Tuesday, April 30, 2019

2 Cara Mudah Mengubah Tema Tampilan Android Studio Menjadi Darcula dan Intellij untuk Warna Tema Hitam atau Putih

Artikel kali ini membahas bagaimana cara mengganti tema tampilan android studio menjadi hitam atau Darcula dan sebaliknya, mengembalikan tampilan tema android studio menjadi default yaitu warna  putih (intellij).

cara untuk mengubah tema android studio menjadi darcula dengan warna gelap
Mengubah Tema Tampilan Android Studio

Mengubah tema tampilan android studio menjadi Darcula (hitam) atau (intellij) (Putih) adalah penting guna memberikan kenyaman bagi para android develop Amatir, junior , dan Senior. Dimana mengganti warna tema untuk tampilan android studio masih banyak yang belum mengerti dimana letak settingannya.

Pada saat menginstal android studio, jika kita tidak memilih costumize dan merubah warna tema menjadi Darcula, maka android akan otomatis memberikan warna dari tema android studio adalah warna putih atau intellij.    

Ada sebagian memang tidak mementingkan dari tema tampilan android studio atau warna tampilan dari android studio, namun, bagi sebagian orang perlu untuk mengganti warna tema android menjadi Darcula atau dengan warna tema hitam.

Bagaimana tampilan android studio dengan tema Darcula? Berikut ini adalah tampilan tema yang sering digunakan oleh pengguna android studio Junior dan Senior.

tampilan android studio dengan tema darcula
Tampilan Android Studio Dengan Tema Darcula

Dari pengelaman penulis, bahwa merubah tampilan android studio menjadi Darcula atau Hitam adalah bukan sekedar kenyaman saja, namun adalah soal merawat dan menjaga dari pada penglihatan karena tampilan yang tidak begitu tajam.

Mengganti Tema Tampilan Android Studio Menjadi Darcula(Hitam) dan Mengubah Warna Tampilan Android Studio Menjadi Putih(intellij)

Baik, kita langsung ke point pembahasan ini yaitu merubah warna tema android studio menjadi hitam atau Darcula dan mengembalikan tampilan tema menjadi seperti defaultnya.

Cara Mengganti Tema Tampilan Android Studio

Untuk merubah tema android studio, kita dapat menggantinya dengan 2 cara, yaitu melalui Appearance dan Color Scheme, tepatnya pada Setting android studio. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah cara mengganti warna tampilan dan warna tema android studio menjadi hitam dan putih.

Menganti Tema Android Studio Dari Appearance


langkah pertama, untuk langkah pertama tentunya jalankan android studio anda, bisa dengan create saja 1 file project baru, atau buka project yang sudah ada.

Langkah Kedua, klik menu “File” yang berada pada tab menu sebelah kiri atas, kemudian pilih menu “settings”. Bisa anda persingkat dengan tekan Ctrl+Alt+S

membuka setting di android studio untuk mengganti tema di android studio
Gambar Cara Masuk Setting Mengganti Tema

Sehingga akan muncul tampilan settings untuk android studio secara keseluruhan seperti gambar dibawah ini.

mengubah warna tampilan android studio menjadi hitam dan gelap
Gambar Setting Android Studio

Langkah Ketiga, pada tab menu “Appearance & Behavior”, klik menu “Appearcance” disebelah kanan atau double klik saja Appearance & Behavior, maka ada pilihan dibawahnya menu Appearance , bisa anda perhatikan gambar berikut ini

mengganti warna tampilan tema android studio menjadi hitam dan putih
Gambar Membuka Appearance Untuk Mengganti Tema

Keduanya sama saja, hanya untuk memberikan semua cara agar anda benar-benar paham. Setelah anda klik maka akan tampil sepeti gambar berikut ini dari menu Appearance

merubah tema android studio menjadi darcula agar tampilan android studio menjadi warna gelap
Gambar Tempat Mengganti Tema Android Studio Menjadi Darcula atau Intellij

Langka Keempat, dari langkah ketiga diatas, perhatikan pada gambar yang ditandai dengan kotak merah yaitu “Theme”. 

memilih tema di android studio untuk mengubah warna tampilan android studio dengan tema darcula atau intelliz
Gambar Tema Yang Tersedia Untuk Android Studio


Nah pada langkah Keempat inilah anda Mengganti warna Tema Android Studio Menjadi Hitam atau Putih dengan kata lain merubah tema tampilan Darcula atau Intelij di android studio.

Nah diatas adalah cara pertama dalam mengganti tema android studio, bagaimana dengan cara kedua dalam mengubah warna tampilan dari android stidio?

Cara Mengganti Tema Tampilan Dari Android Studio Melalui Color Scheme



Langakah berikut ini tidak jauh beda dengan menganti tema android studio dari appearance, tujuan mengapa penulis juga menyertakan cara kedua ini, agar semua cara yang memungkinkan untuk di timba menjadi ilmu bisa anda dapatkan.

Baiklah kita mulai cara mengganti warna tema atau tema tampilan android studio melalui Color Scheme.

Tetap berada pada Settings Android Studio, pilih menu editor, kemudian pilih color Scheme dan terakhir pilih General. Perhatikan gambar berikut ini

ada 2 cara mengganti tema tampilan android studio menjadi darcula atau intellij
Mengubah tema tampilan android studio dari Color Scheme

Lihat yang ditandai dengan kotak biru, yaitu “Scheme”, pada bagian tersebutlah kamu bisa mengganti atau memilih tema yang ingin kamu terapkan di android studio kesayangan kamu, pilih darcula jika ingin menggunakan tema android studio dengan tampilan gelap atau hitam dan pilih default jika kamu ingin tema androd studio dengan tampilan terang atau putih.

Nah, dari kedua cara tersebut dalam mengganti tema android studio, mengapa harus terdapat pada 2 menu hanya untuk mengganti tema atau tampilan android studio?

Nah jika pada Pada Appearance hanya sebatas memilih tema yang ingin digunakan, jika pilih darcula, ya jadilah dengan tema darcula dengan kesan tampilan adalah warna hitam, begitu dengan Intelij dengan kesan tampilan adalah warna putih.

Kemudian pada Color Scheme, disamping kita memilih Tema yang ingin kita gunakan untuk android studio, kita juga bisa mengcostum dari editor dengan tema yang kita pilih semisal mengganti warna warning dari script, mengganti warna error pada script, mengganti warna default teks, warna notifikcation dan masih banyak lagi. Anda bisa langsung mencobanya guna untuk lebih beradaptasi dalam menggunakan android studio.

Demikianlah artikel mengenai cara mengganti Tema Tampilan Android Studio Darcula atau Itellij dan mengetahui bahwa ada 2 cara dalam mengubah tema di android studio baik dengan warna tampilan hitam atau warna tampilan putih dari android studionya. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.



EmoticonEmoticon