Friday, June 21, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Application Installation Failed di android studio

Artikel kali ini kita akan mencoba membahas penyebab installation failed with message invalid file : atau dengan judul pesannya adalah Application Installation Failed di android studio. Kemudian tentunya juga kita akan membahas cara mangatasi Application installation failed pada saat run aplikasi di android studio, contoh error atau masalah Application installation failed seperti dibawah ini.

installation failed with message invalid file:E\android studio bahan\map2\app\build\intermediates\split-apk\debug\slices\slices_9.apk

Seperti terlihat pada gambar diatas adalah installation failed with message invalid file:E\android studio bahan\map2\app\build\intermediates\split-apk\debug\slices\slices_9.apk, kemudan dibawahnya terdapat pesan warning : uninstalling will remove the application data!.

Pesan uninstalling will remove the application data atau Application installation failed terjadi pada saat ingin melakukan RUN untuk menginstal aplikasi hasil project di android studio pada Emulator atau pun ke Device Android Langsung.


Penyebab Application installation Failed


Kita harus mengetaui apa penyebab hal tersebut terjadi sehingga menampilkan pesan warning : uninstalling will remove the application data! Pada tampilan application installation failed. Penyebab yang sering terjadi karena gradle dari android studio tidak tertata rapi didalam system atau anda banyak melakukan perubahan-perubahan seperti mengedit-edit script dari program yang anda buat di android studio amun jarang melakukan Rebuild dan Clean Project untuk menyegarkan kembali ke Gradle dari project yang anda buat.

Dari sini mungkin anda bisa mengkoreksi sendiri cara anda dalam hal diatas, atau mungkin aja anda melakukan create new project namun ada jendela project lain yang masih terbuka, walaupun itu new project, dan ternyata pada jendela yang lain tidak tertata bagus atau istilahnya gradle tidak kondisi bagus, bisa berdampak dengan project yang baru anda buat, namun kejadian ini sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi uninstalling will remove the application data


Setelah kita mengetahui penyebab yang menimbulkan gagal install aplikasi dari android studio dengan pesan uninstalling will remove the application data pada jendela pesan Application installation Failed, kita juga harus tau cara mengatasi Application installation Failed tersebut agar di kemudian hari, jika terjadi hal seperti Warning: uninstalling will remove the application data di android studio, kamu tau solusinya.

Cara tepat dalam mengatasi Warning: uninstalling will remove the application data di android studio adalah, cukup lakukan 3 langkah berikut ini.

Pertama, yang harus kamu lakukan pertama untuk mengatasi Warning: uninstalling will remove the application data di android studio sehingga Application Installation Failed adalah Rebuild Project.

Gambar Rebuild Project Mengatasi Application installation failed

Lakukan hal diatas untuk melakukan penataan ulang pada gradle dari project yang anda buat di android studio.

Kedua, setelah kamu lakukan Rebuild Project, langkah kedua adalah clean project

Gambar Clean Project Untuk Mengatasi Application installation failed

Clean project berguna untuk membersihkan perubahan-perubahan dari script yang anda buat namun perubahan tersebut tidak terbaca dari system, sehingga system tetap membaca script yang sudah tidak ada lagi. Lakukan hal tersebut.

Ketiga: langkah yang ketiga yang harus kamu lakukan adalah RUN kembali project yang telah kamu buat, pastikan Emulator dalam keadaan baik atau Device jika ingin melakukan installation application di android langsung.

Itulah mengenai penyebab dan cara mengatasi Application Installtion Failed dengan pesan Warning: uninstalling will remove the application data di android studio sehingga dapat membantu anda dalam melanjutkan pengerjaan project-project yang akan anda buat melalui android studio.

Sebagai saran dan masukan, apabila sering melakukan perubahan-perubahan kecil atau besar dari script-script yang anda buat, cobalaha sering juga melakukan minimal Clean Project, seperti yang sudah saya jelaskan diatas apa manfaat dari clean project

Kemudian jangan abaikan juga fungsi dari Rebuild Project, supaya terhindar dari masalah Warning: uninstalling will remove the application data di android studio pada Application Installtion Failed di android studio.


EmoticonEmoticon