Wednesday, May 15, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Cannot Resolve Symbol 'R' di Android Studio Dengan Mudah

Artikel ini membahas tentang cara mengatasi error Cannot Resolve Symbol ‘R’ di android studio melalui perbaikan versi gradle dimana menjadi penyebab utama terjadinya error cannot resolve symbol R pada android studio.

inilah penyebab dan cara mengatasi Gambar Error Cannot Resolve Symbol R di android studio
Gambar Error Cannot Resolve Symbol R

Sebelum kita membahas cara mengatasi error android studio cannot resolve symbol r, kita harus tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya Error R di android studio. 

Penyebab Cannot Resolve Symbol ‘R’


Penyebab utama dan sering terjadi di android studio pada R.java yang menjadi menyebabkan cannot resolve symbol R adalah kesalahan versi gradle tepatnya pada plugin versi. 

Masalah gradle memang sering menjadi hal yang paling sering terjadi error, jika error terjadi pada gradle seperti cannot resolve symbol r,  maka dengan itu kamu tidak akan bisa membuat project atau aplikasi di android studio.

Untuk melihat dimana letak kesalahan gradle yang menjadi sumber error symbol ‘R’, perhatikan gambar berikut ini.

penyebab Error Cannot Resolve Symbol R di android studio
Penyebab Error Cannot Resolve Symbol R


Buka build.gradle(Project : nama_project_kamu) seperti yang ditandai dengan kotak merah, kemudian perhatikan yang ditandai dengan kotak hijau. Itu adalah versi gradle yang tidak benar atau terjadi kesalahan plugin versi pada gradle yang menyebabkan Cannot Resolve Symbol ‘R’.

Setelah kita mengetahui bagaimana atau apa penyebab terjadinya error symbol R, kita tentunya harus tau cara mengatasi error cannot resolve symbol R.

Cara Mengatasi Cannot Resolve Symbol ‘R’


Cara mengatasi error cannot resolve symbol R ini sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu menyesuikan plugin versi pada gradle yang dipakai oleh komputer lain atau laptop lain yang juga menginstal android studio dimana tidak terjadi error cannot resolve symbol R.

Seperti pada gambar tadi bahwa version dari gradlenya adalah 3.3.0.

Jika hanya salah satu project saja yang terjadi error cannot resolve symbol R, dan project lain justru tidak ada masalah, maka kamu hanya perlu menyesuaikan gradlenya, buka build.gradle(Project : nama_project_kamu) seperti gambar tadi. Sesuaikan dengan yang tidak error.

Namun, jika semua project terjadi error cannot resolve symbol R, bahkan jika create project baru pun tetap terjadi error cannot resolve symbol r. maka seperti yang tadi saya sampaikan, kamu bisa melihat version gradle di  android studio laptop lain atau komputer lain yang tidak terjadi masalah pada R.java nya.

Kebetulan pada saat terjadi error cannot resolve symbol ‘R’ tersebut. Versinya adalah 3.3.0, nah setelah penulis mencari dan melihat version gradle pada laptop yang lain versinya adalah 3.2.1 dan saya lihat pada komputer lain juga sama adalah 3.2.0 dan ada yang 3.2.1 juga, maka saya ganti versi gradlenya menjadi 3.2.1

penyebab dan cara Mengatasi Error Cannot Resolve Symbol R pada android studio
Gambar Mengatasi Error Cannot Resolve Symbol R

Kamu juga bisa bisa melihat version gradle di https://developer.android.com/studio/releases/gradle-plugin untuk melihat versio gradle release yang telah di update, kamu bisa melihat atau mencoba versi yang mendekati dengan versi yang ada pada gradle mu.

Setelah kamu mengganti versinya, kamu cukup tinggal melakukan Sync Now, seperti yang ditandai dengan kotak merah pada sudut pada gambar diatas. Tunggu beberapa saat sampai selesai rebuildnya.  
Demikianlah panduan cara mengetahui penyebab error Cannot Resolve System ‘R’ di android studio, serta bagaimana cara mengatasi Cannot Resolve System ‘R’ pada project android studio. Semoga dapat membantu.





EmoticonEmoticon