bilangan pecahan di php 




EmoticonEmoticon