Monday, May 20, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Di Start di XAMPP dengan Error: Apache shutdown unexpectedly (Port Apache Bentrok Dengan VMWare)

Artikel kali ini membahas tentang penyebab apache tidak bisa di start pada xampp, kemudian membahas bagaimana cara mengatasi apache tidak bisa dijalankan di xampp. Dimana ketika menjalankan atau menekan tombol start apache, apache tidak mau start, dan biasanya akan muncul error pada Log xampp. Biasanya  tertulis Error:Apache shutdown unexpectedly.

penyebab dan cara mengatasi Error:Apache shutdown unexpectedly. dan apache tidak bisa di running di xampp pada windows 10
Gambar Error Apache Shudown Unexpectedly

Mengapa Apache Server Tidak Bisa Start di XAMPP?


Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan, kenapa apache gak mau jalan? Padahal mysql dan filezila bisa jalan!!!.. ini sering terjadi bahwa pada saat  xampp dijalankan dan ketika mau menghidupkan apache, apachenya tidak mau start, padahal waktu penginstalan tidak ada error sama sekali.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab Apache pada Xampp tidak mau Start atau tidak mau dihidupkan.. ada faktor besar dan ada faktor kecil.

Pada umumnya, apache tidak mau di start atau apache tidak mau dijalankan pada xampp adalah permasalahan sederhana, apa itu? Permasalahan yang sering menjadi penyebab apache xampp tidak mau dihidupkan adalah masalah PORT. Port adalah yang sering menjadi sumber masalah error ketika menjalankan apache.

Mengapa PORT , Sehingga Apache XAMPP Tidak Bisa di Jalankan?


Tentu untuk menjalankan program php dari local pasti membutuhkan yang namanya host atau virtualhost.. itu maknya anda biasa menuliskan “localhost”, host ini bisa diakses apa bila memiliki jalur aksesnya melalui yang tadi, ialah port. Sehingga jika terjadi masalah pada akses ke port, tentu untuk menghubungkan ke host tidak dapat dilakukan, terutama apache tersebut. Sehingga pada bari kedua Error juga terdapat tulisan “This may be due to a blocked port”.

Biasanya masalah sebenarnya bukan portnya, namun ada yang namanya BENTROK dalam pengaksesan port yang sama, dimana port hanya bisa digunakan satu virtual saja, dengan kata lain tidak boleh sama portnya dalam beberapa virtual. 

Penyebab Umum Web Server Apache pada XAMPP Tidak Bisa di Start


Pada umumnya, apache server tidak bisa dijalankan karena permasalahan pada port, bisa jadi portnya bentrok dengan port virtual lain, bisa seperti virtual box atau virtualMachine (VMWare) dan lain sebagainya.

Biasanya, default port yang digunakan pada beberapa virtual termasuk apache adalah port 443

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Port Apache dan Virtual bentrok?



Jika kamu memang memasang virtual seperti VMWare atau Virtual lainnya seperti Virtual BOX, maka ada 2 pilihan cara yang bisa kamu lakukan.
1. Merubah Port Yang Akan Dipakai Oleh Apache, atau
2. Port Virtual yang dirubah.

Jika terjadi bentrok antara apache dan virtual, yang menyebabkan apache error di xampp ketika dijalankan, maka kamu cukup merubah atau mengalihkan port salah satunya, bisa port apachenya atau port si virtualnya.

Merubah Port Apache di XAMPP


Untuk merubah port apache cukup mudah, pada xampp, klik menu “Config” untuk apache dan pilih “Apache(httpd-ssl.conf”, perhatikan gambar berikut ini

penyebab dan cara mengatasi apache server tidak bisa di runnig di xampp
Gambar Cara Merubah Port Apache Server

Kemudian akan terbuka satu file yang biasa terbuka dalam bentuk notepad seperti dibawah ini

panduan cara mengganti port apache server xampp di windows 7 dan windwos 10
Gambar Isi File httpd-ssl-conf

Selanjutnya, “443” dang anti menjadi “4430”, bisa anda gunakan fasilitas search dengan cara tekan Ctrl+F pada notepad, dan ketik 443, perhatikan gambar berikut ini agar lebih jelas

ternyata ini penyebab apache tidak bisa di running di xampp, dan cara mengatasi apache tidak bisa di start di windows 10 dan 7
Gambar Mengganti Port Apache di Xampp

Ganti “443” menjadi “4430” semuanya seperti gambar diatas, klik find Next untuk pencarian yang masih ada “443”. Setetelah semuanya di ganti port apachenya, simpan perubahan isi notepad dengan Ctrl+S, 

Selanjutnya kamu tinggal menjalankan apache pada xampp, dan masalah selesai.

Yang kedua adalah, kamu harus merubah untuk virtual saja, tergantung apa virtual yang kamu pakai, kamu bisa melihat terlebih dahulu bagaimana cara melihat port yang digunakan oleh virtual yang kamu pakai, setelah itu rubah port yang di virtual dan tidak perlu merubah port apache lagi.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab web server apache error, kemudian cara mengatasi apache error, dan cara merubah port apache xampp, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. 


EmoticonEmoticon