Monday, May 13, 2019

Ketahui Cara Membuat Inputan Hanya Huruf di PHP dan HTML Yang Sangat Mudah

membuat form input hanya menerima inputan huruf saja di html dan php, sehingga form input tidak bisa di masukkan angka

Artikel kali ini membahas bagimana membuat input hanya huruf di php, yaitu bagaimana agar menerima input hanya huruf di HTML atau PHP saja tanpa bisa melakukan input angka, meskipun tombol angka di keyboard ditekan, pada input tidak akan menerima.

Memang penting untuk membatasi agar hanya huruf yang dapat diinput di php atau html,  agar tidak terjadi kesalahan data dan fungsi.

Cara Membuat Inputan Hanya Huruf di PHP


Untuk membatasi atau hanya menerima input huruf dip hp atau html, sebenarnya cukup sederhana, namun manfaat yang dihasilkan apabila menerapkan inputan hanya huruf di html bergitu baik.

Untuk membuat input hanya huruf di html atau php, kita hanya cukup menambahkan attribute onkeypress pada tag input, dimana isi dari attribute onkeypress inilah yang kita berikan batasan charKey atau Kode char yang mana untuk input huruf di php ada kode char atau charkey yang memang sudah ditentukan dari sononya.

Isi dari attribute onkeypress agar hanya bisa menerima input huruf di html adalah   "return event.charCode < 48 || event.charCode  >57" sehingga ketika kita masukkan dan lengkapi tag inputnya seperti contoh berikut ini

<input type="text" name="nama" size="20" onkeypress="return event.charCode < 48 || event.charCode  >57">

Nah, ketika pada saat program dijalankan, input type dengan name “nama” tidak akan menerima seperti angka, karena sudah di batasi hanya huruf saja. Namun tentu saja tanda baca masih bisa dimasukkan.

Manfaat yang sering digunakan untuk membuat hanya menerima input huruf saja di html atau php adalah untuk memasukkan nama. Sebagai contoh programnya untuk implementasi membuat hanya menerima input huruf di html seperti berikut ini

Contoh Program HTML Input Hanya Huruf 


<html>
<head>
 <title>Input Hanya huruf di PHP</title>
</head>
<body>
<table align="center">
 <tr>
  <th colspan="2">LOGIN</th>
 </tr>
 <tr>
  <td>Nama : </td>
  <td><input type="text" name="nama" size="20" onkeypress="return event.charCode < 48 || event.charCode  >57"></td>
 </tr>
 <tr>
  <td>NIM : </td>
  <td><input type="text" name="nim" size=15></td>
 </tr>
 <tr><td colspan="2" align="center"><input type="submit" value="Login" align="center"></td></tr>
</table>
</body>
</html>
Sehingga pada saat program dijalankan, akan secara otomatis ketika kamu menginputkan angkam maka tidak akan tercetak atau masuk ke form input.

Gambar input hanya huruf php

Nah untuk membuat input hanya huruf php, kamu hanya perlu memahami membuat form dip hp, cukup tambahkan saja echo, seperti contoh program membuat hanya menerima inputan huruf di php.

<?php
echo”<input type="text" name="nama" size="20" onkeypress="return event.charCode < 48 || event.charCode  >57">”;
?>

Itulah mengenai cara membuat hanya input huruf php atau hanya menerima inputan huruf di html, dimana fungsinya juga sangat beragam, tergantung kebutuhan system yang anda bangun. Anda bisa mengimprovisasi susuai kebutuhan yang anda perlukan. 

Jika ada yang ingin disampaikan atau yang di pertanyakan mengenai membuat input hanya huruf saja di html dan php, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah disediakan.



EmoticonEmoticon