Thursday, June 13, 2019

Inilah Ke 16 Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Yang Baik, Lengkap Dengan Penjelasannya Tiap Prinsip

Didalam mendesain interface baik sebauh system berbasis android, berbasis desktop dan berbasis web, ada 16 prinsip desain interface yang harusnya di pahami dan di terapkan oleh pengembang dalam mendesain atarmuka atau user interface dari system yang akan di kembangkan.

16 prinsip utama mendesign interface

Prinsip-prinsip Utama Mendesain Antarmuka sangat penting di perhatikan, guna memberikan user interface atau UI yang memberikan kenyaman kepada user yang akan memakai system nantinya.

Berikut ini adalah 16 Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Yang Baik.

  1. User Compatibility
    Yaitu para desainer tidak boleh membuat atau merancang sebuah interface yang berdasarkan selera atau keinginannya sendiri, para desainer harus melihat dari berbera sisi bahwa di kemudian nantinya system yang akan di buat bukan hanya untuk satu user saja, melainkan lebih dari pada itu dan tentunya memiliki latar belakang yang berbeda pula, dan tentu untuk kenyamanan UI bagi setiap orang punya tolak ukur yang berbeda.
  2. Product Compatibility
    Yang kedua adalah Product Compatibility yaitu Sebuah system atau aplikasi  yang dibuat harus sesuai dengan kenyataan agar kemudian user mendapatkan informasi yang benar, detail dan akurat di bandingkan dengan informasi yang diperoleh melalui proses manual.

  3. Task Compatibility
    Yang ketiga Task Compatibility, dalam hal ini Interface harus bisa memberikan solusi dalam hal kemudahan dan tentunya dapat user dalam menyelesaikan tugasnya lebih efektif.
  4. Work Flow Compatibility
    Keempat adalah Work Flow Compatibility, yaitu sebuah system atau aplikasi seharusnya mengadopsi sistem manualnya dan kemudian di dalamnya juga terdapat runtutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan, agar user nantinya tidak kesulitan dalam menggunakannya dan menghindari adanya menu-menu yang berlebihan yang nantinya justru akan membuat user jadi bingung atas setiap fungsi menu-menu karena terlalu banyak
  5. Consistency
    Consistency atau konsisten, yaitu sebuah sistem atau aplikasi harus sesuai dengan sistem nyata dan sesuai dengan produk yang akan dihasilkan,  oleh karena itu desainer tentunya harus memperhatikan juga hal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang interface dari system yang akan di kembangkan
  6. Familiarity
    Keenam adalah Familiarity, yaitu Sebisa mungkin desainer mendesain interface yang bentuknya atau modelnya bersifat umum agar membantu user dapat dengan cepat beradaptasi dengan system nantinya.
  7. Simplicity
    Yang ketujuh adalah simplicity, yaitu kesederhanaan dari sistem perlu diperhatikan dalam membangun sebuah desain interface, karena bukan berarti system powerfull membuat user nyaman, malah bisa saja user lebih senang dengan hal yang sederhana tetapi berbobot.
  8. Direct Manipulation
    Kedelapan adalah Direct Manipulation, yaitu aplikasi atau Sistem harus mempunyai media atau tool-tools yang dapat memberikan user hak untuk merubah interface sesuai keinginan user nantinya.  Dengan tujuan agar user tidak merasa bosan dengan tampilan yang monoton seperti itu-itu saja.
  9. Control
    Kesembilan adalah Control, bahwa sistem yang baik harus bisa mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat human error atau disaat user melakukan kesalahan.
  10. WYSIWYG (What You See Is What You Get)
    Apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya. Bahwasanya apa yang diperoleh user nantinya adalah  berdasarkan fakta
  11. Flexibility 
    Selanjutnya adalah Flexibility, yaitu sistem harus mampu menyediakan solusi terhadap permasalahan yang ada.
  12. Responsiveness
    Yaitu sistem seharusya mempunyai respon yang baik terhadap keinginan user,  karena pada dasarnya manusia tidak suka dalam hal menunggu.
  13. Invisible Technology
    Selanjutnya adalah Invisible Technology, yaitu sistem yang dibuat harusnya memiliki kelebihan yang bersifat unik. Bisa saja kelebihan itu berhubungan dengan sistem yang melingkupinya atau bagian yang lainnya.
  14. Robustness
    Interaksi manusia dengan komputer atau IMK yang baik ialah  berupa frase-frase menu atau error handling  yang baik dan sopan sehingga akan memberikan kenyaman user dalam menggunakan system.
  15. Protection
    Protection, yaitu system harus memberikan user sesuatu yang nyaman dan aman ketika melakukan kesalahan. Serta memberikan solusi terhadap hal tersebut
  16. Easy of learning& ease of use
    Sistem harus mudah di operasikan dan dapat dengan mudah dipahami sehingga user dengan cepat dalam memahami baik setiap tools yang ada serta kegunaannya untuk meminimalisir ketidaknyamana user dalam memakai system tersebut. 

Demikianlah tentang 16 prinsip mendesain Interface yang baik dan benar, serta penjelasan terhadapa ke 16 prinsip-prinsip utama mendesain atarmuka yang harus di perhatikan oleh desainer ketika membangun sistem


EmoticonEmoticon