Monday, June 17, 2019

Membuat Menu Membuka Ke Tab Baru Dengan Atribute Target pada HTML

Artikel kali membahas bagaimana membuat menu membuka di tab baru pada browser, dengan kata lain ketika menu di tekan, maka halaman yang di target atau yang akan di buka dan di tampilkan pada tab baru di browser, sehingga halaman awalnya tidak tertimpa atau tetap terbuka. Maka dari itu, ikuti pembahasan membuat link terbuka di tab baru sampai selesai.

membuat menu terbuka ke tab baru di html

Membuat halaman terbuka di tab baru dengan link atau menu di html sangat perlu di lakukan, ini berguna  agar halaman tertentu terbukanya bukan dihalamn tersebut, tetapi terbuka di new tab pada browser yang anda gunakan.

Semisal, kamu membuat sebuah link, link ini berisi suatu halaman. Nah kamu ingin ketika link tersebut nantinya di klik, bukan terbuka pada tab browser yang sama, namun akan terbuka pada tab yang baru. Sehingga tab yang baru adalah isi dari link tadi terbuka, dan halaman yang terdapat link tadi juga tetap terbuka.

Membuat Menu Link Membuka Ke Tab Baru


Agar aksi tersebut bisa dilakukan oleh link atau menu link, perlu kita tambahkan perintah pada kode html nya, yaitu pada tag “a href” agar ketika menu di klik atau link di klik. Maka akan terbukanya pada tab baru. Yang harus kita tambahkan adalah attribute “Target”.

Attribute target ini berguna untuk menyisipkan target dari aksi apa dan aksi yang mana ketika suatu tag menggunakannya. Attribute target biasa di gunakan pada tag <a href> agar bisa menu atau link di klik membuka halaman baru pada tab yang baru juga.

Tentu agar attribute ini berfungsi, maka kita harus memberi nilai atau isi dari attribute ini agar ketika menu diklik,  menu membuka halaman ke tab baru. Isi dari attribute targetnya adalah

“_blank”

Artinya bahwa ketika menu diklik, maka halaman yang menjadi tujuan menu tersebut akan terbuka di new tab yang masih kosong. Dan terbuka pada blank tab. Jika digabungkan dengan atributnya akan seperti berikut ini

Target=”_blank”

Sebegai contoh sederhana penggunakan target=”_blank” untuk link terbuka pada tab baru di html sebagai berikut ini

Script Membuat Menu Membuka ke Tab Baru


<a href="new_tab.php" target="_blank"> Link Terbuka di Tab Baru</a>


link terbuka di tab baru juga tidak kalah pentingnya untuk memberikan kenyaman pada pengguna system nantinya, namun perlu diperhatikan. Jangan sampai semua menu terbuka pada tab baru. Karena jika hal tersebut dilakukan, tentu akan menyebabkan akan terbukanya terus menerus new tab yang menyebabkan si pengguna justru tidak nyaman dalam menggunakan system anda.

Link terbuka di tab baru biasanya digunakan pada menu-menu tertentu yang memang tidak perlu tampil pada halaman utamanya. Semisal halaman download, archive dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan kali ini tentang membuat menu membuka pada tab baru atau membuat link membuka di tab baru sehingga halaman utamanya tidak tertutup. Semoga artikel ini berguna dan dapat membantu.


EmoticonEmoticon